Ya Yat
Ya Yat Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Lewat Pertarungan, Marc Marquez Juarai MotoGP Thailand

8 Oktober 2018   17:27 Diperbarui: 8 Oktober 2018   17:31 628 0 0
Lewat Pertarungan, Marc Marquez Juarai MotoGP Thailand
yang happy di podium (dok.motogp.com)

Artikel ini mestinya saya publish kemarin siang setelah MotoGP seri Thailand selesai. Namun apa daya Kompasiana lagi error dan saya baru berhasil login sekarang jadi artikel ini baru saya publish sekarang. Biar telat tetep saya publish. Itung-itung buat hiburan yekan. Lagian saya sudah menulis artikel ini dengan sepenuh jiwa raga (taelah).

Marc Marquez menorehkan namanya sebagai rider yang pertama kali menang di sirkuit Chang Buriram Thailand. Minggu 7 Oktober 2018 Thailand sukses menggelar balap MotoGP dan balapan di semua kelas (Moto3, Moto2 dan MotoGP) berlangsung seru. Andrea Dovizioso harus puas di podium dua setelah bertarung keras dengan Marquez.

Yamaha untungnya nggak dapat hasil yang jelek kayak seri kemarin. Maverick Vinales happy meraih podium 3. Sementara Valentino Rossi yang sempet memimpin balapan, kudu happy juga finish keempat. Hasil yang cukup menggembirakan yekan. Yamaha nggak dianggap pake mesin KW lagi.

Lorenzo absen balapan di seri ini setelah crash hari pada hari Sabtu. Ada masalah teknis pada motor Ducati nya hingga bannya mengunci dan motor berputar di trek. Tangki motornya sampe lepas itu. Beruntunglah Lorenzo masih selamet walau cedera.

duel keren dari duo maut (dok.motogp.com)
duel keren dari duo maut (dok.motogp.com)
Jalannya balapan

Balapan terdiri dari 26 lap. Marquez di posisi pole, The Doctor di grid kedua dan Dovizioso di grid ketiga. Ketiganya menggunakan ban hard untuk ban depan dan ban belakang. 100245 orang bersorak riuh melihat para pembalap bersiap di grid. Jumlah penonton ini sangat melampaui target yang hanya 62 ribu orang. Penuh banget makanya sirkuit Chang.

Lepas start.. Marquez melakukan start sempurna dan memimpin balapan. Valentino Rossi di posisi kedua. Top three ketika lap kedua adalah Marquez, Rossi dan Dovizioso. Crutchlow di posisi 4 bersiap lewati  Dovizioso. Vale pepet Marc namun ia belum berhasil menyalip.

Lap ketiga Dovi catat fastest lap 1:32:525. Jarak para pembalap masih rapat. Sayangnya Nakagami crash. Lap kelima dovi catat fastest lap lagi di 1:31:492. Vale nyaman dengan motornya dan melihat celah buat overtake Marc. Smooth saja Vale lwati Marc. Vale memimpin balapan sekarang.

Dovi juga sama melihat celah dan sukses ia menyalip Marquez. Marquez turun ke posisi 3. Top three saat lap ketujuh adalah Vale, Dovi dan Marquez. Marquez gaspol hingga 316 km per jam. Lap kedelapan gap Vale ke Dovi adalah 0.458 detik. Top 5 saat ini Vale, Dovi, Marquez, Crutchlow dan Vinales.. all rider masih rapet.

gagal podium bang (dok.motogp.com)
gagal podium bang (dok.motogp.com)
Lap kesepuluh Dovi tempel ketat Vale. Makin dekat dan makin dekat... bahaya. Memasuki lap kesebelas setelah tikungan pertama terlihat Vale melambat. Kondisi ini membuat dirinya sukses dilewati Dovizioso dan Marquez. Vale di posisi 3 sekarang. Tikungan 1 dan tikungan terakhir di sirkuit Chang ini emang tricky banget.

Lap ke 12 Crutchlow mengancam ambil alih posisi 3 dari Vale. Namun Crutchlow belum berhasil. Lap ketigabelas Vinales juga mengancam ambil alih posisi 4 dari Crutchlow. Jarak para pembalap yang masih rapat membuat segala kemungkinan bisa terjadi. Gap Marquez di posisi 2 ke Vale adalah 0.297 detik. Tipis kan.

Lap keenambelas Marquez tempel ketat Dovi. Marquez mulai panas karena ogah diasapi Dovi. Ia gaspol hingga mencatat fastest lap 1:31:471. Lap ketujuhbelas Vinales sukses lewati Crutchlow buat posisi 4. Belum juga sempet bernafas, Crutchlow dilewati pula oleh Pedrosa. Crutchlow keenam sekarang. Eitssss apesnya Crutchlow blom selesai. Rins memaksa Crutchlow turun lagi ke posisi 7.

Delapan lap tersisa gantian Pedrosa kena apes. Ia crash dan terpaksa out dari balapan. Malangnya Pedrosa, padahal ini balapan pertama dan terakhirnya di sirkuit Chang.  Tujuh lap tersisa Vinales dengan mudah lewati Vale buat posisi tiga. Vale turun ke posisi 4. Deg-deg an juga nih amakah M1 nya Vale mulai kumat. Tapi jarap masih rapat, masih ada kemungkinan buat menyalip lagi.

Poto kaki (dok.motogp.com)
Poto kaki (dok.motogp.com)
Enam lap tersisa Marc menyerang lagi tapi Dovi gaspol hingga 323 km per jam. Empat lap tersisa Marc berhasil lewati Dovi tapi sayang ia melebar dan Dovi tetap memimpin balapan. Tiga lap tersisa Marc coba menyerang lagi tapi Dovi melawan. Good job Dovi! Saling salip terjadi di antara Marc dan Dovi. Vinales dan Vale menonton saja.

Last lap.. now or never. Belum ketahuan siapa yang akan menang melihat pertarungan hebat di antara Dovi dan Marc. Duel ini mengingatkan penonton bahwa inilah kelas para raja dengan kemampuan balap yang luar biasa. Kemudian.. tibalah di last corner. Dovi bersiap masuk last corner di tikungan 12 yang tajem abis. Marc ambil ancang-ancang masuk juga.

Manuver cerdas dilakukan Marc di tikungan itu. Marc lewati Dovi ketika keluar tikungan dan langsung gaspol ke finis. Dovi telat buat mengejar dan finish kedua setelah Marc. Di belakang Dovi ada Vinales yang menyusul finis. Diikuti Vale yang sempet melebar di tikungan akhir itu. Tikungannya tajem emang, kalo nggak melebar bisa jatuh dah Vale. Balapan seri Thailand selesai dengan riuh penonton yang sempet jantungan.

Balapan selanjutnya adalah 21 Oktober di sirkuit Motegi Jepang. Saya sik berharap Yamaha sebaik ini di Motegi. Mengingat Yamaha cukup bersahabat dengan trek Motegi. Berikut hasil selengkapnya seri Thailand dan posisi klasemen sementara MotoGP 2018 :

hasil race MotoGP Thailand (dok.motogp.com)
hasil race MotoGP Thailand (dok.motogp.com)
klasemen sementara MotoGP (dok.motogp.com)
klasemen sementara MotoGP (dok.motogp.com)