Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Finlandia Masuk Kalender MotoGP 2020, Indonesia Kapan?

28 Agustus 2019   19:00 Diperbarui: 28 Agustus 2019   20:51 0 7 4 Mohon Tunggu...
Finlandia Masuk Kalender MotoGP 2020, Indonesia Kapan?
para pembalap yang mengaspal di KymiRing (dok.motogp.com)

Kalender Provisional MotoGP 2020 telah dirilis. Ini belum jadi kalender resmi. Kalender resminya biasanya dirilis setelah seri terakhir di Valencia. Namun kalender provisional ini bisa jadi rujukan, karena kalaupun berubah, perubahannya akan sedikit sekali. Berdasarkan kalender MotoGP 2020, seri MotoGP berjumlah 20, bertambah 1 seri dari MotoGP 2019 yang berjumlah 19 seri. Nambahnya di seri apa? Finlandia.

Tanggal 18 Agustus lalu, Dorna membawa beberapa rider ke Finlandia untuk mengetes trek KymiRing di Finnish Circuit. Tes dilakukan tanggal 19 Agustus dan 20 Agustus 2019. Tujuan tes ini adalah untuk mengecek kesiapan aspal trek KymiRing yang akan dimasukkan ke kalender MotoGP 2020.
Finlandia masuk kalender MotoGP? Lah Indonesia gimana? Kan sirkuit MotoGP di Mandalika Lombok lagi dibangun (katanya).

Ada 6 rider dari tim MotoGP yang ditugasi buat mengetes trek KymiRing yaitu Michele Pirro dari Ducati, Stefan Bradl dari Honda, Jonas Folger dari Yamaha, Sylvain Guintoli dari Suzuki, Bradley Smith dari Aprilia dan Mika Kalio dari KTM. Keenam rider ini adalah para rider yang biasa melahap trek balapan.

Tes ini menjadi sejarah untuk Finlandia yang terakhir menggelar balapan kelas premier di tahun 1982. Tes bersejarah ini disaksikan juga oleh Presiden FIM Jorge Viegas, Direktur KymiRing Timo Pohjola, Presiden Finnish Motorcycle Federation Tapio Nevala, Tim Manager Ajo Motorsport Aki Ajo dan CEO Dorna Carlos Ezpeleta.

kalender provisioonal motogp 2020 (dok.motogp.com)
kalender provisioonal motogp 2020 (dok.motogp.com)
MotoGP Finlandia, Mimpi yang Jadi Kenyataan

Mika Kalio jadi rider pertama yang mengaspal di KymiRing. Bradley Smith, Michele Pirro dan Stefan Bradl jadi rider berikutnya. Bradl jadi rider pertama yang jatuh di trek KymiRing, tapi dia tak cedera. Sylvain Guintoli dan Jonas Folger jadi rider terakhir yang mencoba trek KymiRing di hari pertama yang sempat turun hujan.

Di hari kedua Bradley Smith jadi rider yang mencatat waktu tercepat 1:47:540. Sementara Stefan Bradl mencatat waktu lebih lama 0,324 detik di belakang Smith. Di tempat ketiga ada Michele Pirro yang sempet jatuh juga. 

Hari kedua ini cuaca cerah so treknya kering dan rider melahap trek dengan ban kering. Rata-rata rider senang dengan hasil tes karena kondisi hujan dan kering membuat Michelin bisa dapat banyak data.

Untuk Bradley Smith, ia bilang bahwa trek cukup sulit. Trek ini berbeda dengan trek yang pernah ia jalani sebelumnya. Sektor 1 yang punya 5 tikungan cukup bagus. Smith menyukai sektor 3, namun sektor 2 dan 4 cukup tricky.

Kondisi ini cukup menantang bagi para rider. Ada beberapa tikungan yang sulit namun ada juga tikungan yang mudah. Smith bilang rider akan menyukai balapan di KymiRing Finnish Circuit.

Stefan Bradl di KymiRing (dok.motogp.com)
Stefan Bradl di KymiRing (dok.motogp.com)
KymiRing panjangnya 4.600 km dan punya 18 tikungan. Dibangun 27 September 2016 dan diajukan untuk menggelar MotoGP tahun 2018. Terletak di Tillola Litti Kymenlaakso Finlandia, 110 km dari Helsinki.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3