Ya Yat
Ya Yat Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

Pedrosa Menang MotoGP Valencia, Marquez Juara Dunia

12 November 2017   23:26 Diperbarui: 13 November 2017   02:45 2149 3 2
Pedrosa Menang MotoGP Valencia, Marquez Juara Dunia
Marc Marquez juara dunia MotoGP 2017 (dok.twitter official MotoGP)

Akhirnya Marc Marquez jadi juara dunia MotoGP 2017 setelah mengalahkan Andrea Dovizioso di balapan MotoGP seri Valencia hari ini, 12 November 2017. Total Marquez 4 kali menjadi juara dunia MotoGP dan ia merupakan rider termuda yang meraih gelar juara dunia selama 4 kali. Tahun ini Marquez emang lebih kuat sih, good skill and good luck. Kagak bisa ngomong lagi buat Marquez udah.

Andrea Dovizioso merupakan lawan terkuat Marquez. Di seri terakhir ini Dovizioso harusnya head to head lawan Marquez dengan pertarungan ketat... harusnya... paling tidak, itu yang diharapkan orang-orang. Nyatanya Dovizioso kudu mengalah karena masalah teknis dan kesalahan sendiri, nasib jelek.

Untuk Valentino Rossi, ia finish kelima hari ini. Yamaha tahun ini lebih jelek dari tahun kemarin. Akibatnya Vale melempem, Vinales juga. Ada apa dengan Yamaha? I don't know. Berharap masalah Yamaha tak muncul di 2018. Juara seri Valencia tadi adalah Dani Pedrosa. Honda hepi hari ini karena Marquez juara dunia MotoGP dan Dani Pedrosa juara seri Valencia.

back nect year dovi (dok.motogp.com)
back nect year dovi (dok.motogp.com)

Jalannya Balapan

Balapan terdiri dari 30 lap. Valentino Rossi start dari posisi tujuh. Saat lampu merah padam, Marc langsung memimpin balapan. Lap kedua Bautista crash dan out. Zarco memepet Pedrosa dan berhasil lewati Pedrosa buat posisi dua di lap 4. Lap kelima Aleix Espargaro crash, apes buat Aleix, padahal dia start dari pitlane gara-gara pake mesin ekstra. Dovi mencatat fastest lap 1:31:576.

Lap keenam Vale turun kedelapan dan Vinales ketujuh. Lap ketujuh Dovi di posisi 5, mendekati Lorenzo di posisi 4. Lap kedelapan Vale naik ketujuh setelah lewati Vinales. Jarak rider di top 5 masih tipis saja.Vale mnengincar Ian buat posisi 6. Marquez push motornya hingga mencatat 200 km per jaam ketika melewati tikungan. Balapan mulai berjalan membosankan.

19 lap tersisa Vale naik ke posisi 6 setelah lewati Iannone. Lorenzo menerima pesan komunikasi dari teamnya, katanya "suggested mapping 8". Artinya? Team order kawan! Dovizioso yang sedang bertarung melawan Marquez membuat tim Ducati meminta Lorenzo membuka jalan untuk Dovi. Lorenzo memang sedang berada di depan Dovi

Podium MotoGP Valencia (dok.twitter official MotoGP)
Podium MotoGP Valencia (dok.twitter official MotoGP)
16 lap tersisa, balapan masih berjalan membosankan karena tak ada drama. Zarco masih kuat memimpin balapan diikuti Marquez di nomor dua. 15 lap tersisa jarak Marquez di nomor dua dan Pedrosa di nomor 3 adalah 0.571 detik. Di 10 lap tersisa message untuk Lorenzo lagi.. suggested mapping 8! Dan... Lorenzo masih cuek. Tim Ducati kesel kali yeeee pesennya dicuekin, maka tim Lorenzo dengan jelas membuat kode di pitboard Lorenzo agar ia turun satu posisi dan membiarkan Dovizioso lewat.

Jarang terjadi team order di MotoGP dan kali ini team order jelas terpampang nyata melalui Ducati. Apakah team order dibolehkan? Yaaa selama ridernya nggak keberatan ya boleh aja. Tapi dalam hal ini Lorenzo tidak menuruti permintaan Ducati. Sementara itu Zarco masih memimpin balapan dan Marquez menguntit di belakangnya.

lima aja buat the old man (dok.motogp.com)
lima aja buat the old man (dok.motogp.com)
8 lap tersisa smooth overtaking dari Marc membuat ia ganti memimpin balapan dan meninggalkan Zarco di posisi dua. Tapi, Marquez  hilang kontrol dan hampir terjungkal dari motornya di 7 lap tersisa. Upaya Marquez bertahan di atas motor membuat motornya lurus menuju gravel. Nggak jatoh sih,  cuman akibatnya Marquez kudu turun ke posisi lima. Marquez beberapa kali sering nyaris terjungkal kayak gini tapi dia bisa mengendalikan motornya lagi. 

6 lap tersisa apes ganti mnghinggapi Lorenzo. Ia nyasar ke gravel juga dan crash. Valencia selesai buat Lorenzo. Karma karena team order? Mimpi buruk masih menghinggapi Ducati karena Dovizioso nyasar ke gravel juga dohhhh. Lima lap tersisa dan Valencia juga selesai untuk Dovi. Good bye juara dunia MotoGP 2017. Marquez melenggang dengan mahkota juaranya... eitssss tapi kali dia nggak jatoh jelang finish. Hikmah jatuhnya tim Ducati adalah Vale naik ke posisi 5.

Dovizioso balik ke pit dan disambut hangat oleh timnya. Mereka bertepuk tangan dan memeluk Dovi. Saya jadi inget kejadian Valencia 2015 saat Vale balik ke pit dan seluruh tim serta penghuni paddock tim lan bertepuk tangan dan menyambutnya. Sama seperti Vale, Dovi pantas mendapatkan itu karena ia telah bekerja keras sepanjang tahun ini. Ia kalah karena hal-hal di luar wewenangnya.

juara dunia 6 kali di semua kelas (dok.twitter official motogp)
juara dunia 6 kali di semua kelas (dok.twitter official motogp)
Sekarang Zarco head to head dengan Pedrosa. Dua lap tersisa dan Pedrosa menempel ketal Zarco. Last lap... Pedrosa yang motornya lebih kuat, lewati Zarco dengan mudah. Masih ada 2 tikungan untuk Zarco mengubah posisi tapi ia kudu menyerah dengan kekuatan Pedrosa. Pedrosa melenggang menuju garis finis. Zarco finish kedua, Marquez ketiga, Alex Rins keempat dan Valentino Rossi finish kelima. Vale juga duduk di posisi lima klasemen akhir.

Apa saya puas dengan hasil ini? Ya tentu nggak.. tapi mayan lah ya Vale masih finish kelima... daripada nggak finish yakan?. Marquez dan timnya berpesta, biar saja. Itu buah dari yang mereka tanam. Congratulations Marquez. 

Berakhirnya Valencia, berakhir juga musim MotoGP 2017. Balapan akan rehat panjang dan rider akan liburan. Gimana prediksi MotoGP 2018? No komen dulu lah.. saya juga pengen piknik.. masa rider doang yang piknik. Berikut ini hasil selengkapnya MotoGP Valencia dan posisi klasemen akhir :

hasil MotoGP Valencia (dok.motogp.com)
hasil MotoGP Valencia (dok.motogp.com)

Klasemen akhir motogp 2017 (dok.motogp.com)
Klasemen akhir motogp 2017 (dok.motogp.com)