Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Penulis - Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Zumba, Cara Happy Membakar Kalori

14 Februari 2020   13:27 Diperbarui: 14 Februari 2020   13:26 234
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Rowing dulu buat pemanasan (dok.yayat)

Bosan dengan olahraga yang hanya lari, squat jump atau jalan kaki? Cobalah olahraga zumba. Zumba punya gerakan variatif yang melibatkan seluruh anggota tubuh dan olahraga tambah asik karena Zumba diiringi dengan musik. Musik pengiring zumba biasanya music latin, hip hop atau musik bernuansa ceria.

Zumba, adalah satu cara untuk berolahraga dengan senang dan ceria. Kalau dilakukan dengan benar dan serius, ber-zumba selama 60 menit bisa membakar 450 kalori. Hampir semua gerakan ada dalam zumba, ya gerak perut, otot tangan dan kaki, bahu, paha, semuanya deh. Zumba buat saya seperti olahraga paket lengkap. Tambah seru kalo dilakukan secara bersama-sama.

Pada tanggal 8 Februari kemarin, saya diajak Ketapels dan Sunpride mengikuti zumba. Lokasinya di Paradigm Fitnes Centre di Sequis Tower Jakarta. Sabtu tuh jadwal saya mengikuti kelas Yoga. So setelah yoga selesai saya meluncur ke Sequis Tower menemui mas Agung Han dan teman-teman lainnya.

Asinan buah (dok.yayat)
Asinan buah (dok.yayat)
Belakangan ini saya memang sedang getol berolahraga. Sudah cukup masanya buat saya olahraga secara angin-anginan. Nih badan lebih gampang capek meski saya nggak beraktivitas berat. Sebuah sinyal bahwa tubuh mulai nggak sehat dan gaya hidup harus segera diubah. Maka kalau ada yang ngajak olahraga macam ber-zumba ria, saya akan segera menganggukkan kepala.

Resikonya ber-zumba dengan kalangan muda tuh gerakan serba cepat dan lebih menguras energi. Makanya ketika saya lihat para peserta zumba adalah orang-orang muda, saya mempersiapkan diri karena olahraganya akan lebih capek. Peregangan perlu dilakukan sebelum zumba, supaya otot nggak kaget diajak bergerak dengan ritme cepat.

menjelang zumba (dok.yayat)
menjelang zumba (dok.yayat)
Instruktur zumba sore itu adalah Janice Etta. Nggak menunggu waktu lama, ia bersiap di stage depan seiring music sudah dimainkan. Gerakan awal adalah melompat kanan kiri, menggoyangkan perut, kaki dan tangan. Janice Etta nggak lupa untuk menyemangati para peserta zumba.

Gerakan zumba berkonsentrasi dalam membentuk bagian tubuh yang penting untuk ketahanan tulang seperti otot punggung, bokong, perut dan paha serta membuat tubuh ideal. Gerakan serba cepat juga menuntut koordinasi seluruh anggota tubuh sekaligus membuat pikiran tajam karena kudu mengingat gerakan dan kapan bergerak ke kiri atau ke kanan. Janice Etta juga membuat gerakan zumba seperti menari.

minuman dari buah (dok.yayat)
minuman dari buah (dok.yayat)
Karena menguras banyak energi, zumba terbagi beberapa sesi. Selesai satu sesi, peserta zumba boleh rehat dan minum. Tubuh nggak boleh dehidrasi selama melakukan zumba. Dehidrasi itu berbahaya. Maka jika tubuh mulai lemas, berhentilah sejenak dan minum.

Musik yang dimainkan kian cepat, gerakanpun semakin cepat juga. Saya mulai ngos-ngosan mengikuti irama. Saya lihat ke samping, teman-teman saya ngos-ngosan juga. Namun di depan, para wanita muda masih semangat dan aktif mengikuti gerakan. Saya nggak mau kalah. Saya ikuti gerakan Janice Etta dengan semangat juga.

Nggak terasa, sejam lebih kami ber-zumba ria. Tubuh saya basah oleh keringat. Entah berapa banyak kalori yang terbakar hari itu karena yoga dan zumba. Yang pasti saya merasa lapar. Don't worry, di meja sudah tertata buah-buahan dari Sunpride. Ada minuman, jambu Kristal, nanas, papaya dan tentu saja pisang cavendish.

olahraga dan makan buah biar sehat (dok.yayat)
olahraga dan makan buah biar sehat (dok.yayat)
Para peserta segera menyerbu buah-buahan itu. Saya ambil minuman kaleng berisi nanas milik Sunpride. Tenggorokan langsung segar dialiri minuman kaleng dari Sunpride. Jambu Kristal menjadi sasaran saya berikutnya. Jambu Kristal Sunpride sungguh garing dan minim biji. Ada manis-manisnya pula.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun