Ya Yat
Ya Yat Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Ducati Makin Merah, Honda Enggak Berubah, dan Yamaha Makin Jantan

4 Februari 2019   15:39 Diperbarui: 9 Februari 2019   14:21 639 8 4
Ducati Makin Merah, Honda Enggak Berubah, dan Yamaha Makin Jantan
Tampilan baru... gahar (dok.motogp.com)

Setiap jelang musim baru MotoGP, lumrah kalau tiap tim MotoGP meluncurkan livery baru motor dan racing suit para pembalapnya. Senin (04/02), Yamaha sukses meluncurkan livery anyar untuk musim MotoGP 2019 di Jakarta.

Yes, Jakarta. Animo penggila MotoGP di Indonesia yang luar biasa membuat Yamaha menjadikan Jakarta sebagai tempat launching livery barunya. Valentino Rossi dan Maverick Vinales hadir di acara tersebut, juga Lin Jarvis dan para pejabat Yamaha Racing. Tahun ini Monster Energy menjadi sponsor utama pabrikan Yamaha.

Launching livery Yamaha sudah ditunggu-tunggu oleh para penggemar Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Penasaran gitu kayak apa livery baru si M1. Sebelumnya, tim Honda dan Ducati juga sudah memperkenalkan livery barunya. So saya akan menuliskan soal livery baru Honda dan Ducati sekalian.

Petrucci dan Dovizioso (dok.motogp.com)
Petrucci dan Dovizioso (dok.motogp.com)
Ducati, Makin Merah Aja
Launching livery baru dan tim baru Ducati dilakukan tanggal 19 Januari 2019 di Switzerland. Pasca ditinggal Lorenzo ke Honda, sekarang tim Ducati punya Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci. Saya seneng banget akhirnya Petrucci naik ke pabrikan Ducati. Udah waktunya.

Livery di badan Desmosedici makin merah aja, warna putihnya jauh berkurang. Warna racing suit juga sama didominasi merah. Di trek, motor Ducati akan mudah dikenali, karena warna motornya paling ngejreng.

Perubahan paling mencolok adalah di body samping di mana ada tulisan Mission Winnow, slogan dari si sponsor utama Philip Morris. So, nama Ducati pun sekarang berubah jadi Mission Winnow Ducati.

all italian rider (dok.motogp.com)
all italian rider (dok.motogp.com)
Mission Winnow kira kira artinya adalah belajar dari kesalahan masa lalu dan menggunakannya untuk keuntungan di masa depan. Philip Morris sebenernya udah jadi sponsor utama Ducati sejak 2003, tapi karena nama brandnya yaitu Marlboro (brand rokok) nggak boleh ditempel di body motor, maka sekarang Philip Morris menempel slogannya aja.

Ducati tahun ini juga jadi all Italian rider. Saya menunggu kiprah Petrucci menunggang motor pabrikan. Berharap kemampuannya makin keluar dan bersama Dovizioso, bisa membawa Ducati balapan di posisi terdepan. Tahun ini banyak muka baru di MotoGP, sementara muka lamanya makin digdaya.

Repsol Honda, Livery Baru dan Tim Baru
Tahun ini Jorge Lorenzo resmi bergabung di Repsol Honda. Ia menjadi pasangan baru Marc Marquez. So, sebenernya orang lebih menunggu penampakan Lorenzo memakai seragam Honda. Launching dilakukan di Madrid pada tanggal 24 Januari 2019. Nyaris saya nggak melihat perbedaan antara livery tahun lalu dengan tahun sekarang.

tak terlalu beda livery nya sama tahun lalu (dok.motogp.com)
tak terlalu beda livery nya sama tahun lalu (dok.motogp.com)
Warna livery masih didominasi orange, merah dan putih. Livery di racing suite pembalapnya juga sama. Namun melihat Lorenzo mengenakan seragam Honda emang lebih fresh gitu. Kedua pembalap mengaku optimis menatap musim 2019 meski keduanya sedang cedera.

Dengan adanya 2 juara dunia di tim Honda, persaingan nampaknya akan makin ketat aja. Marquez tentu nggak mau targetnya buat menjadi juara dunia lagi dihalangi Lorenzo, sementara Lorenzo punya target mengejar juara dunia sebagai pembuktian kemampuannya.

Kalo saya liat sih Lorenzo udah banyak berubah setelah ia di Ducati, dari sisi emosi dan skill. So, Marquez punya rival berat nih.

new tim... new power (dok.motogp.com)
new tim... new power (dok.motogp.com)
Yamaha, Jantan Dengan Warna Hitam
Ketika Valentino Rossi dan Maverick Vinales muncul ke panggung mengenakan jaket seragam berwarna hitam, saya sudah menebak livery Yamaha pasti ada warna hitamnya.

Makin yakin setelah Vale ketika sesi tanya jawab di panggung bilang bahwa ia merasa seperti "Men in black". Dan begitulah ketika pintu di belakang panggung dibuka untuk memperlihatkan livery baru Yamaha... warnanya biru dengan dominasi hitam.

Tampilan livery baru ini jantan banget menurut saya. Warna putih masih ada tapi dikit banget dan hanya jadi pemanis. Pada body samping motor ada tanda M besar. Ini adalah logo Monster Energy yang tahun ini menjadi sponsor utama tim Yamaha. Makanya nama tim Yamaha tahun ini jadi Monster Energy Yamaha MotoGP.

new livery new hope (dok.motogp.com)
new livery new hope (dok.motogp.com)
Vale dan Vinales mengaku suka banget dengan livery baru Yamaha. Motor terlihat keren, lebih agresif dengan hitam dan logo warna hijau berdampingan dengan warna biru, kata Vale. Sementara Vinales bilang livery baru ini cantik banget dan ia nggak sabar buat segera balapan. Nomor motor 46 masih kuning lemon sementara  Vinales yang mulai tahun ini menggunakan nomor 12, warna nomornya berubah jadi putih.

sekarang pake nomor 12 (dok.motogp.com)
sekarang pake nomor 12 (dok.motogp.com)
Ditanya mengenai kondisi tim di musim MotoGP 2019, Vale bilang Vinales cukup cepat, tangguh dan Vinales adalah partner yang baik. Sementara Vinales bilang  targetnya tahun ini adalah mengalahkan Valentino. Tapi eeeiittsss dia bilang hanya bercanda.

Sebenernya nggak papa juga punya target mengalahkan teammate sendiri. Sah-sah aja kok. Vale juga nggak akan menjitak Vinales gara-gara omongan itu.

Lepas dari Anda dukung tim apa dan penggemar rider siapa, kalo melihat corak liverynya, Anda suka livery tim apa?

Sumber : MotoGP.com