Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Penulis - Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Uniknya Makan Keripik Pisang Dicocol Sambal Roa di Likupang

23 Februari 2022   18:52 Diperbarui: 23 Februari 2022   18:59 279 8 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pisang Goroho (dok. indonesia.travel)

Suatu hari saya melihat postingan seorang teman di Instagram. Ia makan keripik pisang dicocol dengan sambal. Baru sekali itu saya melihat orang makan keripik pisang dengan cara demikian, langsung saya kirim direct message untuk bertanya. Ternyata, makan keripik pisang dicocol sambal memang biasa dilakukan di daerahnya. Gimana rasanya? Ennaaakkkk bangettt.. kata si teman.

Teman saya tinggal di Likupang Sulawesi Utara. Keripik pisang dengan cocolan sambal roa merupakan cemilan khas Likupang. Ketika membaca Kompasiana mengadakan blog competition tentang wisata Likupang, saya jadi teringat lagi dengan postingan sang teman.

Cemilan itu bernama Pisang Goroho. Keripik pisang terbuat dari pisang yang hanya tumbuh di Sulawesi Utara. Bentuknya Panjang dan ramping. Pisang diiris tipis, dijemur lalu dibalur tepung tipis kemudian digoreng kering. Keripik pisang goroho dihidangkan dengan sambal roa dan dimakan berdampingan dengan kopi.

bubur manado syarat gizi (dok. indonesia.travel)
bubur manado syarat gizi (dok. indonesia.travel)

Pisang Goroho adalah salah satu makanan khas yang memperkaya kuliner Likupang. Ada beberapa makanan khas lainnya, misalnya nasi kuning. Banyak daerah menyediakan nasi kuning namun yang membedakannya dengan nasi kuning Likupang adalah ikan cakalang yang menjadi lauknya dan sambal yang terbuat dari olahan bawang, cabai dan gula batu Likupang.

Lauk pendamping lain adalah mie goreng, telur rebus serta timun. Keunikan nasi kuning Likupang juga karena bungkus daun woka atau daun lontar yang digunakan. Bungkus daun ini menambah unik aroma nasi kuning.

Hampir mirip dengan penganan khas di daerah Jawa yaitu lemper, di Likupang ada penganan yang Namanya Lalampa. Mirip banget sama lemper, yang membedakan adalah isian ikan cakalang. Likupang adalah Kawasan dekat laut jadi tak heran jika makanannya serba ikan.

Olahan ikan cakalang diisikan ke dalam ketan dan dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus atau dibakar. Lalampa biasa disajikan sore hari sebagai teman minum teh. Cukup mengenyangkan sebagai cemilan.

Lalampa yang bikin kenyang (dok. indonesia.travel)
Lalampa yang bikin kenyang (dok. indonesia.travel)

Membicarakan Sulawesi Utara, berarti membicarakan juga soal bubur Manado yang banyak dijual di Jakarta. Kelezatan bubur Manado memang banyak diakui penggila kuliner. Bubur Manado wajib dicicipi ketika menyambangi Likupang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan