Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Marquez Menang Mudah di MotoGP Motegi, Rossi Gagal Finis yang Keempat Kali

20 Oktober 2019   17:21 Diperbarui: 20 Oktober 2019   17:29 0 2 0 Mohon Tunggu...
Marquez Menang Mudah di MotoGP Motegi, Rossi Gagal Finis yang Keempat Kali
Juara seri lagi (dok.motogp.com)

Marc Marquez belum bosan menang meski sudah menjadi Juara Dunia MotoGP 2019. Marc Marquez hari ini memenangi MotoGP seri Jepang yang berlangsung di sirkuit Motegi, melengkapi kemenangannya yang ke 10 di musim 2019. Ia menang tanpa perlawanan dari para rivalnya.

Fabio Quartararo yang diprediksi bisa menjadi lawan berat marc Marquez, finis kedua dan tak memberi perlawanan berarti. Meski berdiri di podium dua, Fabio Quartararo sukses meraih gelar Rookie of The Year 2019. Performa Quartararo memang menanjak sejak pertengahan musim.

Podium ketiga diraih Andrea Dovizioso. Ia sempat menjalani pertarungan ketat dengan Franco Morbidelli namun Morbidelli menyerah. Yamaha tidak mendapat hasil yang terlalu baik di Motegi. Maverick Vinales harus puas finis keempat. Sementara Valentino Rossi terjatuh di 4 lap tersisa. The Doctor nampaknya belum bangkit dari keterpurukannya.

Rookie of The Year 2019 (dok.motogp.com)
Rookie of The Year 2019 (dok.motogp.com)

Jalannya Balapan

Cuaca meredup jelang balapan MotoGP, tapi nampaknya hari tidak hujan. Marquez keluar dari garasi menuju trek menggunakan ban basah. Wait.. ban basah? Padahal hujan belum turun. Ternyata.. iseng doang dia. Pas sighting lap diganti kok bannya jadi ban slick. Marshall Motegi melakukan aksi kreatif dan atraktif menyambut para rider ke gridnya masing-masing. Lucu liatnya.

Marquez memulai balapan dari posisi pole. Duo Petronas, Franco Morbidelli dan  Fabio Quartararo melengkapi di start kedua dan ketiga. Balapan melahap 24 lap. Selepas start, Marquez melakukan start sempurna dan ngacir ke depan. Quartararo coba lewati Marc namun Marc ambil alih posisi lagi.

Lap kedua.. Quartararo lancarkan serangan pada Marquez lagi namun Marc ogah meladeni dan gaspol ngacir di depan hingga membuat jarak 0.899 detik. Morbidelli yang turun ke posisi empat, coba lewati Miller buat posisi tiga. Sementara Valentino Rossi turun dari posisi 11 ke posisi 13.

yang happy di podium (dok.motogp.com)
yang happy di podium (dok.motogp.com)

Lap keempat, Marquez berjarak 0.936 detik dari Quartararo. Top 3 saat ini adalah Marquez, Quartararo dan Miller. Lap keenam Marquez catat fastest lap 1:45:766 dan berjarak 1.324 detik dari Quartararo. Quartararo mulai keteteran mengejar Marc. Lap ketujuh, Morbidelli di posisi 4 mendapat ancaman dari Dovizioso. Vale naik ke posisi 11 setelah melewati kakak beradik Espargaro.

Lap kedelapan, Morbidelli masih juga bersaing dengan Dovizioso berebut posisi 4. Vinales mengawasi di posisi 6. Andrea Iannone crash dan out dari balapan. Lap kesembilan, Dovi coba lewati Morbidelli, nyaris berhasil tapi Morbidelli langsung tutup racing line Dovi. Miller yang melambat mudah saja dilewati oleh Morbidelli. Morbidelli ketiga sekarang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2