Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

Dovizioso Juara di MotoGP Motegi Jepang, Rossi Gagal Finish

15 Oktober 2017   15:15 Diperbarui: 15 Oktober 2017   21:50 0 3 4 Mohon Tunggu...
Dovizioso Juara di MotoGP Motegi Jepang, Rossi Gagal Finish
Podium Motegi (dok.motogp.com)

Balapan bukan hanya soal skill dan performa motor tapi juga ada faktor keberuntungan. Faktor lainnya adalah soal strategi, kondisi trek dan lain-lain. Itulah yang dialami Valentino Rossi hari ini di sirkuit twin ring Motegi, Jepang. Seri MotoGP Motegi Jepang yang harusnya berbuah manis malah harus diakhiri The Doctor tanpa poin karena Vale jatuh dan out dari balapan. Apes pes..

Apesnya Vale sebenernya diawali dari sesi kualifikasi. Kondisi Motegi yang hujan seharian membuat trek basah. Rintik hujan bahkan masih turun saat sesi kualifikasi diadakan. Trek masih basah dan lembab tapi Vale malah turun menggunakan ban slick alias ban yang biasa digunakan di trek kering. Vale mau ambil data kali ya.. tapi kenapa dilakukan di sesi kualifikasi yang waktunya cuman 15 menit. Akhirnya Vale kehilangan banyak waktu, iya sih Vale ganti ke ban basah akhirnya, namun terlambat karena sesi kualifikasi hampir berakhir. Vale cuma mampu start dari posisi 12.

Namun di balik nasib jelek yang dialami Vale, ada momen manis yang dialami Andrea Dovizioso. Bertarung ketat dengan Marc Marquez di lap-lap akhir, berjibaku dari serbuan Marquez di last corner, akhirnya Dovi menjuarai seri Motegi. Pertarungan Dovi dan Marquez cukup bikin kepala pusing, bibir pecah-pecah dan perut keroncongan. Tapi keren.. sungguh keren.

Dovi yang cool (dok.motogp.com)
Dovi yang cool (dok.motogp.com)
Jalannya balapan
Balapan terdiri dari 24 lap dan wet race. Johann Zarco memulai balapan dari pole, Petrucci posisi kedua dan Marquez posisi ketiga. Saat lampu padam, Marquez melakukan start sempurna dan melesat ke depan, di belakangnya ada Jorge Lorenzo. Nggak menunggu lama, Lorenzo melihat celah untuk menyalip dan ia lewati Marquez buat posisi satu. Marquez turun kedua namun di posisi 3 ada Petrucci yang merangsek maju. Lap kedua Petrucci makin dekati Marquez dannnn ia berhasil naik ke posisi dua.

Petrucci push motornya mendekati Lorenzo sementara Dovizioso ambil ancang-ancang buat lewati Marquez. Petrucci berhasil lewati Lorenzo, Petrucci memimpin balapan sekarang. Lap ketiga Perucci mencatat fastest lap 1:58:943. Dovi mulai menggempur Marquez tapi Marquez bertahan. Petrucci ngacir di posisi terdepan berjarak 1,379 detik dari lorenzo. Vale yang menggunakan ban medium dan soft naik juga ke posisi 9.

Lap keempat Marquez yang menguntit Lorenzo berhasil ambil alih posisi, Marquez naik kedua dan Lorenzo turun ketiga. Nggak tau apa yang terjadi dengan Lorenzo, ia malah turun terus. Ia dengan gampang dibalap Dovi, Zarco dan Iannone, hingga di lap kelima Lorenzo ada di posisi 6. Tapi belum berhenti.. Lorenzo makin turun setelah dibalap Alex Rins, Aleix Espargaro dan Vale. Lorenzo di posisi 9 saat lap 6. Kayaknya error tuh motornya Lorenzo.

Marc yang tangguh (dok.motogp.com)
Marc yang tangguh (dok.motogp.com)
Di lap 6 pula Vale bernasib apes. Ia kehilangan grip dan ndlosor ke gravel. Shock juga liat Vale jatuh karena kakinya kan masih cedera. Di sesi FP4 juga ia jatuh. Namun Vale tak kena cedera tambahan, ia berdiri dan melangkah keluar gravel. Motegi selesai untuk Vale. Petrucci lagi-lagi mencatat fastest lap 1:57:827. Ia berjarak 1,415 detik dari Marquez di posisi dua.

Lap kedelapan Marquez mencatat fastest lap 1:57:277. Ia memangkas jarak dengan Petrucci hingga 0.730 detik. Lap kesepuluh Petrucci under pressure diburu Marquez. Jaraknya terpangkas lagi hingga 0,608 detik. Dovizioso yang ogah diasapi Marquez ngebut mencatat fastest lap 1:57:239. Di lap sebelas Alex Rins mencoba overtake Zarco buat posisi 4.

Lap 12 fastest lap lagi untuk Marquez di 1:57:108. Makin nempel aja Marquez ke Petrucci, jaraknya cuman 0,192 detik.. tipissss. Lap ketigabelas terjadilah.. Marquez overtake Petrucci buat posisi satu. Petrucci nggak bisa lama menikmati posis dua karena ia kudu turun posisi ketiga setelah di overtake Dovizioso. Wah bakal seru ini... saya bersyukur nggak matiin tipi setelah Vale jatuh tadi.

Lap kelimabelas Marquez berjarak 0,632 detik dari Dovisioso. Fastest lap 1:56:713 untuk Marquez. Sembilan lap tersisa jarak Marquez ke Dovi 0,359 detik dan main tipis. Dovi berusaha mencari celah menyalip tapi Marquez cerdas menutup racing line. Crutchlow crash lagi... di lap awal dia sempet crash tapi masih join balapan. Delapan lap tersisa top three adalah Marquez, Dovi dan Petrucci... berjarak 8 detik dengan Zarco di posisi 4.

not today vale (dok.motogp.com)
not today vale (dok.motogp.com)
Enam lap tersisa Dovi makin menemukan ritme motornya dan mencatat fastest lap 1:56:568. Di tikungan 5 ia melihat celah dannnnn overtake Marquez. Dovi memimpin balapan sekarang. Sementara Pol Espragaro overtake Pedrosa untuk posisi 11. Ya ampun saya sampe lupa ada Pedrosa yeuh. Lima lap tersisa Dovi meninggalkan Marquez hingga berjarak 0,781 detik dan Zarco turun ke posisi 6 setelah dilewati Iannone dan Alex Rins.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2