Ya Yat
Ya Yat Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Marc Marquez Menang Mudah di MotoGP Sachsenring

15 Juli 2018   22:00 Diperbarui: 16 Juli 2018   23:56 2610 9 3
Marc Marquez Menang Mudah di MotoGP Sachsenring
yang happy di podium Sachsenring (dok.motogp.com)

Marc Marquez kian memantapkan diri sebagai Sachsenking alias rajanya Sascsenring setelah kembali memenangi MotoGP seri Sachsenring Jerman hari ini. Ia menang mudah dan nggak bisa dilawan oleh para rivalnya. Total 9 kali Marquez menang di Sachsenring secara berturut-turut. Dominasi yang sulit untuk dipatahkan memang.

Valentino Rossi juga mendapat hasil bagus dengan meraih podium dua. Maverick Vinales melengkapi podium tiga. Hari ini Honda dan Yamaha berbahagia di Sachsenring, meninggalkan Ducati yang terpaksa absen di podium.

Seri Sachsenring sebenernya diawali dengan menyedihkan yaitu pengumuman pensiun dari Dani Pedrosa. Setelah mengakhiri kontrak dengan Honda akhir tahun ini, Dani Pedrosa lebih memilih untuk pensiun ketimbang menerima pinangan tim lain untuk bergabung. Meski saya sedih dengan keputusan ini namun saya yakin ini yang terbaik buat Dani Pedrosa.

si raja sachsenring (dok.motogp.com)
si raja sachsenring (dok.motogp.com)
Jalannya balapan

Balapan terdiri dari 30 lap dan Marc Marquez start dari posisi pole. Petrucci start dari posis dua dan Jorge Lorenzo start dari posisi 3. Hasil kualifikasi memaksa The Doctor kudu puas start dari posisi enam. Selepas start Vale naik ke posisi empat dan Lorenzo memimpin balapan.  

Marc yang turun ke posisi 3 ditempel oleh Vale. Jarak semua pembalap masih rapat. Lap ketiga Alex Rins jatuh dan out dari balapan. Ia menyeret Aleix Espargaro ke gravel. Insiden ini diinvestigasi Race Director tapi nggak ada keputusan apapun artinya ini hanyalah kecelakaan biasa.

Lap keempat Crutchlow mencatat fastest lap 1:22:018. Lorenzo juga catat fastest lap 1:21:975. Lap kelima Petrucci turun ketiga setelah dilewati Marc. Lap keenam Nakagami jatuh dan out dari balapan. Marc catat fastest lap 1:21:950. Tapi catatan waktu ini dibabat Petrucci dengan 1:21:849. Vale di posisi empat menempel ketat Perucci.

Di posisi terdepan Lorenzo berjarak 0.392 detik dari Marc.. cukup dekat. Lap kedelapan ganti Bautista mencatat fastest lap 1:21:836. Vale berjuang lewati Petrucci buat posisi tiga namun Petrucci cerdik menutup celah. Kesabaran Vale berbuah manis, Vale lewati Petrucci buat posisi 3 di lap kesembilan.

podium dua lumayan (dok.motogp.com)
podium dua lumayan (dok.motogp.com)
Terpaksa turun ke posisi 4 bikin Petrucci belum aman. Cal Crutchlow mengejar dan menempel ketat. Sementara di posisi terdepan, Marc yang ogah diasapi Lorenzo juga mengajak Lorenzo duel. Apes buat Cal Cruthclow, bukannya sukses overtake Petrucci, ia malah jatuh dan terpaksa out dari balapan di lap kesepuluh.

Lap kesebelas lagi-lagi Bautista catat fastest lap 1:21:794. Lorenzo masih tak bisa lepas dari incaran Marc. Top 4 saat ini adalah Lorenzo, Marquez, Rossi dan Petrucci. Lap 13 Marc makin nempel aja ke Lorenzo. Paling beberapa tikungan lagi, Marc bisa menyalip Lorenzo. Dannnn benar saja, akhir lap 13 Marc overtake Lorenzo dengan mudah.

Kelar diovertake Marc, Lorenzo menerima ancaman dari Vale. Vale mencari celah buat overtake Lorenzo. Vale yang pakai ban medium + medium terihat nyaman di atas motornya. Kayaknya bakal kena lah ini Lorenzo diovertake. Petrucci di posisi 4 yang tadinya menempel Vale, sekarang jaraknya lumayan jauh.

Lap 16 Vale overtake Lorenzo dari sebelah dalam, gampang aja dan tanpa perlawanan. Vale naik ke posisi dua sekarang. Lap 17 Marc berjarak 1.022 detik dari Vale yang ada di posisi dua. Lorenzo mencoba melawan Vale. Ia gaspol mendekati Vale. Di sebuah kesempatan Lorenzo lewati Vale tapi Vale segera overtake Lorenzo lagi. Vale masih di posisi 2 sekarang.

lagi ngobrol sama Mick Doohan (dok.HRC MotoGP)
lagi ngobrol sama Mick Doohan (dok.HRC MotoGP)
Lap 20 Vale ganti catat fastest lap 1:21:776. Para rider emang bolak balik catat fastest lap di sini. Di lap berikutnya Marc gaspol hingga mencatat fastest lap 1:21:652. Jarak ke Vale yang sempat menipis di 0.725 detik jadi melebar ke 1 detik lagi. Emang nggak usah maksain ngejar Marc sih ketimbang jatuh atau ban habis yang bikin podium melayang.  

Lap kedua belas Vinales bersaing dengan Dovi berebut posisi 6. Marc tak bosan catat fastest lap, kali ini di 1:21:643. Vinales sukses lewati Dovi buat posisi 6, sekarang mengincar Bautista di posisi 5. Petrucci juga sedang berebut posisi 3 dengan Lorenzo. Ducati vs Ducati yeuh.

Lima lap tersisa, Vinales berhasil lewati Bautista buat posisi 5. Nyaris berbarengan dengan Lorenzo yang kena overtake Petrucci. Lorenzo turun keempat sekarang. Namun Lorenzo langsung turun posisi lagi karena kena salip Vinales. Nampaknya ban Lorenzo mulai habis dannnn Lorenzo turun lagi ke posisi enam setelah diovertake Bautista. Sungguh apes.

ketemu The Doctor lagi di Brno (dok.motogp.com)
ketemu The Doctor lagi di Brno (dok.motogp.com)
Tiga lap tersisa terjadi duel antara Petrucci dan Vinales berebut posisi tiga. Sementara Marquez dan Vale sudah aman di posisi satu dan dua. Kalo nggak jatuh ya akan seperti ini posisi podiumnya. Vinales menempel ketat dannnnn di 2 lap tersisa ia sukses overtake Petrucci. Tapi eitss Petrucci belum menyerah dan mencoba melawan balik.

Sayangnya perlawanan Petrucci terlambat karena keburu last lap dan Vinales nggak sempat lagi diovertake. Akhirnya Vinales finish ketiga mengikuti Valentino Rossi dan Marc Marquez yang udah finish duluan. Dalam wawancaranya, Vale bilang ia cukup puas dapet podium dua karena ia nggak melakukan kesalahan di track. Saya setuju, Podum dua hasil yang bagus di tracknya Marquez.

MotoGP akan rehat buat summer break dan baru akan balik tanggal 5 Agustus di seri Brno. Para pembalap bisa liburan dulu ini. Ngelurusin kaki biar balapannya tambah ngacir di paruh musim kedua. Berikut ini hasil selengkapnya MotoGP Sachsenring dan posisi klasemen sementara :

hasil race sachsenring (dok.motogp.com)
hasil race sachsenring (dok.motogp.com)
klasemen sementara MotoGP 2018 (dok.motogp.com)
klasemen sementara MotoGP 2018 (dok.motogp.com)