Ya Yat
Ya Yat Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Lorenzo dan Marquez Menggila di MotoGP Austria, Rossi Tak Berdaya

12 Agustus 2018   21:46 Diperbarui: 13 Agustus 2018   09:31 1088 9 3
Lorenzo dan Marquez Menggila di MotoGP Austria, Rossi Tak Berdaya
Jorge Lorenzo juara seri MotoGP Austria (dok.motogp.com)

Yamaha tidak bisa berbuat banyak di seri MotoGP Austria yang berlangsung hari ini. Hasil buruk didapat sepanjang sesi free practice yang berlanjut ke sesi kualifikasi yang memaksa Valentino Rossi melakukan kualifikasi dari Q1. Valentino Rossi gagal maju ke Q2 dan terpaksa start dari posisi 14.

Sirkuit Austria memang hanya untuk Honda dan Ducati yang terbukti digdaya di sini. Duel Ducati dan Honda membuat Lorenzo mengakhiri seri Austria dengan keluar sebagai pemenang dan Marc Marquez berdiri di podium dua. Andrea Dovizioso melengkapi di podium 3. Yes.. race ini hanya untuk Ducati dan Honda.

Jalannya balapan

Balapan melahap 28 lap. Dovi melakukan start sempurna dan meluncur ke depan. Sayang keribetan selepas start membuat Lorenzo ambil alih posisinya dan Dovizioso turun ketiga.

Lap kedua Marquez ganti memimpin balapan setelah lewati Lorenzo dari sebelah dalam. Top 3 saat ini adalah Lorenzo, Marquez dan Dovizioso.

Marc Marquez podium 2 aja (dok.motogp.com)
Marc Marquez podium 2 aja (dok.motogp.com)
Lap keempat Lorenzo berusaha mengejar Marquez. Jarak Marc ke Lorenzo saat ini 0.444 detik. Marquez berusaha lari dari kejaran Lorenzo. Sementara Valentino Rossi naik ke posisi 10. Ia berusaha lewati Zarco untuk posisi 9. Jarak Marc ke Lorenzo melebar jadi 0.522 detik.

Lap ketujuh Vale berhasil lewati Zarco buat posisi 9. Lanjut Vale mengincar Aleix Espargaro dan bersiap mengambil posisi 8 darinya. Vale berhasil lewati Aleix Espargaro dan naik ke posisi 8. Tapi sesaat Aleix fight back dan The Doctor turun lagi ke posisi 9.

Lap kesembilan Marc makin jauh jaraknya. Malah Lorenzo dan Dovizioso jaraknya makin deket aja. Vale berhasil naik lagi ke posisi 8.. lumayan. Tapi masih jauh ke Marquez (ya iyalah).

Ada Rabat di depan Vale. Vale berusaha menempel ketat Rabat dan bersiap mengambil posisi 7 darinya.

harus puas finish ke 6 (dok.motogp.com)
harus puas finish ke 6 (dok.motogp.com)
Lap keduabelas jarak Marquez ke Lorenzo yang ada di posisi dua terpaut 0.744 detik. Dovi di posisi 3 masih setia menguntit Lorenzo. Jarak top 3 dengan pembalap di belakangnya cukup jauh. Dovi terpaut 4 detik ke Cal Crutchlow yang ada di posisi 4.

Lap keempatbelas Vinales yang terseok di belakang akhirnya kesorot tipi juga. Vinales lewati Bradley Smith buat posisi 14. Parah banget kan Yamaha. Syahrin dan Zarco tim Yamaha Tech3 juga sama repotnya berjuang di trek Austria.

Lap keenambelas posisi top 3 masih Marquez, Lorenzo dan Dovi... belum berubah. Gap Marquez ke Lorenzo menipis jadi 0.407 detik .. lalu menipis lagi ke 0.241 detik. Lap kesembilanbelas Lorenzo melihat celah buat lewati Marquez. Lorenzo overtake Marc, Marc overtake lagi. Lorenzo tetap di posisi dua. Dovi melakukan kesalahan melebar, ini membuat jaraknya dengan Lorenzo menjauh.

ceria di podium tiga (dok.motogp.com)
ceria di podium tiga (dok.motogp.com)
9 lap tersisa Lorenzo lihat celah lagi dan kali ini berhasil lewati Marc. Lorenzo posisi satu dan Marquez posisi dua. Belum aman buat Lorenzo karena Marquez jaraknya masih dekat. 8 lap tersisa Vale yang belum menyerah, berhasil naik lagi ke posisi 7. Tambah lumayan kan.. 14 ke 7. Di depan Vale ada Alex Rins, sanggupkah Vale mengejarnya?

5 lap tersisa, duel Lorenzo dan Marquez makin panas. Dovizioso harus puas jadi penonton karena nggak mungkin lagi untuknya mengikuti pertarungan berebut posisi terdepan. 4 lap tersisa, the old man Valentino Rossi ogah diasapi Alex Rins. Ia naik ke posisi 6. Great job for Vale so far.

4 lap tersisa Lorenzo vs Marc berebut posisi 1. Di saat yang genting begini harusnya nggak ada kesalahan yang diperbuat yang menyebabkan lawan bisa ambil alih posisi. Nyatanya kesalahan kecil dari Lorenzo membuat Marc punya celah untuk menyalip dan wuzzz Marquez meluncur memimpin balapan.

3 lap tersisa Lorenzo melakukan perlawanan. Nyaris bersentuhan dengan Marc dan manuver Lorenzo bikin Marc turun ke posisi dua. Marc tak rela kalah di Austria. Manuver ekstrem ia lakukan dan nyaris bersentuhan lagi dengan Lorenzo. Lorenzo gantian turun ke posisi dua.

PR besar untuk Yamaha (dok.motogp.com)
PR besar untuk Yamaha (dok.motogp.com)
Last lap.. duel Marquez dan Lorenzo makin menggila. Seakan-akan ini balapan terakhir dan nggak ada hari esok. Aksi saling overtake terjadi sepanjang lap terakhir. Terlihat motor Marquez sampai goyang karena di gas maksimal oleh ridernya. Belum bisa diprediksi siapa yang akan menyentuh garis finis duluan karena ketatnya persaingan Lorenzo dan Marc.

Akhirnyaaaaa.. Marquez tak punya kesempatan overtake Lorenzo karena selepas tikungan terakhir Lorenzo langsung gaspolll ke garis finish. Lorenzo menang, Marquez podium dua dan Dovizioso podium tiga. Valentino Rossi harus puas finish keenam. Perjuangan banget deh buat aki-aki nih.

Overall PR besar untuk Yamaha kalo melihat digdayanya Ducati dan Honda di Austria.

Seri selanjutnya adalah seri Silverstone Inggris yang bakal digelar tanggal 26 Agustus. Kalau Yamaha nggak juga membaik, maka sampa akhir musim Yamaha hanya akan jadi penonton duelnya Honda dan Ducati. Berikut hasil selengkapnya seri Austria dan posisi klasemen sementara :

Hasil seri MotoGP Austria (dok.motogp.com)
Hasil seri MotoGP Austria (dok.motogp.com)
klasemen sementara MotoGP 2018 (dok.motogp.com)
klasemen sementara MotoGP 2018 (dok.motogp.com)