Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Penulis - Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Mudah, Nyaman dan Cepat karena Live Chat

20 Agustus 2016   15:29 Diperbarui: 20 Agustus 2016   15:34 135
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="fitur live chat mobil123.com (dok.yayat)"][/caption]

Indonesia bisa dibilang sebagai negara pengguna internet aktif di dunia. Hampir rata-rata penduduk Indonesia terutama yang tinggal di perkotaan sudah sangat terbiasa dengan internet. Peningkatan pengguna internet dipengaruhi pula oleh mudahnya orang membeli telepon genggam. Para provider telepon genggam berlomba menjual paket internet yang murah. Inilah sebabnya menurut data, sebannyak 363 juta pengguna internet, menggunakan internet dari telepon genggam. Para pengusaha melihat bisnis yang menjanjikan dari para pengguna internet lewat telepon genggam.

 Mudahnya berinternet ria membuat para pengguna internet lebih suka memakai internet dalam aktivitas sehari-hari. Menggunakan untuk socmed itu sudah pasti. Berkali-kali trending topic di twitter dikuasai oleh pencuit dari Indonesia. Pencuit Indonesia tuh bawel-bawel memang. Segala hal dikomentari lewat twitter. Selain itu Instagram dan facebook tidak kalah ramai juga. Kan sudah biasa.. satu orang punya beberapa akun sosial media.

 Selain untuk bersosmed ria, internet juga digunakan untuk bisnis. Bentuknya macam-macam, dari jualan online sampai ke soal keuangan. Online shopping booming di tahun belakangan ini. Meski pasar dan mal menjamur di mana-mana dan teramat mudah untuk dijangkau tapi orang memilih membeli barang lewat online. Alasannya karena lebih praktis dan lebih banyak pilihan. Tanpa beranjak dari tempat duduk, orang sudah bisa membeli bermacam barang hanya dengan cara klik. Lebih mudah lagi karena online shopping ada penyedianya, contohnya Elevania.

[caption caption="mbak Tri Utami (dok.yayat)"]

[/caption]

 Dengan maraknya jualan online, otomatis persaingan makin ketat. Penjual berusaha memberikan harga dan service terbaik. Pembeli dapat pelayanan jelek dikit aja berpotensi membuat nama jelek si toko online. Untuk mengatasi komplain para pembelinya biasanya toko online besar menyediakan customer service atau customer care agar komplain pembeli terlayani. Nah custumer service ini biasanya bisa dihubungi melalui telepon atau email. Bila toko online fashion atau barang elektronik sudah menyediakan layanan customer service melalui chat, portal jual beli mobil belum melakukannya.

 Mobil123.com merupakan portal jual beli mobil online nomor satu di Indonesia. Penjual dan pembeli mobil berkumpul di portal ini. Mobil123.com telah dilihat oleh 1,5 juta orang dan mempunyai 200.000 listing kendaraan. Portal ini merupakan portal jual beli mobil yang terpercaya. Mbak Tri Utami, Technical business analys mobil123.com yang saya temui saat acara bincang-bincang di GIIAS 2016 kemarin mengatakan, kendaraan yang diperjualbelilan di portal ini terjamin kualitas dan harganya. Tim mobil123.com akan mem-verifikasi mobil yang dijual, misalnya apakah foto mobil tersebut sesuai dengan spesifikasi yang diberikan. Apakah harga yang diberikan oleh penjual sesuai dengan harga pasaran dan lain sebagainya

Setelah diverifikasi maka mobil tersebut bisa dijual. Makanya makin banyak orang yang membeli dan menjual mobilnya di mobil123.com. Dengan makin banyaknya pengunjung portal maka keberadaan customer service yang menjadi tempat bertanya bagi penjual dan pembeli mobil mutlak dibutuhkan. Dari para pengunjung portal yang menghubungi customer service, 50% adalah mencari mobil, 40% bertanya tentang cicilan dan 10% nya bertanya tentang hal-hal lain. Demi memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan, mobil123.com melakukan inovasi di dalam pelayanan customer servicenya.

[caption caption="bertanya pada mbak Tri Utami (dok.yayat)"]

[/caption]

 Mobil123.com membuat fitur live chat pada layanan CS nya. Fitur live chat ini menghubungkan penjual dan pembeli,  merupakan yang pertama digunakan di portal penjualan mobil. Dengan fitur live chat ini penjual atau pembeli mobil nggak usah susah-susah menelpon atau mengirimkan email untul bertanya soal sesuatu, tinggal chat aja di portalnya. Live chat mobil123.com dibuat secara mudah, nyaman dan cepat. Lalu untuk bisa melakukan live chat dengan CS, penjual dan pembeli nggak perlu login di portal mobil123.com. Langsung chat saja dengan CS nya dan akan dibalas dengan cepat.

 Sejak soft launch tanggal 11 Agustus lalu, mobil123.com live chat telah mendapat 4000 lebih chat. Live chat bisa dilakukan dari desktop, laptop atau smartphone. Yang penting perangkat yang digunakan terhubung dengan internet (ya iyalah ya). Saat ini jam kerja CS nya adalah jam 08.30 - 17.30 wib di hari kerja. Di luar jam kerja, Anda tetap bisa chat sih tapi akan dijawab di hari berikutnya. Nah tanggal 19 Agustus 2016 kemarin, saya hadir tuh di peluncuran mobil123.com live chat bertempat di stand Mobil123.com di GIIAS 2016 di ICE BSD Serpong.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun