Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Atasi Punggung Membungkuk dan Jauhi Stress dengan Yoga

17 Desember 2020   14:10 Diperbarui: 17 Desember 2020   14:22 89 5 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Atasi Punggung Membungkuk dan Jauhi Stress dengan Yoga
Yoga supaya sehat jiwa raga (dok.freepik.com)

Bertahun-tahun saya melakukan pekerjaan dengan cara duduk dan menunduk. Pekerjaan saya mengharuskan saya tak bisa jauh dari laptop dan gadget. Ya makanya, duduk dan menunduk bisa saya lakukan berjam-jam. Akibatnya, postur tubuh saya cenderung membungkuk. Sungguh tak bagus untuk penampilan dan kesehatan.

Selain mempengaruhi fisik, tekanan dalam pekerjaan membuat saya kerap stress. Meski bukan stress berat, tapi stress tetaplah stress, yang membahayakan mental jika tak segera diatasi. Stress membuat saya menua lebih cepat, padahal usia saya baru 23 (dikali dua).

Menganut prinsip lebih baik terlambat daripada terlambat banget, belakangan saya rajin berolah raga. Dari semua olahraga yang pernah saya coba, seperti senam, zumba, body combat dan lainnya, saya memilih yoga sebagai olahraga yang paling nyaman buat saya.

yoga itu fun (dok.pribadi)
yoga itu fun (dok.pribadi)
Gerakan yoga tak seatraktif Zumba yang menguras energy dan nafas. Gerakan yoga lebih slow dengan penekanan di tenaga dan nafas, absolutely tetap membuat banjir keringat. Selain itu, efek meditasi pada yoga membuat depresi beranjak pergi. Nyaris setahun melakukan yoga, saya mendapat banyak manfaat. Badan lebih segar, pikiran lebih tenang.

Gerakan Yoga dan Manfaatnya

Yoga berasal dari India dan seiring perkembangan jaman, yoga berkembang secara aliran dan gerakan. Namun inti dari yoga tetap sama yaitu untuk meditasi untuk kesehatan jiwa dan raga. Yoga cocok dilakukan oleh semua umur, dari anak-anak sampai orang tua.

Yoga punya beragam manfaat. Selain mengurangi stress, yoga bisa mengurangi resiko sakit jantung, mengurangi masalah asma, membakar lemak tubuh, melatih otot, meningkatkan kekebalan tubuh, membuat perut langsing, meningkatkan kebiasaan makan sehat dan lain-lain.

Ketika pertama menjalani yoga, badan saya pegal selama 3 hari. Ketauan ya nggak pernah olahraga. Tambah pegal ketika latihan yoganya banyak berfokus pada bahu. Saya punya guru yang tegas ketika mengajar. Teknik yoga harus dilakukan dengan benar. Melakukan teknik dengan benar penting agar otot tidak cedera. Teknik itu termasuk mengatur nafas dengan benar selama latihan.

Latihan Cobra Pose (dok.pribadi)
Latihan Cobra Pose (dok.pribadi)
Ada beberapa gerakan untuk bahu dan punggung saya yang cenderung membungkuk. Namun ada 4 gerakan yang selalu ada di setiap latihan yoga saya dan gerakan ini gampang dilakukan oleh para pemula. Gerakan ini yaitu :
  • Tadasana, berdiri tegak dengan posisi punggung benar-benar lurus.
  • Vrksasana (Tree Pose), letakkan kaki di salah satu paha dalam dan perlahan-lahan angkat kedua tangan dan satukan dua telapak tangan. Pose ini sungguh membutuhkan keseimbangan.
  • Adho Mukha Svanasana (Downward Facing Dog), taruh kepala ke bawah dan panjangkan tangan hingga telapak tangan menyentuh lantai. Posisi tubuh membentuk huruf A. Pose ini juga bermanfaat untuk melepas stress.
  • Bhujangasana (Cobra Pose), tengkurap di lantai lalu luruskan tangan hingga posisi bahu terangkat dan tulang punggung melengkung ke atas. Angkat kepala tegak dan jauhkan bahu dari telinga.

yoga at home (dok.pribadi)
yoga at home (dok.pribadi)
Sementara untuk menjaga pikiran tetap tenang, jauh dari stress, ada beberapa gerakan yoga yang bisa dilakukan dan tentu saja mudah dilakukan oleh para pemula, diantaranya adalah :
  • Balasana (child pose), gerakan sujud namun kedua tangan lurus ke depan dan kedua lutut membuka selebar pinggul.
  • Uttanasana, berdiri rapat taruh dua tangan di sisi tubuh. Lalu tekuk badan ke depan sambil membuang nafas dan tangan menyentuh lantai.
  • Utthita Trikonasana, berdiri tegak dengan kaki membuka lebar dan rentangkan tangan ke samping. Lalu arahkan kaki kanan keluar dan arahkan perut ke kanan sambil membuang nafas. Pegang betis dengan tangan kanan, luruskan tangan kiri ke atas dan wajah juga mengarah ke atas.

Child pose (dok.freepik.com)
Child pose (dok.freepik.com)
Berolahragalah Karena Bergerak Saja Tidak Cukup

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x