Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Penulis - Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Bakar Kalori dengan Yoga dan Nonton IG Live Tokoh Idola

4 Mei 2020   20:53 Diperbarui: 4 Mei 2020   21:14 373
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
mantengin IG buat ngabuburit (dok.freepik.com)

Meski di rumah aja, ngabuburit mah tetep ya jalan terus walau caranya beda. Biasanya ngabuburit alias menunggu waktu berbuka, saya lakukan di luar rumah. Bisa menikmati keramaian sembari berburu takjil atau olah raga ringan di gym. Karena lagi masa pandemi, yang mana saya menghindari kerumunan, ngabuburitnya juga menyesuaikan.

Kegiatan saat PSBB gini dipaksa untuk serba online. Fungsi internet bener-bener digunakan di masa ini dan social media benar-benar dimanfaatkan dengan maksimal. Di satu sisi, informasi bisa didapat dengan cepat dan komunikasi seakan tanpa jarak. Di sisi yang lain, online kayak gini butuh kuota yang cukup besar. Saya biasanya menggunakan 17GB kuota internet per bulan. Sejak PSBB, saya butuh kuota internet 25GB sebulan.

Aktivitas saya di social media meningkat saat ini. Saya baca berita berdasarkan yang lewat di timeline twitter. Kalo soal update informasi, twitter emang juara. Sehari nggak online twitter serasa ketinggal informasi banget. So twitter selalu saya intip setiap saya punya waktu luang.

Namun untuk ngabuburit, saya pakai instagram. Karena di instagram banyak banget yang melakukan live di sore hari dan materinya bagus-bagus. Saking banyaknya yang live instagram di jam yang sama (kebanyakan sik jam 16.00 atau jam 17.00 wib), kadang sampe bingung mau nonton yang mana.

jadwal yoga by Tio Rosalines (dok.yayat)
jadwal yoga by Tio Rosalines (dok.yayat)
Meski begitu, ada akun instagram yang selalu saya tunggu livenya yaitu akun IG @tiorosalines. Ini adalah akun instagram seorang guru yoga. Ia mengajar yoga melalui IG Live dan dibagikan secara gratis. Jadi siapapun bisa mengikuti kelas yoganya. Tiap hari ia mengajar yoga melalui IG live, waktunya pagi dan sore hari. Saya terkadang ikut kelasnya yang sore hari, sekalian nunggu waktu berbuka. Lumayan bakar kalori sebelum buka puasa.

Mbak Tio membuka kelas yoga dalam beberapa tema. Ada yang kelas pemula, ada juga kelas untuk yang sudah biasa ikut yoga. Meski mengajar dengan cara IG live, namun arahan mbak Tio mudah diikuti. Beda sih yaaa kalo gurunya expert mah. Jadwal kelas mbak Tio akan dibagikan di IG storynya lengkap dengan jenis yoganya. Bebas deh kita mau ikut yang mana.

Saya absen kelas mbak Tio kalo selasa, kamis dan kadang-kadang weekend. Karena Selasa dan kamis pagi saya sudah punya jadwal yoga dengan guru saya sendiri. Sementara kalo weekend saya pengennya rebahan :D.

Selesai yoga bareng mbak Tio, saya cek IG live dan cari yang menarik. Kadang ada 16 akun IG yang live berbarengan. Biar nggak buang waktu ngecekin IG live nya satu-satu, saya akan nonton IG live tokoh yang saya suka. Misalnya kang Maman Suherman, om Arbain Rambey atau pak Ganjar Pranowo. Gubernur satu ini termasuk yang rajin melakukan live di IG.

belajar motret sama om Arbain Rambey (dok.yayat)
belajar motret sama om Arbain Rambey (dok.yayat)
Om Arbain Rambey beberapa kali saya tonton IG livenya. Ia berbagi pengetahuan tentang memotret. Om Arbain kalo menjelaskan soal teknis memotret, selalu kasih tips motret juga dan penjelasannya detail banget. Durasi live yang cuman sejam seringkali nggak cukup tuh. Akhirnya live tiba-tiba kepotong.

Kita juga bisa bertanya saat IG live dengan om Arbain Rambey. Cuman karena yang nanya banyak ya belum tentu pertanyaan kita terjawab. Terlebih karena penjelasan om Arbain tuh panjang dan detail, pertanyaan yang dipilih juga terbatas. Saya termasuk yang bertanya tapi belum berkesempatan dijawab. Nggak apa-apa.

Untuk IG live kang Maman Suherman, saya baru nonton sekali. Kang Maman banyak berbagi tips mengenai menulis. Penulis puluhan buku ini selalu bikin saya semangat menulis setelah mendengar kata-katanya. Kalimat jleb dari kang Maman juga banyak. So saya merasa semangat tapi juga merasa tertampar di saat yang sama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun