Ya Yat
Ya Yat Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

Marquez Juara MotoGP Aragon, Rossi "Comeback" dan Finis Kelima

24 September 2017   22:00 Diperbarui: 25 September 2017   08:34 4452 7 4
Marquez Juara MotoGP Aragon, Rossi "Comeback" dan Finis Kelima
Si juara Aragon (dok.motogp.com)

Marc Marquez benar-benar raja Aragon. Ia jadi juara lagi di seri MotoGP Aragon yang berlangsung hari ini di Spanyol. Walaupun dominasi pole position yang ia raih sejak 2013 sampai 2016 dipatahkan oleh Lorenzo, namun posisi juara teuteup ia raih. Hari ini podium Aragon diisi oleh pembalap Spanyol semua. Dominasi Spanyol terasa banget di Aragon.

Namun jempol terbanyak diberikan buat Valentino Rossi pasti. Why? As we know The Doctor mengalami kecelakaan yang membuat ia cedera patah kaki dan kudu absen di Misano. Diprediksi Vale akan absen balapan selama 40 hari tapiiiii di seri Aragon dia nongol masaaaa. Hanya 22 hari Vale rehat dan comeback di Aragon. Padahal Yamaha sudah mengumumkan pengganti Vale di Aragon yaitu Michael Van Der Mark.

Namun Vale nggak rela yeuh motornya ditunggangi pebalap lain.. apalagi pebalap ini lebih ganteng dari dirinya (eeehhhh). So pada saat FP1 dokter mengecek kondisi Vale daannnn Vale declared to fit. The Doctor boleh balapan karena kondisinya fit. Emang seberapa parah sih cedera Vale? Kan Vale pernah mengalami cedera sama di tahun 2010.

Kata Vale seperti dilansir crashnet, perbedaan cedera yang sekarang dengan tahun 2010 adalah tahun 2010 ia baru bisa ke toilet sendiri setelah 5 hari operasi, sekarang ia bisa ke toilet sendiri sejak 1 hari setelah operasi. Dasar aki-aki koplak. Sempat di posisi kedua namun Vale akhirnya finish kelima... sebuah hasil yang nggak jelek buat orang tua yang cedera kaki.

the old man finish kelima (dok.motogp.com)
the old man finish kelima (dok.motogp.com)

Jalannya balapan

Balapan terdiri dari 23 lap. Valentino Rossi start dari posisi 3 dan pole position ditempati Jorge Lorenzo. Patah kaki aja bisa start dari posisi 3 tuh aki aki hueheheheh. Saat lampu merah padam Lorenzo melakukan start sempurna dan ngacir ke depan. Vale sempat di posisi 3 namun dia naik ke posisi dua. Selisih waktu Lorenzo dan Vale adalah 0,766 detik. Lap ketiga gap ini terpangkas lagi menjadi 0.420 detik.

Lap keempat Vale makin mendekati Lorenzo. Sementara Marquez di posisi 4 bertarung dengan Dovizioso di posisi 3. Vale masih on fire mendekati sang mantan team mate. Top 4 saat ini adalah Lorenzo, Vale, Dovi dan Marquez. Jarak keempat pembalap ini tipis saja.

Lap keenam Karel Abraham crash dan out dari balapan. Lap berikutnya Marquez lewati Dovizioso buat posisi 3. Sementara Vinales under pressure ditekan Pedrosa buat posisi 5. Lap kedelapan Dovizioso di posisi 4 ganti memberi tekanan pada Marquez. Lap kesepuluh terjadi drama. Marquez lewati Vale dan Lorenzo sekaligus. Hanya sepersekian detik ia memimpin balapan ketika kemudian ia melakukan kesalahan melebar ke sisi trek. Marquez balik ke posisi 4 lagi fiuhhhh.

Tahu dikejar Marquez dan Vale, Lorenzo menekan gas hingga mencapai top speed 338 kilometer per jam. Lap kesebelas Marquez tak mau berlama-lama diasapi Dovizioso, ia menekan gas dan lewati Dovi buat posisi 3. Vale masih berusaha mengejar sang mantan namun belum berhasil. Mantan memang susah dikejar (eh).

Lap dua belas Vinales masih bertarung dengan Pedrosa berebut posisi 5. Marquez melihat celah menyalip Vale... dengan manuver beresiko tinggia ia side by side dengan The Doctor daannnnn sukses mengambil alih posisi dua darinya. Vale turun ketiga sekarang. Sementara Dani Pedrosa juga berhasil lewati Vinales buat posisi 5.

podium 3 .. lumayannnn (dok.motogp.com)
podium 3 .. lumayannnn (dok.motogp.com)

Kelar diperdaya Marquez, Vale harus menerima ancaman dari Dovizioso dan Marquez ngacir mengejar Lorenzo yang belum tergoyahkan dari posisi terdepan. Di lap 14 selisih waktu Loranzo dan Marquez menipis hingga 0.503 detik. Di belakang Marquez terjadi keriuhan antara Vale, Dovi dan Pedrosa di posisi 3, 4 dan 5. Jarak ketiganya tipis saja.

Delapan lap tersisa Pedrosa overtake Dovizioso buat posisi 4. Berbahaya buat Vale karena Pedrosa terlihat kuat. Di posisi 1 dan 2 Lorenzo bertarung dengan Marquez. Marquez menempel ketat Lorenzo dan Lorenzo dalam tekanan. Mana mau Marquez kalah di rumah sendiri. Marquez yang hobi balapan penuh resiko memepet Lorenzo dan side by side.

7 Lap tersisa tragedi itu terjadilah. Marquez overtake Lorenzo buat posisi 1 dan Pedrosa overtake Vale buat posisi 3. Duo Honda ini kompak bener yak. Cal Crutchlow ketiban apes dan jatuh.. Aragon selesai buat Cal. Nasib apes juga dialami Vale yang ditempel ketat Dovizioso bertarung buat posisi 4.. bahayaaa.

5 lap tersisa Dovizioso berhasil lewati Vale. Vale turun keempat tapiiii Vinales datang mendekat. Hadoh nih para rider nggak takut kualat sama aki-aki yeuh. Vinales berusaha menyalip tapi Vale menutup racing line. Vinales terus mencoba daannn akhirnya berhasil lewati Vale buat posisi 4 di 4 lap tersisa. Ampun dahhhhh..

Lebih baik di Motegi yaaaa (dok.motogp.com)
Lebih baik di Motegi yaaaa (dok.motogp.com)

Di top 3 tak ada perubahan yang terjadi. Masih Marquez memimpin balapan, Lorenzo kedua dan Pedrosa ketiga. Tapi itu tak lama. Di 3 lap tersisa Pedrosa overtake Lorenzo buat posisi 3. Honda di posisi 1 dan 2 sekarang. Dovizioso tak bertaji di Aragon. Ia menyerah pada Aleix Espargaro dan turun ke posisi 7.

Akhirnya last lap tak ada perubahan terjadi dan Marquez sukses menyentuh garis finis diikuti Dani Pedrosa dan Lorenzo. Di belakangnya ada Vinales diikuti Valentino Rossi. Empat rider terdepan adalah rider Spanyol semua.. ruaarrrr biasa. Vale masuk garasi disambut hangat timnya. Ia pantas mendapatkan itu. Buat para peraih podium saya ucapkan selamat, tapi maaf.. 4 jempol saya buat Valentino Rossi yang mengalahkan rasa sakit di kaki (teuteup).

Kemenangan Marquez membuat ia menjadi pimpinan klasemen sementara terpaut 16 poin dengan Dovizioso di posisi kedua. Masih ada 4 balapan tersisa dan belum bisa dipastikan siapa yang menjadi juara dunia MotoGP 2017. Balapan selanjutnya adalah seri Motegi Jepang pada 15 Oktober 2017. Ada waktu buat Vale memulihkan diri dan jadi benar-benar fit di Motegi. Semoga hasilnya lebih baik dari ini. Berikut ini hasil selengkapnya MotoGP seri Aragon Spanyol dan posisi klasemen sementara MotoGP 2017 :

Hasil lengkap seri Aragon (dok.motogp.com)
Hasil lengkap seri Aragon (dok.motogp.com)


Klasemen sementara MotoGP 2017 (dok.motogp.com)
Klasemen sementara MotoGP 2017 (dok.motogp.com)

Sumber : MotoGP.com