Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

Jelang MotoGP Motegi: Rossi Ambil Alih Start Terdepan

15 Oktober 2016   14:44 Diperbarui: 15 Oktober 2016   15:57 0 11 10 Mohon Tunggu...
Jelang MotoGP Motegi: Rossi Ambil Alih Start Terdepan
first row motegi (dok.motogp.com)

 Memasuki seri-seri akhir MotoGP 2016 balapan kian berlangsung seru. Meski memuncaki klasemen sementara tapi Marc Marquez belum dipastikan buat meraih gelar Juara Dunia 2016. Kompetisi menuju gelar juara dunia masih terbuka. Minggu, 16 Oktober 2016 berlangsung seri MotoGP Motegi di Jepang. Di sirkuit Motegi ini Marc Marquez belum pernah menjadi juara. Bagaimana peluangnya kali ini?

Marc Marquez tampil bagus di free practice MotoGP Motegi. Meraih catatan waktu tercepat di FP1, FP2 dan FP4, Marquez jadi yang dijagokan menjuarai seri Motegi. Balapan di markas Honda tentu memberi semangat sekaligus tekanan pada Marquez apalagi dia belum pernah juara di Motegi. Namun, dengan penguasaan pada trek yang bagus musim ini, Marquez punya peluang besar buat juara. Halangannya adalah Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

Jorge Lorenzo sempat jatuh di FP3, malah ia kudu ditandu keluar trek. Ia terlihat tertatih-tatih memasuki garasi. Beberapa menit kemudian, ia duduk di kursi roda, didorong menuju helikopter yang telah menunggunya, selanjutnya terbang ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut. Wayoloh... bisa balapan nggak ini Lorenzo. 

Duduk di posisi 3 klasemen sementara membuat Lorenzo nggak boleh absen balapan yang akan membuatnya tidak dapat poin tambahan. Untungnya setelah CT Scan dan pemeriksaan lain, Lorenzo dipastikan dokter bisa balapan. Lorenzo lanjut terbang balik ke trek dan mempersiapkan diri buat ikut kualifikasi.

Dani pedrosa jatuh (dok.motogp.com)
Dani pedrosa jatuh (dok.motogp.com)

Valentino Rossi minggu ini dalam kondisi tidak fit 100 persen karena sedang demam. Makanya akang Vale jaga kesehatan yak, jangan ajep ajep mulu. Cukup kesulitan menjalano free practice hingga di combine times cuma duduk di posisi delapan. Namun saat sesi kualifikasi akang Vale menggila dannnn... meraih Pole Position! Yeeaaaayyy. Pole position di Motegi adalah pole position ke 64 buat Vale. Marquez dan Lorenzo juga sama-sama punya 64 kali pole position. Kompakan emang tiga orang ini.

Vale meraih pole position dengan catatan waktu 1:43:954. Lalu disusul oleh Marq Marquez yang ada di posisi dua dengan catatan waktu 1:44:134. Marquez berjuang di Motegi tanpa didampingi Dani Pedrosa karena Dani Pedrosa absen balapan di Motegi setelah cedera akibat jatuh di FP2 Motegi. Dani Pedrosa digantikan sementara oleh Hiroshi Aoyama. Jadi jangan heran kalo motor Dani nomornya jadi 73. Digantiin sementara doang. Get well soon Dani. 

Siapa yang ketiga? Dia adalah Jorge Lorenzo. Meski menahan rasa sakit teuteup ye Lorenzo garang di trek. Ia meraih posisi tiga dengan catatan waktu 1:44:221. Good job lah... padahal banyak yang ngarepin Lorenzo tepar setelah jatuh.. salah satunya saya (dikeplak fans Lorenzo). Oh iya Ianonne juga absen balapan di Motegi karena masih masa pemulihan setelah jatuh di seri lalu. 

Rossi happy (dok.motogp.com)
Rossi happy (dok.motogp.com)
Buat race besok, pemilihan compound ban jadi faktor teramat penting. Cuaca Motegi hari ini cerah tapi besok belum pasti sama. Yamaha punya keunggulan melahap trek Motegi. Jadi Vale dan Lorenzo akan melanjutkan perangnya di sini. Marquez aman secara posisi klasemen sementara, tapi sik semoga Marquez besok nggak cari aman gara-gara pengen nambah poin doang dan Lorenzo nggak mengalah pada rasa sakit. 

Lorenzo pernah 3 kali memenangi seri Motegi (2009, 2013, 2014) sementara Vale baru dua kali menang (2001 dan 2008). Di atas kertas emang Lorenzo lebih berpeluang tapi mengingat performa tiga rider terdepan yaitu Vale, Marquez dan Lorenzo yang kinclong, juara seri Motegi masih sulit di prediksi. Tapi saya yakin dah Valentino Rossi kali ini menang di Motegi. Ketik amin klik like dan share yaaaa hahaha.

Jangan lupa tonton MotoGP seri Motegi besok siang. Ini adalah hasil Q2 dan posisi klasemen sementara : 

hasil Q2 (dok.motogp.com)
hasil Q2 (dok.motogp.com)
klasemen sementara (dok.motogp.com)
klasemen sementara (dok.motogp.com)

KONTEN MENARIK LAINNYA
x