Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Penulis - Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Lima Keuntungan Membeli Motor dengan Cara Mencicil

9 Maret 2022   17:29 Diperbarui: 9 Maret 2022   17:34 293
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Beli motor dengan cara cicilan lebih ringan (dok.freepik.com)

Motor adalah kendaraan paling praktis yang banyak dimiliki oleh masyarakat. Motor bisa diajak membelah kemacetan dan memudahkan orang berkegiatan. Harga sepeda motor juga terjangkau. Nggak heran dalam satu keluarga, bisa memiliki lebih dari satu motor karena digunakan oleh masing-masing anggota keluarga.

Motor bisa dibeli dengan carat unai, namun jika uang tunai terbatas, orang kerap membeli motor dengan cara cicilan. Saya termasuk yang lebih suka membeli motor dengan cara mencicil karena lebih ringan dan tak membuat cash flow saya terganggu. Namun saya mengambil durasi cicilan yang tak lama. Setahunlah paling lama.

Ada beberapa keuntungan membeli motor dengan cara mencicil yaitu :

  • Kita tidak perlu mengeluarkan uang tunai dalam jumlah besar, terlebih jika kita butuh pengeluaran biaya untuk keperluan lain.
  • Jika membeli motor dengan cara mencicil, uang yang kita punya bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain.
  • Mencicil memang meringankan namun hitung kemampuan finansial kita. Hitung berapa pendapatan bulanan dan pengeluaran rutin bulanan termasuk jumlah cicilan motor yang akan kita bayar setiap bulan.
  • Pilih tenor yang rendah. Jika kita mencicil untuk tenor yang lama, maka uang total yang kita keluarkan akan lebih besar daripada mencicil untuk tenor yang lebih pendek.
  • Motor bisa segera kita gunakan walau cicilan belum lunas.

hitung dulu sebelum membeli dengan cicilan (dok.freepik.com)
hitung dulu sebelum membeli dengan cicilan (dok.freepik.com)

Ketika kita sudah memutuskan untuk membeli motor dengan cara cicilan, saatnya memilih jenis dan merk motor yang akan kita beli. Ada beragam jenis dan merk sepeda motor di Indonesia. Sesuaikan dengan keinginan dan kemudahan dalam berkendara. Saya lebih menyukai motor jenis matic ketimbang yang manual karena lebih praktis.

Setelah memutuskan merk dan jenis motornya, pilih perusahaan pembiayaan untuk kita membeli motor tersebut. Di jaman digital seperti sekarang, membeli motor sungguh mudah, tak perlu datang ke dealer penjualan motor. Cukup lewat aplikasi aja.

Salah satu lembaga pembiayaan yang menyediakan pembelian motor lewat aplikasi adalah Adira Finance. Adira Finance memiliki aplikasi Adiraku. Aplikasi ini dibuat supaya orang yang menjadi konsumen Adira Finance mudah melakukan transaksi pembelian motor, mobil, elektronik dan furniture serta pengajuan pembiayaan umrah.

Bertransaksi melalui aplikasi itu bikin urusan jadi mudah lho. Dulu saya pernah punya pengalaman tak menyenangkan pas mau bayar cicilan motor ke sebuah perusahaan pembayaran. Ketika mau bayar lewat ATM eh ATM nya error. Lalu saya ke kasir di bank buat membayar cicilan motor tapi harus antri panjang. Akhirnya telat deh bayar cicilan motor.

Adiraku solusi untuk semua pembiayaan (dok.yayat)
Adiraku solusi untuk semua pembiayaan (dok.yayat)

Di waktu lainnya, saya mau cari tahu tentang sisa cicilan motor saya. Saya telpon ke customer service perusahaan leasing tempat saya mencicil pembayaran motor. Karena yang telepon bukan cuma saya, jadi kudu antri dilayani dan bikin boros pulsa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun