Ya Yat
Ya Yat Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Valentino Rossi Raih Podium Tiga di MotoGP Seri Le Mans Perancis

20 Mei 2018   21:45 Diperbarui: 20 Mei 2018   22:36 974 3 1
Valentino Rossi Raih Podium Tiga di MotoGP Seri Le Mans Perancis
Vale nyariin siapa? (dok.motogp.com)

Akhirnya Valentino Rossi naik podium di sirkuit Le Mans Perancis yang berlangsung hari ini. Drama terjadi sejak gelaran kelas Moto3, banyak pembalap berjatuhan.. tak terkecuali di kelas MotoGP. Tapi balapan berakhir sukses untuk Marc Marquez yang memenangi MotoGP seri Perancis, Danillo Petrucci yang meraih podium dua dan Valentino Rossi yang meraih podium tiga.

Jagoan Perancis, Johann Zarco termasuk pembalap yang kena apes. Memulai balapan dari posisi pole, Zarco terpaksa gagal membanggakan Perancis karena gagal finish. Padahal sebelum jatuh ia punya performa apik melawan Lorenzo dan Marc Marquez. Zarco belum beruntung.

Jalannya balapan

Balapan terdiri dari 27 lap. Karena hasil kualifikasinya nggak bagus-bagus amat jadi duo Yamaha start dari tengah. Maverick Vinales start dari posisi 8 dan The Doctor start dari posisi 9. Start baru aja dimulai, namun Iannone sudah terjungkal mencium gravel gara-gara kehilangan kontrol pada motornya. Iannone out.

Juara lagi (dok.motogp.com)
Juara lagi (dok.motogp.com)
Lorenzo yang melakukan start sempurna maju memimpin balapan. Zarco turun ke posisi kedua. Lap kedua Bautista Tito Rabat menyusul crash juga. Dovizioso coming from nowhere. Tau tau pembalap yang baru memperpanjang kontrak 2 tahun lagi dengan Ducati ini udah di posisi 3 aja dan membabat Zarco buat posisi dua. Lap keempat posisi top three adalah Lorenzo, Dovizioso dan Zarco.

Lap kelima Dovi berusaha overtake Lorenzo. Sempat memimpin balapan namun di tikungan Dovi kehilangan kontrol pada ban depan dan nggelosorrrr ke pinggir trek. Dovi nggak percaya dengan apa yang terjadi, saya yakin penonton balapan sama nggak percaya juga. Namun Le Mans selesai untuk Dovi. Dia balik ke garasi dengan rasa kecewa. Out nya Dovi membuat posisi top 3 menjadi Lorenzo, Zarco dan Marquez.

Lap ketujuh Marquez lewati Zarco buat posisi dua. Zarco belum menyerah balik ke posisi dua lagi setelah mengalahkan Marc. Lap kedelapan... di tikungan 8 Zarco ganti kena apes. Kehilangan kontrol pada ban membuat ia nggelosor ke pinggir trek sama seperti Dovizioso. Publik Perancis shock jagoan mereka gagal finish. Good bye Le Mans.

No today Zarco (dok.motogp.com)
No today Zarco (dok.motogp.com)
Marc mendapat kesempatan melawan Lorenzo. Ia kejar Lorenzo dan menantang duel. Lap kesebelas Marc overtake Lorenzo dari tikungan dalam, kena kontak dikitttt tapi untungnya keduanya tidak crash. Marquez sukses memimpin balapan. Kelar diovertake Marquez, nasib buruk Lorenzo berlanjut setelah diovertake Petrucci buat posisi dua. Sementara itu Scott Redding menjadi pembalap selanjutnya yang jatuh.

Lap kedua belas Valentino Rossi gerah diasapi terus. Ia melihat Lorenzo makin lambat aja. Lap ketiga belas Vale overtake Lorenzo tanpa perlawanan. Vale naik ke posisi tiga. Lorenzo masih belum aman karena miller mengejar di belakangnya. Lap keempatbelas Miller sukses pecundangi Lorenzo buat posisi 4. Vale mencatat fastest lap 1:32:426. Lap keenambelas Marquez makin membuat jarak aman.

Danillo Petrucci sedang happy (dok.motogp.com)
Danillo Petrucci sedang happy (dok.motogp.com)
Ban Lorenzo nampaknya mulai bermasalah hingga ia bisa didekati oleh Dani Pedrosa. Pedrosa mengancam buat mengambil alih posisi 5 dari tangan Jorge. Lap kesembilan belas ada duel Lorenzo versus Pedrosa berebut posisi lima dan Morbidelli versus Syahrin berebut posisi 12. Syahrin memenangi pertarungan ini. Lap keduapuluh satu kena deh Lorenzo diovertake Pedrosa. Lorenzo turun ke posisi 6.

Posisi top 4 masih belum berubah... Marquez memimpin balapan, Petrucci posisi kedua dan Vale posisi ketiga plus Miller di posisi 4. Jaraknya cukup jauh dan balapan udah jelang akhir ye makanya kudu mikir soal kondisi ban juga. Posisi ini bertahan hingga finis dan Marquez happy menjuarai seri Le Mans, Petrucci senang podium dua dan Vale juga gembira dapet podium 3. Kecuali yang nggak finish pasti nggak happy. Berikut ini hasil selengkapnya MotoGP seri Le Mans dan posisi klasemen sementara MotoGP 2018 :

hasil race Le Mans (dok.motogp.com)
hasil race Le Mans (dok.motogp.com)
posisi klasemen sementara (dok.motogp.com)
posisi klasemen sementara (dok.motogp.com)