Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Oliveira Juara MotoGP Catalunya dan Quartararo Gagal Podium karena Penalti

6 Juni 2021   23:07 Diperbarui: 6 Juni 2021   23:07 264 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Oliveira Juara MotoGP Catalunya dan Quartararo Gagal Podium karena Penalti
podium catalunya (dok.motogp.com)

Sudah lama saya tak melihat Dani Pedrosa. Hari ini saya melihat mantan pembalap MotoGP yang sudah pensiun itu, tersenyum di garasi KTM. Dani Pedrosa happy karena Miguel Oliveira, pembalap KTM, menjadi juara di MotoGP Catalunya yang berlangsung di Spanyol hari ini.

Dani Pedrosa merupakan pembalap penguji di tim KTM. Ia membantu mengembangkan motor KTM sejak setahun belakangan. Mengambil Dani Pedrosa sebagai test rider merupakan keputusan tepat. Hasil kerja keras Pedrosa membuat Miguel Oliveira dan Brad Binder mampu membalap di atas motor KTM dengan lebih maksimal.

Miguel Oliveira tampil kuat di trek Catalunya. Ia memimpin balapan sejak lap kedua. Gaya balapannya yang bersih dan minim kesalahan, membuat lawan-lawannya tak berdaya. 

Kemenangan ini menjadi kemenangan perdana KTM di musim 2021. Rekan setimnya, Brad Binder juga meraih hasil lumayan dengan finis di posisi 8.

Oliveira pantas menang (dok.motogp.com)
Oliveira pantas menang (dok.motogp.com)
Quartararo Gagal Podium karena Penalti

Fabio Quartararo sempat mencoba menumbangkan kedigdayaan Oliveira, namun ia menyerah karena masalah wearpack, yang sampai saat ini masih ramai dibicarakan. Memulai balapan dari pole position, Quartararo drop ke posisi 5 di lap keempat.

Ia berhasil mengejar ketertinggalan dengan menyalip Aleix Espargaro, Jack Miller dan Joan Mir. Kemudian menguntit Miguel Oliveira sejak lap kedelapan. Di lap keduabelas Quartararo lewati Oliveira buat posisi satu. Tapi Oliveira ambil alih posisi lagi di lap kesebelas.

Di 3 lap tersisa, terlihat Quartararo menaruh tangannya di dada dan pelindung dadanya dibuang di trek. Wearpack Quartararo terbuka di bagian dada dan Quartararo menjalani 3 lap tersisa dengan keadaan wearpack terbuka. Ini sungguh berbahaya sebenarnya. Dada yang tak ada penghalang langsung berhadapan dengan angin pada kecepatan motor di atas 300 km perjam.

gagal podium (dok.motogp.com)
gagal podium (dok.motogp.com)
Quartararo diganjar penalti 3 detik namun bukan untuk insiden wearpack itu melainkan karena ia memotong jalur di tikungan 1 dan 2. Penalti ini membuat dirinya yang finis di urutan ketiga, harus menyerahkan podium 3 pada Jack Miller.

Banyak komentar yang mengatakan harusnya Quartararo diganjar black flag karena menyalahi aturan keselamatan. Seorang Casey Stoner juga menyayangkan kenapa Race Direction tidak memberi black flag pada Quartararo. Sampai saat ini, tidak ada hukuman lanjutan untuk Quartararo perihal insiden wearpack tersebut.

Ducati Naik Turun

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN