Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Lorenzo, Marquez dan Rossi, Tiga Tim Berbeda di Podium MotoGP Catalunya

17 Juni 2018   21:36 Diperbarui: 18 Juni 2018   17:53 3199 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lorenzo, Marquez dan Rossi, Tiga Tim Berbeda di Podium MotoGP Catalunya
Tiga pabrikan di podium catalunya (dok.motogp.com)

Lorenzo kembali memenangi MotoGP. Kali ini ia menang di MotoGP seri Catalunya yang berlangsung hari ini di Sirkuit Catalunya Spanyol. Marc Marquez yang sempat menjalani kualifikasi di Q1 meraih podium dua dan Valentino Rossi yang start dari posisi 7 melengkapi podium Catalunya dengan berdiri di podium tiga.

Secara keseluruhan MotoGP seri Catalunya jauh dari seru. Nggak ada overtake ekstrem terjadi di top 3. Cuaca cerah tapi banyak pembalap yang jatuh dan gagal finish. Yang paling parah menimpa Tito Rabat karena motornya terbakar di lintasan. Untung nggak meledak.

Dari 26 pembalap yang balapan, hanya 13 pembalap yang sukses finish. Namun para pembalap yang jatuh ini nggak mendapat cedera berarti. Sebelum balapan ada 1 minute silence untuk menghormati rider belia Andreas Perez yang meninggal dunia karena kecelakaan saat balapan di CEV Moto3 Junior World Championship yang berlangsung di sirkuit Catalunya 10 Juni 2018.

Jalannya balapan

Balapan melahap 24 lap dengan Jorge Lorenzo di posisi pole. Marquez yang memulai balapan dari posisi 2 langsung ngacir di depan. Iannone coba lewati Marquez sayang ia melebar ke gravel dan balik lagi ke barisan tengah. Lorenzo merangsek ke depan berusaha dekat Marc. Ia berhasil lewati Marc di lap kedua. Lorenzo memimpin balapan sekarang.

kalo udah jadi team mate masih akrab begini gak? (dok.motogp.com)
kalo udah jadi team mate masih akrab begini gak? (dok.motogp.com)
Valentino Rossi sukses naik posisi. Lap kedua ia ada di posisi 4. Empat rider teratas saat ini adalah Lorenzo, Marquez, Dovizioso dan The Doctor. Lap ketiga Dovi berusaha lewati Marc buat posisi dua. Ia kejar Marc hingga mencatat fastest lap 1:40:209. Sayang ia belum berhasil.

Lap keempat Thomas Luthi crash dan out dari balapan. Lorenzo ngacir di posisi terdepan mencatat fastest lap sekaligus new record 1:40:142. Vale kesulitan mengejar Dovi yang ada di posisi 3. Jaraknya kian jauh aja. Lap keenam Aleix Espargaro menjadi pembalap berikutnya yang jatuh. Apes mulu ini Aleix.

Lorenzo masih rapat dengan Marc, gapnya hanya 0,3 detik. Lap ketujuh Vinales kesulitan di posisi sembilan. Marc yang ogah diasapi Lorenzo makin menempel ketat namun ia belum berhasil menyalip Lorenzo. Marc dan Lorenzo akan jad team mate di musim 2019. Jarak keduanya 0,267 detik.

Lap kesembilan nasib buruk menimpa Dovizioso. Ia jatuh karena kecelakaan tunggal di tikungan 5. Akibat jatuhnya Dovi, Vale naik ke posisi 3. Lumayan. Lap kesepuluh Lorenzo yang nyaman dengan motornya ngacir mencatat fastest lap 1:40:021. Jaraknya dengan Marc rada jauh dikit.

the hammer is back (dok.motogp.com)
the hammer is back (dok.motogp.com)
Valentino Rossi di posisi tiga juga jaraknya jauh dengan Marc, nggak mungkin deh ngejar. Jadi babang The Doctor santai aja di posisi 3. Vale lonely at third place kata komentator. Biarin aja... Vale nggak usah ditemenin.. nggak usah, hehe. Di posisi 4 yang jaraknya jauh juga ada Dani Pedrosa yang berjuang melawan serbuan Cal Crutchlow.

Lap kesebelas posisi rapat antara Dani Pedrosa di urutan 4, Cal Crutchlow di urutan 5 dan Petrucci di urutan 6. Lap kedua belas Marc nampaknya mulai lelah mengejar Lorenzo. Ia pasrah di posisi dua dan membiarkan Lorenzo makin jauh di depan. Iya Marc.. ama calon team mate nggak boleh ngelawan :D.

Lap kedua belas, Alex Rins mengalami trouble do motornya dan balik ke garasi. Pedrosa yang lepas dari bayang-bayang Cal bernafas lega di posisi 4. Gantian Cal yang kudu terima ancaman dari Petrucci.

Lap 15 terjadi insiden antara Nakagami dan Bradley Smith. Nakagami jatuh dan motor Smith menabrak motor Nakagami yang terkapar di trek. Kedua rider terseret ke gravel namun tak mengalami cedera.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x