Mohon tunggu...
yazid naim
yazid naim Mohon Tunggu... Pemuda Haus Ilmu

Merupakan pemuda haus ilmu yang terus mengejar dan mencari sampai waktu yang telah dinanti. Melalui Islamiyyah.net tulisannya akan mengudara dibumi pertiwi.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Bacalah Doa Iftitah, Sesibuk Apapun Keadaan Salatmu!

20 Januari 2020   10:55 Diperbarui: 20 Januari 2020   11:08 62 0 0 Mohon Tunggu...
Bacalah Doa Iftitah, Sesibuk Apapun Keadaan Salatmu!
Doa Iftitah Pendek

Assalamu 'Alaikum Wa rohmatulloh Wa Barokaatuh.

Doa Iftitah - Doa iftitah juga disebut doa istiftah. Kedua lafadz ini mempunyai arti satu akar, secara bahasa berarti doa pembuka. Sedangkan secara syari'at adalah doa yang dibaca ketika mengawali sholat, sesudah takbiratul ihram dan sebelum membaca surat al-fatikhah. doa ini sangat familiar ditelinga kaum muslimin dibelahan dunia manapun. karena doa inilah yang berfungsi untuk ikrar pembuka yang diajarkan oleh para guru terdahulu untuk mengawali ibadah sholat.

Doa iftitah sendiri diketahui sangat banyak macam-ragamnya. Berdasar dari beberapa hadits yang meriwayatkan ragam doa yang dipanjatkan Rosulullah saat mengawali ibadah sholatnya. Yang terkenal atau masyhur dikalangan ahlus sunnah, doa iftitah diketahui ada delapan macam. Mulai doa iftitah yang sangat panjang, sedang maupun pendek.

Dalam artikel ini saya akan coba sampaikan beberapa macam doa iftitah yang masyhur. Tujuan saya tak lain adalah agar doa ini tidak semerta-merta ditinggalkan karena hukum membacanya hanya sunnah. Karena keutamaan atau fadhilah dari doa ini bisa dibilang vital temen-temen. Coba deh dipikirkan, pantaskah kita mempersembahkan ibadah pada sang pencipta tanpa ikrar pembuka dan pengantar maksud?

Macam-macam Doa Iftitah Pendek

Sekali lagi, sesibuk apapun keadaan sholat kita, sempatkanlah membaca doa iftitah walaupun dengan doa iftitah yang paling pendek. khan nggak terlalu makan waktu ya, tipsnya dari sekarang mulai saja menghafal doa iftitah yang pendek-pendek. hehe.Berikut ini adalah macam-macam doa iftitah pendek yang dapat temen-temen baca dalam keadaan tergesa:

Doa Iftitah yang Pertama

Bacaan Latin :

Allahu akbar kabiroo wal hamdu lillaahi katsiiro wa subhaanallaahibukrotaw wa ashiilaa

Artinya :

"Allah Maha Besar dengan besar sesungguhnya, segala puji bagi Alloh dengan pujian yang banyak. Maha Suci Allah pada waktu pagi dan petang".

Doa Iftitah yang Ke Dua

Bacaan Latin :

Alhamdulillahi hamdan kasiiran tayyiban mubaarokan fiihi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x