Ya Yat
Ya Yat Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Menangi Duel dengan Dovizioso, Marquez Juara MotoGP Aragon

23 September 2018   21:50 Diperbarui: 24 September 2018   00:03 2508 9 6
Menangi Duel dengan Dovizioso, Marquez Juara MotoGP Aragon
Pemenang seri Aragon (dok.motogp.com)

Lagi-lagi Yamaha cuman bisa jadi penonton di gelaran MotoGP. Hari ini selesai dilangsungkan MotoGP seri Aragon di Spanyol, Yamaha benar-benar tak berkutik di sirkuit ini. Valentino Rossi cuma mampu finish ke-8 dan Maverick Vinales finish ke-10.

Andrea Dovizioso dan Marc Marquez memberikan tontonan balapan yang menarik dengan saling serang di trek. Marquez memenangi balapan seri Aragon sementara Andrea Dovizioso nangkring di podium 2. Andrea Iannone melengkapi podium 3.

So, podium Aragon hari ini ditempati oleh Honda, Ducati dan Suzuki.

Jalannya balapan

Balapan terdiri dari 23 lap dengan Lorenzo di posisi pole. Kualifikasi menyisakan hasil buruk pada Yamaha. Valentino Rossi start dari posisi 17, start terburuknya sejak 2006.

Adapun Vinales start dari 14, setelah kena penalti turun 3 grid gara-gara melambat di trek saat kualifikasi. Eh tadinya sih The Doctor start dari posisi 18, tapi terbantu oleh Morbidelli yang kena penalti juga.

yang happy di podium Aragon (dok.motogp.com)
yang happy di podium Aragon (dok.motogp.com)
Selepas start Lorenzo melakukan start sempurna dan bersiap ngacir di depan. Tapi Marquez merangsek ke depan.

Memasuki tikungan pertama, Lorenzo kehilangan kontrol pada ban dan nggelosor ke gravel. Disaster untuk Ducati yang mengharapkan Lorenzo dan Dovizioso berdiri di podium.

Lorenzo bahkan harus ditandu keluar gravel karena cedera. Setelah dicek medis, Lorenzo didiagnosa mengalami cedera di kaki kanan. Apes deh. Jatuhnya Lorenzo, membuat Dovizioso ngacir ke depan memimpin balapan. Ducati bertumpu pada Dovizioso sekarang.

Bautista menjadi pembalap selanjutnya yang jatuh. Bautista out. Lap ketiga Valentino Rossi naik ke posisi 11. Lumayan. Top 3 saat ini adalah Dovizioso, Marquez dan Alex Rins. Iannone lewati Rins buat posisi 3. Ia kasih kode lambaian tangan ke Rins, entah apa maksudnya.

nggak menang tapi performanya ciamik (dok,motogp.com)
nggak menang tapi performanya ciamik (dok,motogp.com)
Lap keempat Petrucci mencatat fastest lap 1:48:870. Alex Rins menempel ketat Marquez buat posisi dua. Tapi Marquez masih kuat. Lap kelima Cal Crutchlow crash saat posisi nya ada di tempat ketujuh. Crash-nya di tikungan pertama sama kayak Lorenzo. Crutchlow out dengan perasaan kesal. Vale naik lagi ke posisi 9.

Lap keenam Rins yang naik ke posisi 3 setelah overtake Iannone berusaha lewati Marquez namun belum berhasil. Top 4 saat ini adalah Dovi, Marquez, Rins dan Iannone. Di posisi 9 ada Vale yang bahkan kesulitan untuk overtake Miller di posisi 8. Poor Yamaha.

Lap kedelapan, Dovi gaspol hingga menyentuh kecepatan maksimum 333 km perjam, Marquez mengejarnya hingga mentok di 333 km perjam. Lap kesembilan, Dovi memimpin dengan selisih waktu 0.473 detik dari Marquez. Top 4 saat ini masih rapat.

The Doctor kudu ikhlas jadi penonton (dok.motogp.com)
The Doctor kudu ikhlas jadi penonton (dok.motogp.com)
Lap kesebelas Nakagami naik ke posisi 11 setelah overtake Johann Zarco. Posisi rider Yamaha tertinggi adaah Valentino Rossi di posisi 9. Sungguh balapan yang sulit untuk Yamaha. Pedih liatnya juga. Gap Dovi ke Marquez 0.754 detik, tapi blum aman buat Dovi secara Marquez suka gaspol di lap-lap akhir kan.

Benar saja.. lap keempat belas Marquez panas karena diasepin terus sama Dovi. Ia babat Dovi dan ngacir di posisi satu. Lap kelimabelas selisih Marc e Dovi adalah 0.361 detik. Dovi sama panas karena diasepin Marc. Dovi overtake Marc, Marc melawan balik, Dovi overtake lagi.. Dovi memimpin balapan di lap keenambelas.

Lap ketujuh belas Iannone berhasil lewati Alex Rins. Iannone ketiga sekarang. 6 lap tersisa Dovi gaspol lagi sampe mentok 333 km perjam. 5 lap tersisa terjadilah pertarungan kelas para raja. Marc lewati Dovi dari sebelah dalam. Dovi melawan dan overtake Marc lagi. Iannone di posisi 3 melihat celah. Berbarengan Ian dan Dovi lewati Marquez.

Marquez yang dipepet dua rider tak hilang akal. Ia lihat celah terbuka dan gaspol overtake Iannone dan mengincar Dovi di posisi 1. Manuver 3 rider ini sungguh bikin sesak nafas liatnya. What a battle. 3 lap tersisa, duel terjadi lagi pada Marc dan Dovi yang sama-sama getol pengen menang.

Lorenzo gagal finish (dok.motogp.com)
Lorenzo gagal finish (dok.motogp.com)
Marc lewati Dovi.. Dovi melawan tapi nggak berhasil. Marquez tetap memimpin balapan. 2 lap tersisa.. akhirnya Vale bisa overtake Miller buat posisi 8. Ya ampunnnnn saya sungguh bersyukur. Last lap... Marquez masih kuat dan nampak tak terkejar oleh Dovi meski jarak keduanya tidak jauh. Akhirnya.. Marquez menyentuh garis finish duluan dan memastikan mememangi seri Aragon. Dovizioso finish kedua dan Iannone finish ketiga.

Kemenangan di Aragon membuat Marquez mantap di posisi teratas klasemen sementara dengan 246 poin. Sementara Dovizioso di posisi 2 klasemen sementara dengan 174 poin. Meski finish kedelapan Valentino Rossi masih menempati posisi ketiga klasemen sementara dengan 159 poin. Tapi entah sampe kapan mengingat performa Yamaha kok makin jelek aja.

Balapan selanjutnya adalah seri Thailand tanggal 7 Oktober. Sebuah balapan yang akan menarik mengingat baru kali ini MotoGP diadain di Thailand which is para rider sama-sama baru merasakan balapan di sana. Berikut hasil selengkapnya MotoGP seri Aragon dan klasemen sementara MotoGP 2018 :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2