Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Penulis - Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Kepala Empat? So What? Emak ini Beda Karena Kayu Putih Aroma

21 November 2017   16:28 Diperbarui: 21 November 2017   16:46 452
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ngeri ngeri sedap waktu rafting (dok.yayat)

Sebelum Anda membaca tulisan saya, saya ingatkan bahwa tulisan ini akan penuh dengan kenarsisan. Mumpung narsis itu gratis jadi biarkan saya narsis. Lagian emak-emak jaman now wajib pede dan narsis. Eeehhh sebenernya saya rada gimana gitu sih kalo nyebut "jaman now", kok menghancurkan tata bahasa sekali (ciyeh). Buat saya, narsis pada tempatnya itu tidak memalukan, terutama mengingat umur yang tidak muda lagi. Kapan lagi narsis... keburu telat.

Bicara soal umur, jika Anda sudah memasuki kepala 4, pasti banyak pertimbangan yang harus dipikirkan sebelum melakukan sesuatu. Misalnya pertimbangan soal fisik. Sebisa mungkin orang-orang yang sudah lewat dari usia 40 tahun akan menghindari aktifitas fisik yang berat. Lalu pertimbangan lainnya adalah, jika melakukan sesuatu, berpikir dampaknya pada keluarga, terlebih anak. Malu gitu sama anak yang udah abegeh kalo masih macem-macem.

lagi nungguin babang Vale (dok.yayat)
lagi nungguin babang Vale (dok.yayat)
Apa iya aktifitas jadi terbatas jika usia menginjak 40 tahun? Tentu tidak, asal kita bisa memilih aktifitas yang aman buat diri sendiri dan nggak bikin malu keluarga terutama anak yang udah remaja. Masing-masing orang pasti taulah batas kemampuan diri secara fisik. Saya tau kemampuan fisik saya yang udah nggak muda lagi. Makanya saya menghindari balapan di trek, itu jadi jatahnya babang Valentino Rossi aja.

Orang bilang life begin at forty, namun buat saya forty itu kesempatan buat memulai sesuatu yang berbeda, yang dulu mungkin tak pernah terpikir oleh saya sebelumnya. Mumpung saya masih kuat, mumpung ada kesempatan, mumpung belum dipanggil Tuhan, mumpung keluarga nggak keberatan dengan aktifitas saya. So.. why not?

rahasia emak emak 46 taun (dok.yayat)
rahasia emak emak 46 taun (dok.yayat)
Kadang teman-teman ada yang berkomentar begini...  gila ya elo emak-emak, masih aja nonton balapan, di Malaysia pula. Atau nanya... lo nggak pengen duduk diem di rumah aja mak? Duduk di kursi goyang sambil nyulam. Pertanyaan ini tentu saya jawab dengan tegas.. tidak! Karena saya nggak punya kursi goyang dan nggak bisa nyulam.

Bukan aneh juga komentar teman-teman itu ditujukan pada saya. Kalo inget umur saya yang udah kepala empat, emang mestinya saya mengerem semua aktifitas saya dan bukan malah pecicilan di sirkuit Sepang. Atau bukan blusukan ke hutan sama temen-temen kompasianer dan uji nyali rafting di sungai Cisadane. Atau angkat koper ke Makassar, Bali dan Semarang. Mending saya leyeh-leyeh aja sambil ngopi... yekan... tapi kan GueBeda. 

biar nggak eneg (dok.yayat)
biar nggak eneg (dok.yayat)
Namun kesempatan tidak datang dua kali. Kesempatan buat rafting belum tentu datang lagi tahun depan (apalagi gratis). Kesempatan buat blusukan ke hutan belum tentu saya iyakan lagi, mengingat capeknya bukan kepalang. Walau saya bersyukur kesempatan buat nonton di Sepang datang berkali-kali. Etapi karena saya maksa berangkat juga sih hahahha (salahkan Valentino Rossi).

Usia yang tak lagi muda sebenernya berefek pada diri kita secara fisik dan mental. Saya mah berasa banget kalo sekarang suka lupaan. Kadang saya sarapan, tapi pas siang saya lupa udah makan malam apa belom (hlaaaaa). Atau saya suka lupa naik commuter line padahal saya rencananya naik trans Jakarta (paraahhh). Lalu yang sekarang lagi bikin saya bingung, saya lupa naruh KTP saya di mana, padahal lama tuh buat dapetin KTP... 10 bulan pemirsa. Tolong ya cek kantong Anda, mungkin KTP saya nyasar ke situ.

rroooaaarrrrrr (dok.yayat)
rroooaaarrrrrr (dok.yayat)
Saya lagi gencar menulis, karena menulis buat saya adalah sarana agar otak saya tetep bekerja dan nggak mandek. Misal saya gencar beraktifitas tapi otak lola ya percuma dong. Maka salah satu cara saya untuk tetep berpikir adalah dengan menulis. Alhamdulillah, saat ini menulis udah jadi pekerjaan utama saya. Lumayan lah.. saya bisa bolak balik nonton babang Valentino Rossi di Sepang gara-gara menulis.

Selain menulis saya juga lagi senang mewarnai. Macem anak balita aja ya suka mewarnai. Mewarnai itu sebenernya bentuk terapi lho. Terapi biar tenang, biar tangan lemes jadi lancar ketak ketik di keyboard laptop. Lalu bentuk terapi buat mata. Mata saya kadang suka berbayang kalo liat huruf-huruf di jarak dekat. Huruf-huruf terlihat dobel gitu... jadi huruf "a" saya liatnya "aa".

rame rame hepi di makassar (dok.yayat)
rame rame hepi di makassar (dok.yayat)
Kata dokter mata, itu wajar buat orang yang sudah memasuki usia 40. Faktor umur jadinya. Mestinya saya pakai lensa progresif, tapi karena saya belum kesulitan melihat nominal uang jadi saya merasa belum perlu menggunakan kacamata (emak matre banget). Saya bisa menahan agar mata saya nggak bertambah parah dengan cara banyak makan sayur dan banyak lihat bermacam warna. Lebih bagus lagi kalo lihat banyak warna uang hahahhaha.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun