Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Joan Mir Juara MotoGP Valencia, Kandidat Juara Dunia

8 November 2020   23:34 Diperbarui: 9 November 2020   00:02 58 4 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Joan Mir Juara MotoGP Valencia, Kandidat Juara Dunia
Yang hepi di podium (dok.motogp.com)

Joan Mir makin kukuh di pimpinan klasemen sementara setelah memenangi MotoGP seri Valencia hari ini. Joan Mir sukses mempecundangi rekan timnya sendiri, Alex Rins, yang harus puas berdiri dipodium dua. Pol Espargaro yang memulai balapan dari posisi pole, melengkapi di podium tiga.

Seri Valencia sungguh berlangsung penuh kejutan. Fabio Quartararo yang berusaha mendapat hasil baik demi tetap bersaing merebut gelar juara dunia, tersungkur ke gravel dan hanya mampu finis ke 14. Morbidelli juga tak bisa berbuat banyak.

Hasil lebih buruk diraih rider Yamaha MotoGP. Vinales harus memulai balapan dari pitlane karena menggunakan mesin tambahan, sementara Valentino Rossi yang sudah sembuh dari Covid-19 dan bisa balapan lagi, motornya mogok dan harus keluar dari seri Valencia tanpa poin.

Sebenernya rider Honda juga ada yang apes. Alex Marquez jatuh dan gagal meraih poin. Begitu juga dengan Cal Crutchlow. Untungnya Takaaki Nakagami menyelamatkan wajah Honda dengan meraih posisi 4. Stefan Bradl melengkapi dengan finis di posisi duabelas.

Joan Mir perkasa (dok.motogp.com)
Joan Mir perkasa (dok.motogp.com)
Jalannya Balapan

Seri Valencia berlangsung 27 lap. Pol Espargaro melakukan start sempurna dan memimpin balapan. Rins di posisi dua dan Mir lewati Nakagami buat posisi 3. Masuk tikungan 8, Quartararo sliding dan terseret ke gravel. Tim Petronas shock. Quartararo balik ke trek dan balapan di nomor paling buntut.

Lap kedua, mudah saja Rins lewati Pol buat posisi 1. Rins memimpin balapan sekarang. Rins catat fastest lap 1:32:603. Lap keempat, Mir lewati Pol buat posisi dua. Di lap ini, motor Rossi mogok dan terpaksa out dari balapan. Bagnaia crash dan out juga dari balapan. Nggak lama, Cal Cruthclow ikutan jatuh dan out.

Rins nggak bisa diremehkan (dok.motogp.com)
Rins nggak bisa diremehkan (dok.motogp.com)
Lap kedelapan, Rins head to head dengan Mir berebut posisi 1. Namun Rins masih menutup celah. Top three saat ini adalah Rins, Mir dan Pol Espargaro. By the way, Rins dan Mir sama-sama menggunakan ban medium untuk ban depan dan belakang. Sementara Pol menggunakan hard dan medium.

Lap kelimabelas, urutan sementara adalah Rins, Mir dan Pol. 11 lap tersisa, Mir lewati Rins buat posisi 1. Crew Suzuki tegang di garasi begitu pula tim Manager Davide Brivio. Jarak Mir ke Rins terpaut 0.330 detik. Mir dan Rins punya kecepatan yang sama-sama baik. Suzuki memang luar biasa.

weekend apes buat The Doctor (dok.motogp.com)
weekend apes buat The Doctor (dok.motogp.com)
Lima lap tersisa, Pol berusaha dekati Rins. Di barisan tengah, Alex Marquez yang sedang bersaing dengan Dovizioso kehilangan kendali pada bannya dan tersungkur ke gravel. Valencia selesai untuk Alex Marquez. Dua lap tersisa, Dovizioso lewati Zarco buat posisi 6. Top 6 saat ini adalah Mir, Rins, Pol Esp, Oliveira, Nakagami dan Dovizioso.

Namun entah kenapa Dovi melambat dan membuatnya mudah saja dilewati oleh Jack Miller dan Brad Binder. Tiga rider di barisan terdepan nampaknya tak mau terlalu push hard. Daripada jatuh dan gagal meraih poin. So Joan Mir menyentuh finis duluan diikuti Alex Rins dan Pol Espargaro.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x