Mohon tunggu...
Yohanes Budi
Yohanes Budi Mohon Tunggu... Human Resources - meminati bidang humaniora dan pengembangan SDM

peminat humaniora

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Tujuh (7) Tips Interview di Masa Pandemi Virus Covid-19

15 April 2020   19:45 Diperbarui: 16 April 2020   11:55 492 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tujuh (7) Tips Interview di Masa Pandemi Virus Covid-19
sumber: cyberthreat.id

Proses rekrutmen, bagi seorang HRD, adalah bagian penting untuk mendapatkan kandidat pegawai yang kompeten, mumpuni, dan sevisi dengan organisasi. Beberapa tahapan rekrutmen masing-masing organisasi bisa berbeda-beda. Secara umum, di antaranya:

1) Lolos administrasi; sesuai kualifikasi yang dibutuhkan,

2) Psikotes (pengetahuan umum, kepribadian, dll)

3) Interview

4) Pemeriksaan kesehatan

Bagian menarik bagi saya, adalah proses interview kerja. Di saat pandemi virus Corona seperti sekarang, interview tatap muka secara langsung tidak memungkinkan lagi. Maka, alternatif lainnya adalah interview melalui video call dengan berbagai aplikasi. Jika jumlah partisipan 4 orang, Anda bisa gunakan video call di WA. Namun, bila lebih dari empat orang, bisa gunakan Skype, Google meet, Teams, atau Zoom.

Pada dasarnya, proses interview baik tatap muka langsung maupun tidak langsung melalui video call tidak jauh berbeda. Dalam arti, tujuan pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh HRD masih tetap sama: menggali profil kandidat sedetail mungkin. Maka, berikut tips bagi para pelamar kerja yang mempersiapkan interview jarak jauh, atau melalui video call dengan baik.

#01 Siapkan Kuota Internet

Jika Anda menggunakan kuota internet pribadi, maka pastikan kuota dan masa aktif internet Anda aman, sehingga interview bisa berjalan dengan lancar. Terkecuali Anda menggunakan internet berlangganan, atau nebeng di wifi kantor, cafe; pasti aman.

#02 Amankan Jaringan Internet 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Karir Selengkapnya
Lihat Karir Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan