Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Penulis - Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Sebagai Penulis, Saya Tak Mau Menulis Hoax

17 Agustus 2017   19:56 Diperbarui: 25 Agustus 2017   02:31 1118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
eksis berkat nulis (dok.yayat)

Saya tidak pernah berpikir bahwa pada akhirnya saya akan akrab dengan dunia tulis menulis. Saat sekolah dan bekerja saya akrab dengan angka, pekerjaan saya tak jauh dari menghitung-hitung angka. Gara-gara jenuh dengan lingkup pekerjaan yang itu-itu saja saya membaca Kompasiana, lalu merasa terkompori untuk ikut menulis setelah membaca tulisan-tulisan asyik di Kompasiana. Harapannya sih tulisan saya dibaca oleh orang-orang yang membuka laman Kompasiana.

Ndilalahnya dunia menulis itu mengasyikkan. Menulis sebuah berita yang kita tahu duluan atau menulis opini kita terhadap sebuah berita itu sungguh menantang. Menulis itu sederhana tapi sesungguhnya tidak sederhana. Dalam menulis ada proses merangkai kalimat agar pesan yang ingin kita sampaikan dimengerti oleh pembacanya.

Buat saya ini butuh proses panjang. Saya masih ingat tulisan pertama saya yang sungguh acak adul. Sekarang sih lumayan rapi walau persentase acak adulnya belum hilang. Nggak apa-apa.. yang penting pede dan berani menulis kan. Ibaratnya seorang bayi, begitu lahir kan ada proses sampai dia berjalan. Bukkannya lahir langsung lari.

Jogja indah (dok. yayat)
Jogja indah (dok. yayat)
Dalam proses panjang saya dalam menulis hingga saat ini, ternyata ada hal-hal yang sungguh tak terbayangkan sebelumnya. Saya bisa ke daerah yang sebelumnya tak terbayangkan bisa saya datangi. Saya bertemu dengan tokoh-tokoh yang sebelumnya tak pernah saya bayangkan bisa saya temui. Saya ketemu dengan teman-teman yang berlatar belakang macam-macam dan belajar banyak dari mereka.

Lalu dalam soal materi, beberapa tulisan saya dihargai dengan jumlah yang tak saya bayangkan sebelumnya. Alhamdulillah ya sesuatu. Handphone sederhana tapi bukan jadul berhasil saya beli dari hasil menulis di blog. Lumayan buat cekrek cekrek dan upload serta eksis di sosmed serta beli kuota internet XL biar lancar internetan. 

Namun kalo dipikir dengan hati sanubari yang terdalam.. sebenernya kepuasan saya dalam menulis bukan dari materi namun saya puas karena tulisan saya dibaca orang. Bahwa pesan dan informasi yang saya tulis diketahui oleh orang. Penting buat saya orang tahu kalau Valentino Rossi jadi juara. Penting buat saya kalau orang tau gimana situasi sirkuit Sepang saat balapan.

hutan pinus (dok.yayat)
hutan pinus (dok.yayat)
Kang Maman Suherman, seorang penulis novel dan pemerhati sosial pernah bilang, tulislah walau satu huruf. Tulis.. dan biarkan orang mengambil manfaat darinya. Sementara bang A. Fuadi, penulis novel-novel best seller bilang, tulisan yang ia kumpulkan menjadi sebuah buku, adalah sebuah karpet terbang bagi dirinya, yang telah membawanya kemana-mana.

Buat saya menulis adalah cara saya untuk membuat otak saya terus bekerja dan hidup saya tidak tersia-sia. Jika saya menyia-nyiakan hidup bagaimana saya harus bertanggung jawab pada Sang Pencipta? Namun... dalam menulis satu hal yang selalu saya ingat dan saya hindari. Yaitu.. saya nggak akan menulis soal hoax dan tulisan yang bikin resah pembacanya. Tulisan hoax berpotensi menjaring banyak pembaca, namun apa bahagia kita jika masyarakat jadi resah karenanya.

Tulisan yang membuat resah masyarakat dan mengancam kerukunan itu banyak. Tak akan habis tulisan-tulisan seperti ini. Saya tak bisa menyuruh orang-orang yang menyebar hoax ini berhenti, namun saya berusaha memberi pesan positif dari tulisan saya dan berita yang benar dan bukan hoax. Baru ini yang bisa saya lakukan sebagai warga negara Indonesia. Dirgahayu Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun