Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

Raih Podium Dua, Rossi Agresif di Phillips Island

23 Oktober 2016   15:15 Diperbarui: 23 Oktober 2016   17:47 750 16 14 Mohon Tunggu...
Raih Podium Dua, Rossi Agresif di Phillips Island
valentino rossi (dok.motogp.com)

Valentino Rossi menjadi man of the match dari MotoGP seri Phillip Island yang berlangsung hari ini di Australia. Memulai balapan dari posisi 15, The Doctor menyelesaikan balapan dengan finish di posisi kedua. Marc Marquez yang kuat sepanjang minggu dan start dari posisi pole malah jatuh. Membiarkan Cal Crutchlow memenangi MotoGP Phillip Island. Cal Crutchlow sangat kuat di balapan tadi.

Jalannya Balapan

Balapan melahap 27 lap. Cuaca cerah beda banget sama kemarin yang hujan turun sangat deras. Duo Yamaha tidak mencatat hasil bagus di kualifikasi. Valentino Rossi kudu start ke 15 dan orge Lorenzo start ke 12. Di balapan ini Lorenzo dan Rossi sama-sama menggunakan soft untuk ban depan dan medium untuk ban belakang. Kecuali Marc Marquez, Aleix Espargaro, Maverick Vinales dan Cal Crutchlow yang menggunakan hard untuk ban depan dan medium untuk ban belakang.

Dani Pedrosa masih absen balapan dan digantikan Nicky Hayden. Andrea Iannone juga absen balapan karena masih cedera. Setelah start, Pol Espargaro merangsek ke depan memimpin balapan. 

Nggak lama, Marquez menggeser posisi Pol dan ganti memimpin balapan. Cal Crutchlow dan Aleix Espargaro berebut posisi 3. Valentino Rossi naik setingkat di posisi 14. Lap ketiga Marquez mencatat fastest lap 1:30:324. Dovizioso melewati Jack Miller buat posisi 6 dan Valentino Rossi melewati Nicky Hayden buat posisi 10.

Lap ke empat Cal Crutchlow overtake Pol Espargaro buat posisi dua. Tapi Aleix Espargaro nggak membiarkan adiknya dipecundangi seperti itu. Aleix ganti membabat Crutchlow buat posisi dua. Cal belum menyerah dan berusaha melawan balik. Lap keenam, Vale naik ke posisi enam, berusaha mengejar Dovizioso yang berjarak 1,2 detik. Di depan Cal Crutchlow berhasil overtake Aleix Espargaro buat posisi dua.

Marquez jatuh (dok.motogp)
Marquez jatuh (dok.motogp)
Vale menekan gas motornya dan mencatat fastest lap 1:29:795 di lap ke tujuh. Ia berusaha mendekati Pol Espargaro yang turun posisi setelah di overtake Dovizioso. Di lap kedelapan Vale naik ke posisi 5 setelah mempecundangi Pol Espargaro. Cal Crutchlow nyaman dengan motornya dan ngacir hingga mencatat fastest lap 1:29:731. The Doctor makin menggila. Ia mengincar Dovi dan bersiap mengambi alih posisi 4 darinya.

Marc Marquez ngacir hingga berjarak 2,4 detik dari Cal Crutchlow. Sementara Cal mengejar dan lagi-lagi mencatat fastest lap 1:29:494. 19 lap tersisa, Vale menempel ketat Aleix Espargaro. Vale mencari celah daannnn yesss ia berhasil membabat Aleix Espargaro buat posisi tiga di 18 lap tersisa. 

Marquez sebenernya masih aman memimpin balapan, tapi dia push motor over limit. Akibatnya.. Marquez terpaksa mencium kerikil gravel di 15 lap tersisa. Motor Marquez terbanting dan hancur tapi untung Marquez tak cedera. Marquez balik ke garasi, Phillip Island selesai untuknya.

Jatuhnya Marquez membuat Cal Crutchlow naik ke posisi satu dan Vale kedua. New gap Crutchlow ke Rossi adalah 1.865 detik. 14 lap tersisa, jarak Crutchlow ke Vale makin jauh. Cal Crutchlow sangat kuat dan cepat. Lalu di mana Lorenzo? Ia tercecer di posisi 7. Lorenzo mendapat kesulitan di Phillip Island. 

Saat di wawancara Marc Marque bilang bahwa ia jatuh karena kesalahan sendiri yang terlalu menekan motornya. Bukan salah ban tapi kesalahan saya, katanya. Yap.. kalo emang salah mengakulah salah, jangan menyalahkan orang lain (sambil ngelirik ke rider anu).

9 lap tersisa pertempuran terjadi antara Dovizioso dan Aleix Espargaro berebut posisi tiga. Aleix babat Dovi buat posisi tiga tapi Dovi menyerang balik dan mempertahankan posisi tiga. Pertempuran Dovi dan Aleix Espargaro sungguh menyelamatkan MotoGP dari balapan yang garing. Bukan cuman Aleix Espargaro yang bertempur tapi Maverick Vinales ikutan juga.

crutchlow dan tim (dok.motogp)
crutchlow dan tim (dok.motogp)
6 lap tersisa, Aleix Espargaro berhasil lewati Dovi buat posisi 3, Dovi belum lagi bernafas lega eehhh udah dibabat lagi sama Maverick Vinales. Dovi turun ke posisi 5 sekarang. Sayangnya keberuntungan Aleix Espargaro hilang. Di sisa 5 lap Aleix Espargaro jatuh di tikungan 4. Sayang.. padahal battle nya lagi seru. Vinales naik ke posisi tiga karenanya.Dovi masih mencari celah untuk membabat Vinales sayang Vinales terlalu kuat. Jarak keduanya mulai menjauh.

Hector Barbera crash dan out dari balapan. Dua lap tersisa, jarak akang Vale ke Vinales terpapas hingga 1.544 detik. Nicky Hayden juga jatuh dan out. Vinales menekan kuat motornya mendekati Vale. Deg-deg an ini yang nonton. Tanpa perlawanan.. Cal Cructhlow sukses menyentuh garis finish dan menjuarai MotoGP Phillip Island. Valentino Rossi juga aman dari serbuan Maverick Vinales dan finish kedua. Maverick Vinales sukses finish ketiga.

Ini hasil luar biasa kedua buat Vale yang start dari posisi 15 dan finish kedua. Luar biasa yang pertama dilakukan Vale tahun lalu di Valencia yaitu start dari posisi 26 dan finish keempat. Sebagai pebalap yang udah nggak muda lagi (saya nggak bilang tua lho yaaaa) Vale mengukuhkan diri sebagai pembalap yang masih sulit ditandingi. 

Jadi yaaaa… buat saya sih championship belum berakhir. Meski juara dunia MotoGP 2016 udah diraih Marc Marquez tapi masih menarik melihat dua seri yang tersisa. Dengan teparnya Jorge Lorenzo yang cuman finish ke enam menjadikan Vale masih ada di posisi dua klasemen sementara dengan selisih 24 angka dari Lorenzo. Berikut ini hasil MotoGP Phillip Island dan posisi klasemen sementara :

hasil phillips island (dok.motogp.com)
hasil phillips island (dok.motogp.com)
klasemen sementara (dok.motogp.com)
klasemen sementara (dok.motogp.com)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x