Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Penulis - Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Lima Tips Berlatih Yoga di Rumah

5 Juli 2022   22:21 Diperbarui: 5 Juli 2022   22:40 1106 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
berlatih yoga di rumah, pastikan internet lancar (dok.freepik.com)

Sejak beberapa tahun lalu saya aktif melakukan yoga. Gerakan yoga yang lembut namun bertenaga dan dibarengi dengan pengaturan nafas, membuat saya suka dengan yoga. Meski nggak ada gerakan atraktif seperti dalam Zumba, tapi melakukan yoga selama sejam bikin saya ngos-ngosan.

Yoga punya banyak manfaat. Yoga bisa mengurangi stress, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan kebugaran, membuat tubuh lebih fleksibel, seimbang dan kuat, serta memperbaiki pernafasan. Yoga juga bermanfaat mengurangi sakit punggung.

Berlatih yoga bisa dilakukan di sanggar senam, gym, atau di rumah. Saya berlatih yoga di kelas outdoor bersama komunitas yoga namun saya juga berlatih di rumah. Latihan yoga di rumah lebih fleksible dalam segi waktu. Saya bisa berlatih di waktu luang dengan cara mengikuti gerakan guru yoga melalui youtube.

latihan yoga di rumah lebih fleksibel (dok.freepik.com)
latihan yoga di rumah lebih fleksibel (dok.freepik.com)


Ada lima tips yang ingin saya bagikan agar Anda bisa berlatih yoga di rumah dengan lancar, yaitu :


1. Siapkan ruang untuk latihan


Jika ruangan khusus tidak tersedia di rumah, lakukan yoga di tempat yang agak lapang dan tak terganggu lalu lalang anggota keluarga seperti kamar tidur, ruang tamu atau ruang keluarga.

2. Tentukan waktu ideal untuk latihan


Ada orang yang lebih suka berlatih yoga di pagi hari namun ada juga yang suka berlatih di sore hari. Saya sendiri memilih yoga di pagi hari, antara jam 8 hingga jam jam 11 siang. Selain tubuh saya lebih nyaman beryoga di pagi hari, di jam tersebut suasana rumah sedang sepi karena anak-anak saya sibuk dengan kegiatan masing-masing. Anda bisa memilih kapan waktu terbaik untuk berlatih yoga, dengan menyesuaikan situasi dan kondisi di rumah.

3. Kenakan baju yang nyaman dan gunakan matras yoga

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan