Ya Yat
Ya Yat Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Dovizioso Gagal Finis di MotoGP Motegi, Marquez Rebut Juara Dunia MotoGP 2018

21 Oktober 2018   15:27 Diperbarui: 21 Oktober 2018   19:07 2310 8 4
Dovizioso Gagal Finis di MotoGP Motegi, Marquez Rebut Juara Dunia MotoGP 2018
Juara dunia MotoGP 2018 (dok.motogp.com)

Anti klimaks terjadi di balapan MotoGP seri Motegi Jepang yang terselenggara hari ini. Andrea Dovizioso yang memimpin hampir sepanjang balapan, harus keluar dari Motegi tanpa menggondol poin akibat jatuh saat balapan menyisakan 2 lap. 

Jatuhnya Dovizioso membuat Marc Marquez melenggang ke garis finis dan meraih juara seri Motegi sekaligus merebut gelar Juara Dunia MotoGP 2018. Oh iya, Jorge Lorenzo terpaksa absen balapan karena masih cedera. 

Marquez memang pantas merebut gelar juara dunia secara selama musim ini ia memberikan performa yang apik. Lawan terberatnya adalah Andrea Dovizioso. Saya mengharapkan duel ketat antara Marquez dan Dovizioso sampe akhir musim sih. 

Namun performa Marquez yang kinclong musim ini emang membuat gelar juara dunia sangat mungkin di raih Marquez sebelum musim berakhir. Perkiraannya kalo nggak di Motegi ya di Philip Island.

Gelar Juara Dunia MotoGP 2018 adalah gelar juara dunia kelima untuk Marquez di kelas premier dan gelar ketujuh Marc di semua kelas. Makanya saat perayaan tadi, Marc pura-puranya main games dan sampe di level 7. Marc pertama kali meraih gelar juara dunia kelas 125 cc di tahun 2010. Lalu jad juara dunia kelas Moto2 di tahun 2012. Berlanjut meraih gelar juara dunia MotoGP di tahun 2013, 2014, 2016, 2017 dan 2018.

juara dunia 7 kali (dok.motogp.com)
juara dunia 7 kali (dok.motogp.com)
Jalannya balapan

Balapan Motegi berlangsung di cuaca cerah dan melahap 24 lap. Duo Yamaha meraih hasil jelek di kualifikasi so Vinales start dari posisi 7 dan Valentino Rossi start dari posisi 9. Posisi Pole diraih Andrea Dovizioso. Zarco dan Miller melengkapi posisi 2 dan 3. Marc Marquez memulai balapan dari posisi 6.

Dovi melakukan start sempurna selepas start dan langsung memimpin balapan. Marc menyodok ke tempat ketiga. Lap kedua, Vale yang ada di posisi 6 naik ke posisi 5 setelah lewati Alex Rins. Rins melawan balik, ia lewati Vale lagi dan memaksa Vale turun ke posisi 6. Marc tak perlu waktu lama overtake Miller buat posisi dua. Lap ketiga The Doctor gantian memaksa Rins turun ke posisi 6. Nyaris berbarengan dengan Cal Crutchlow yang lewati Miller buat posisi 3.

Lap keempat, Vale mencatat fastest lap 1:46:052. Marc yang ada di posisi dua mengejar Dovizioso di posisi terdepan. Jaraknya tipis saja, sama tipisnya dengan Cal Cruthclow yang ikutan ngejar Marc Marquez. Lap kelima, Vale menempel Miller dan bersiap overtake buat posisi 4. Cal Cruthclow melihat celah buat lewati Marquez dan ia berhasil. Cal kedua sekarang. Vale juga berhasil lewati Miller buat posisi 4.

not today Dovi (dok.motogp.com)
not today Dovi (dok.motogp.com)
Lap keenam, top 4 saat ini adalah Dovi, Cal, Marc dan Vale. Namun jarak para pembalap masih rapat, apapun bisa terjadi. Lap ketujuh Dovi mencatat fastest lap 1:45:790. Cal kena dipecundangi Marquez dan terpaksa turun ke posisi 3. Jarak Dovi ke Marc menipis hingga 0. 321 detik. Aleix Espargaro out dari balapan dan balik ke garasi.

Lap kesepuluh, Vale mendapat ancaman dari duo Suzuki, Iannone dan Alex Rins. Gampang saja Vale diovertake Iannone buat posisi 4. Vale turun kelima. Lap kesebelas Jack Miller crash dan out dari balapan. Akhir yang tak menyenangkan untuk Miller. Lap keduabelas Karel Abraham ikut crash juga. Poor Karel.. ganteng tapi sering crash.

Posisi saat lap ketiga belas adalah Dovi, Marc, Cal, Ian, Rins dan Vale. Yap Yamaha Suzuki dengan mudah mempecundangi Yamaha. By the way Vinales juga nggak lebih baik dari Vale kok. Ia terseok di posisi 10 dan hanya bisa melihat duel antara Dani Pedrosa dan Alvaro Bautista di depannya.

yang penting finis (dok.motogp.com)
yang penting finis (dok.motogp.com)
Setelah secara sabar membuntuti Dovi, akhirnya Marquez berhasil lewati Dovi di lap keempatbelas. Marc memimpin balapan sekarang. Bukan Marc namanya kalo pasrah diasapi. Eh waittt... Dovi nggak semudah itu menyerah. Ia lawan Marc dan berhasil memimpin balapan lagi. Iannone ketiban apes di lap ini. Ia jatuh dan out dari balapan. Motor Ian terbanting dan untungnya Ian tak mendapat cedera berarti walau ia sempat bangun dengan tertatih-tatih.

Lap ketujuhbelas, Cal menjauh, nampaknya ia menyerah dan membiarkan Dovi dan Marquez bertarung. Dovi gaspol hingga 300 km perjam sementara Marquez gaspol di 296 km per jam. Eittt ada yang nyimpen pelurunya buat lap-lap akhir nih. Enam lap tersisa Dovi mencatat fastest lap 1:45:746. Lima lap tersisa gantian Marc catat fastest lap 1:46:646.

Empat lap tersisa pertarungan terjadi antara Dovi vs Marc berebut posisi 1 dan Cal vs Rins berebut posisi 3. Valentino Rossi hanya menonton saja di posisi 5. Dovi dan Marc wheel to wheel dan gampang saja Marc overtake Dovi buat posisi satu. Dovi nggak mau menyerah dengan mudah. Ia kejar dan tempel ketat Marc Marquez. Dalam jarak yang teramat tipis begini nggak boleh ada kesalahan yang berpotensi bikin hilang posisi.

Alex Rins podium 3 (dok.motogp.com)
Alex Rins podium 3 (dok.motogp.com)
Dua lap tersisa, di sebuah tikungan Dovi kehilangan kontrol pada ban daannnnnn nggelosor ke gravel. Penonton shock dan crew Ducati juga shock. Marquez ngacir aman di depan, sampai crew Honda memberi tanda ke Marquez untuk sedikit melambat karena ancaman telah lewat. Ya sik.. Cal en Rins nggak mungkin lewati Marc karena jaraknya jauh.

So... begitulah.. Marc Marquez disambut dengan riang gembira di garis finis. Pesta kemenangan telah disiapkan untuk si juara MotoGP 2018. Marc main games di level 7 dan mengambil helm emasnya. 

Meski anti klimaks, namun kemenangan dalam balapan  bukan hanya tergantung pada skill pembalap dan performa motor, namun juga pada keberuntungan. Selamat Marc Marquez! Berikut ini hasil selengkapnya MotoGP seri Motegi dan posisi klasemen sementara MotoGP 2018 :

hasil seri Motegi (dok.motogp.com)
hasil seri Motegi (dok.motogp.com)
klasemen sementara MotoGP 2018 (dok.motogp.com)
klasemen sementara MotoGP 2018 (dok.motogp.com)