Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Fabio Quartararo Juara MotoGP Catalunya, tapi Suzuki Luar Biasa

27 September 2020   23:31 Diperbarui: 27 September 2020   23:33 75 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Fabio Quartararo Juara MotoGP Catalunya, tapi Suzuki Luar Biasa
Fabio quartararo .. good looking (dok.motogp.com)

Setelah beberapa seri absen di podium, Fabio Quartararo kembali menebar senyum sumringah karena menjuarai balapan MotoGP seri Catalunya yang berlangsung di Barcelona Spanyol hari ini. Quartararo sukses mengalahkan rekan setimnya, Franco Morbidelli yang kehilangan podium di lap-lap akhir.

Namun yang lebih bahagia hari ini adalah tim Suzuki. Dua ridernya, Joan Mir dan Alex Rins sukses menempati podium pertama dan kedua di Catalunya. Suzuki sungguh hebat hari ini, padahal Joan Mir memulai balapan dari posisi 8 dan Alex Rins malah memulai balapan dari posisi 13 setelah tak lolos ke Q2 pada sesi kualifikasi.

Sementara tim terapes hari ini adalah Yamaha Racing. Valentino Rossi yang start dari posisi 3 harus gagal meraih poin setelah jatuh di lap ketujuhbelas. Padahal saat itu ia sedang berada di posisi dua. Padahal lagi ia sedang disorot minggu ini setelah resmi menandatangani kontrak setahun dengan Yamaha Petronas SRT.

yang happy di podium (dok.motogp.com)
yang happy di podium (dok.motogp.com)
Kenapa Rossi jatuh? Ia seperti kehilangan grip dengan bannya. Jatuh tunggal ya bukan karena senggolan dengan rider lain. Yamaha emang masih bermasalah sik yaaaa secara malam ini Vinales aja finis kesembilan, terpaut 13 detik dengan Fabio Quartararo.

Rossi bukan satu-satunya rider yang gagal finis malam ini. Andrea Dovizioso, Johann Zarco, Miguel Oliveira dan Pol Espargaro juga jadi rider-rider yang gagal mendulang poin di Catalunya. Apesnya buat Dovizioso, gegara jatuh ini ia kehilangan posisi pimpinan di klasemen sementara dan terjun ke posisi 4. The leader of the championship sekarang adalah Fabio Quartararo.

Jalannya Balapan

Balapan terdiri dari 24 lap dan Morbidelli memulai balapan dari posisi pole. Insiden terjadi setelah start. Motor Petrucci oleng dan Zarco berupaya menghindari kontak dengan motor Petrucci. Namun ia kehilangan kendali dan jatuh menyeret Dovizioso. Keduanya gagal meneruskan balapan.

Morbidelli melakukan start sempurna dan memimpin balapan. Rossi mengikuti di posisi dua. Lap kedua, Miller membayangi Quartararo di posisi 4. Minggu lalu ada insiden antara Quartararo dan Miller. Plastik tear off helm yang dibuang oleh Fabio di trek, terhisap masuk ke motor Miller yang membuat motor Miller kehilangan tenaga dan ia kudu balik ke pit, keluar dari balapan.

gagal finis lagiiii (dok.motogp.com)
gagal finis lagiiii (dok.motogp.com)
Pembalap memang kerap membuang plastik tear off ini di trek. Nggak ada larangan mengenai hal ini dan kasus plastik tear off terhisap ke motor baru kejadian di balapan minggu lalu. Miller yang emang kocak, memajang plastik tear off Quartararo kemarin di garasinya. Fabio senyum saja melihatnya.

Lap ketiga, Quartararo catat fastest lap 1:40:728, posisi 3 sementara. Lap keempat lagi-lagi Quartararo catat fastest lap 1:40:408. Jarak para pembalap masih rapat. Miller ikutan catat fastest lap 1:40:296 detik. Quartararo makin mendekati Rossi dan berebut posisi dua.

Memasuki lap keenam Quartararo sukses lewati Rossi di trek lurus. Ia langsung menutup racing line dan membuat Rossi kesulitan untuk menyalip. Rossi turun ke posisi 3. Miller ikutan cari celah buat menyalip Rossi. Saat ini Miller adalah satu-satunya rider Ducati yang mampu masuk ke top 5.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN