Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Penulis - Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Segar Pilihan

Tujuh Tips Jalani Ramadhan dengan Sederhana

14 April 2021   22:47 Diperbarui: 14 April 2021   23:12 825
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
belanja secukupnya (dok. freepik.com)

Kemarin pagi, sehari sebelum puasa, bu Mawar (sebut saja begitu) menegur saya ketika saya sedang merapikan tanaman di teras rumah. Ia baru saja pulang dari pasar. Tangannya menenteng aneka kantong plastik berisi belanjaan. Ada plastik isi bayam, plastik lain lagi berisi daging ayam, kemudian ada lagi plastik isi telur. Duh mata saya langsung sepet.

Bu Mawar sudah beberapa kali saya berikan tas bahan, agar ia pakai buat berbelanja ke pasar atau ke minimarket. Biar nggak nenteng plastik isi belanjaan yang terlihat ribet. Tapi.. berkali-kali juga ia bilang "lupa bawa tas bahan mbak". Lupa.. beda tipis sama malas bawa tas bahan.

Kembali ke teguran bu Mawar kepada saya, ia tanya, kok saya nggak ke pasar, kan besok puasa. Belum juga pertanyaannya saya jawab, bu Mawar langsung bercerita, pasar pagi ini lebih penuh dari biasanya. Rata-rata semua pedagang sayur dan daging diserbu pembeli. "Udah kayak mau Lebaran aja", katanya.

takjilnya kurma aja (dok.freepik.com)
takjilnya kurma aja (dok.freepik.com)
Saya mendengarkan sambil tangan saya terus memetik daun-daun tanaman yang sudah layu. Bu Mawar bercerita makin semangat, nanti ia akan masak ayam ungkep yang bisa digoreng untuk sahur. Lalu sayurnya sayur bayam yang dicampur wortel potong. Saya berkomentar pendek, "wah enak itu". Bu Mawar kemudian pamit dan berjalan menuju pintu rumahnya.

Saya tak heran dengan cerita bu Mawar tentang kondisi pasar di dekat rumah. Selama bulan Ramadhan hingga Lebaran, pasar ini ramai setiap hari. Lebih ramai dibanding bulan lainnya. Pasar sudah diserbu pembeli sejak jam setengah enam pagi. Hari-hari biasa, pasar baru ramai jam tujuh pagi.

Pembeli kembali menyerbu pasar saat sore hari. Mereka membeli takjil untuk berbuka puasa atau sayuran untuk sahur. Keramaian pasar tak berkurang ketika pandemi. Tahun lalu, jam operasional pasar dikurangi karena PSBB. Tapi ya tetep aja pembeli menumpuk sebelum pasar tutup.

hidangan sederhana tapi sehat (dok.freepik.com)
hidangan sederhana tapi sehat (dok.freepik.com)
Saya sendiri tak mengubah kebiasaan berbelanja meski bulan puasa. Saya tetap ke pasar untuk berbelanja 3 hari sekali, belanja bahan-bahan makanan dan sayuran secukupnya. Pun ketika berbuka puasa tidak pula berburu takjil. Saya dan keluarga cukup berbuka dengan pisang goreng atau tempe goreng buatan sendiri. Kalaupun ada yang berubah, jam makannya yang berubah.

Jalani Ramadhan dengan Sederhana

Ramadhan buat saya bukan bulan di mana kita bisa jor-jor an belanja dan masak makanan banyak untuk berbuka. Kalau makanan banyak tersisa dan akhirnya terbuang percuma, dosa kita karena menyia-nyiakan makanan. Inget deh masih banyak orang yang susah untuk makan.

Apalagi sekarang masih pandemi dan nggak tahu kapan pandemi akan berakhir. So, saya akan berhitung banget dalam mengeluarkan uang. Pandemi membuat pekerjaan saya tak selancar dulu. Alhasil itu mempengaruhi pemasukan keuangan keluarga.

yoga at home (dok. freepik.com)
yoga at home (dok. freepik.com)
Belajar dari tahun lalu, di mana saya terkaget-kaget dengan kondisi di awal pandemi, tahun ini saya lebih slow like the river flow. Yang penting sehat dan makan tercukupi, itu sudah bikin happy. Ini tips saya dalam menjalani Ramadhan tahun ini:
  • Belanja secukupnya, perbanyak protein nabati dan protein hewani.
  • Kurangi jajan, lebih baik masak sendiri.
  • Masak secukupnya, hindari makanan terbuang sia-sia.
  • Perbanyak minum air putih.
  • Lakukan olahraga ringan supaya tetap bugar.
  • Selalu terapkan protokol kesehatan 5M di manapun.
  • Istirahat yang cukup dan hindari stress.

Semoga ibadah puasa kita di Ramadhan tahun ini lebih lancar ya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Segar Selengkapnya
Lihat Segar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun