Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Danilo Petrucci Juara MotoGP Le Mans dan Rossi Gagal Finis lagi

11 Oktober 2020   22:16 Diperbarui: 12 Oktober 2020   16:36 103 12 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Danilo Petrucci Juara MotoGP Le Mans dan Rossi Gagal Finis lagi
Danilo Petrucci si juara Le Mans (dok.motogp.com)

Valentino Rossi kembali jatuh dan gagal menyelesaikan balapan MotoGP. Sudah 3 kali The Doctor jatuh musim ini. Sebuah prestasi yang cukup memalukan di musim terakhirnya dengan Yamaha Racing. Danilo Petrucci keluar sebagai juara balapan MotoGP seri Le Mans hari ini. Ia tak terkejar sejak awal race.

Namun Man of the Race adalah Alex Maquez yang meraih podium dua. Ia memulai balapan dari posisi 18. Balapan yang berlangsung wet race membuat Alex Marquez merangsek ke depan. Pol Espargaro melengkapi di podium 3. 10 seri dengan 7 pemenang berbeda, MotoGP 2020 sungguh menarik.

Balapan Le Mans berlangsung dalam kondisi hujan. Hujan turun tepat ketika pembalap sudah di grid dan bersiap untuk warm up lap. Balapan delay selama 5 menit dan memberi kesempatan untuk para pembalap mengganti ban dengan ban basah. Hanya Alex Rins yang menggunakan ban medium untuk ban depan dan belakang. Sementara pembalap lain menggunakan ban soft.

Balapan hari ini sungguh penuh drama. Valentino Rossi bukan satu-satunya pembalap yang apes, ada Tito Rabat, Franco Morbidelli, Alex Rins dan Jack Miller yang juga gagal finis. Alex Rins dan Jack Miller malah keluar dari balapan saat ada di top 3. Balapan memang bukan hanya tergantung dari skill dan performa mesin, namun juga keberuntungan.

yang hepi di podium (dok.motogp.com)
yang hepi di podium (dok.motogp.com)
Jalannya Balapan
Gara-gara delay, balapan kena diskon menjadi hanya 26 lap. Valentino Rossi memulai balapan dari posisi 10 dan pole position dipegang oleh si akamsi alias anak kampung sini, Fabio Quartararo. Posisi dua dan 3 diduduki oleh rider Ducati, Jack Miller dan Danillo Petrucci. Ducati memang sudah menunjukkan tajinya di Le Mans sejak kualifikasi.

Setelah start, start sempurna dari Cal Crutchlow, tapi Jack Miller langsung merangsek memimpin balapan. Masuk tikungan satu, motor Rossi slip dan nggelosor ke gravel. Hampir saja ia tertabrak oleh Maverick Vinales, tapi Vinales bisa menghindar. Le Mans selesai buat The Doctor.

Lap ketiga, pembalap Ducati merajai top 3. Ada Petrucci, Dovizioso dan Miller di kelompok rider terdepan. Rins jadi pembalap satu-satunya pembalap Suzuki di posisi 5. Lap keempat Petrucci catat fastest lap 1:47:733. Rins lewati Pol Espargaro buat posisi 4. Quartararo drop ke posisi 10.

gagal finis lagi bang (dok.motogp.com)
gagal finis lagi bang (dok.motogp.com)
Alex Marquez pede dengan motornya dan naik ke posisi 7. Memulai balapan dari posisi 18 dan biasanya emang balapan di belakang, kiprah Alex sungguh menggembirakan. Pol Espargaro di posisi 5 mendapat ancaman dari Cal Crutchlow. Rins ngebut hingga mencatat fastest lap 1:45:683. Ia di posisi 4, just reminder Alex Rins memulai balapan dari posisi 16.

Lap kesepuluh, Pol di posisi 5 catat fastest lap 1:45:600. Posisi sementara saat ini adalah Petrucci, Dovizioso, Miller, Rins, Pol Esp, Crutchlow dan Alex Marquez. Lap kesebelas, Pol kembali catat fastest lap 1:45:229. Miller mecari celah untuk overtake Dovizioso tapi malah ia yang kena overtake Alex Rins. Tapi Miller melawan dan tetap di posisi tiga.

Rins menyerang Miller lagi dan ia berhasil membuat Miller turun ke posisi 4. Tito Rabat crash dan out dari balapan. Persaingan Rins versus Miller masih terjadii. Di lap kelimabelas, Miller memaksa Rins turun ke posisi 4. Alex Marquez membuat crew Honda happy ketika mencatat fastest lap 1:44:244, ia sementara di posisi 6.

masih jadi pemuncak klasemen sementara (dok.motogp.com)
masih jadi pemuncak klasemen sementara (dok.motogp.com)
Para rider di barisan terdepan jaraknya masih rapat. Bahkan jarak Petrucci ke Alex Marquez hanya terpaut 0,4 detik. 10 lap tersisa, Morbidelli nyasar ke gravel tapi bisa balik lagi ke trek. 9 lap tersisa smooth overtaking dari Rins buat Miller, tapi Miller tak mau menyerah. Miller tetap posisi tiga.

Cal Crutchlow menjadi pembalap berikutnya yang mencium kerikil gravel. Anti klimaks untuk Jack Miller yang lagi di posisi 3. Motornya problem, sempat keluar asap dari knalpotnya, Miller mundur dari Le Mans. Hal ini membuat Miller sungguh kecewa. Ia masuk ke pitbox dengan marah. Ya sik, soalnya dia bisa podium hari ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN