Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Penulis - Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Taman Safari Prigen, Cinta Satwa, Edukatif dan Asyik

5 Februari 2016   23:16 Diperbarui: 10 Februari 2016   18:43 94 2 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

[caption caption="How close you are? (dok.yayat)"][/caption]Jaman sekarang... bikin bisnis itu harus kreatif karena persaingan makin ketat. Apalagi kalau bisnisnya adalah mengenai pariwisata. Kreatif, edukatif, cinta satwa, family time, fun... ini yang tercermin dari Taman Safari Prigen di Pasuruan Jawa Timur. Saya berkesempatan mengenal lebih jauh tentang Taman Safari ini Sabtu, 30 Januari 2016 saat acara Kompasiana Coverage. Taman Safari Prigen, dikelola oleh Taman Safari Indonesia.. jadi kalo sama Taman Safari Cisarua statusnya sodaraan.

Dibangun tahun 1997, Taman Safari Prigen punya banyak koleksi satwa. Ada 3000 an satwa dari 200 spesies di sana.. terbilang lengkap. Para satwa ini bukan cuman dari Indonesia tapi juga dari luar negeri.. contohnya penguin. Jangan khawatir bahwa satwa yang nggak berasal dari Indonesia ini akan sulit beradaptasi sama cuaca Indonesia yang tropis karena sebelum di lepas di Taman Safari, satwa ini diajari buat beradaptasi dulu, setelah sukses baru mereka dilepas di Taman Safari.

Mengambil luas area 350 hektar Taman Safari Prigen sukses menjadi tempat wisata dengan petualangan penuh edukasi di bilangan Jawa Timur. Di Taman Safari Prigen ini. Ada Safari Adventure yang akan mengajak para pengunjungnya untuk melihat langsung para satwa yang berasal dari belahan dunia di habitat aslinya. Memang satwa dari luar bukan cuma diajari adaptasi dengan cuaca tropis tapi ditaruh di area yang sesuai sama habitat aslinya biar satwa merasa di rumah.. betah gitu.

Contoh kepedulian Taman Safari Prigen pada habitat asli para satwa adalah.. tahun ini rencananya akan didatangkan Koala. Nah.. pengurus Taman Safari Prigen sedang menyiapkan 5000 an pohon bambu untuk tempat tinggal si Koala. Nggak tanggung-tanggung kan. Lalu.. selain bisa melihat para satwa kita juga bisa bersentuhan langsung dengan para satwa.. yang sudah jinak tentunya. Anda bisa menggendong baby zoo yang ada di sana. Ada baby simpanse, orang utan sampai buaya muara.

[caption caption="Satwa di Taman Safari Prigen (dok.initempatwisata.com)"]

[/caption]Seperti Taman Safari lainnya, Taman Safari Prigen juga punya atraksi dan pertunjukan dengan satwa sebagai bintang utamanya. Ada Elephant Story, Dolphins & friends, Jungle boy, birdwatching dan lain-lain. Juga ada pertunjukan yang heboh.. namanya Journey to The temple of Terror, ini pertunjukan satwa pakai efek ledakan semacem pentas theater gitu... ceritanya mirip-mirip Indiana Jones deh... tentu saja efek-efek yang dibuat di pertunjukan ini aman bagi satwa.

Lalu yang menarik juga ada Dolphin Bay.. di mana anda bisa berenang bersama lumba-lumba di sini. Kalau menurut Anda berenang bersama lumba-lumba kurang menantang, Anda bisa coba berenang bersama buaya muara di Safari Water World. Nyali Anda akan diuji di sini. Taman Safari Prigen memang bukan cuma buat jalan-jalan melihat satwa tapi ada Safari water world, Safari Paintball War Game serta 4D Cinema Zone segala. Inilah kenapa Taman Safari Prigen cocok untuk family time dan fun.

Kalau lapar.. ada beberapa restoran yang siap disambangi di Taman Safari Prigen. Ada Gading restaurant, Tiger Cave restaurant, Safari fried chicken dan lain-lain. Nama restorannya aja berbau satwa ya. Kalau Anda punya nyali sih saya sarankan Anda buat makan di Tiger Cave restaurant, karena di restoran ini Anda bisa makan dengan ditemani harimau putih. Kereeennnn.. hati-hati ya.. nanti harimaunya minta makan lagi heheheh.

Bicara soal makanan, para pengurus satwa diharuskan memberi makanan sehat buat para satwa. Tujuannya ya agar para satwa selalu dalam kondisi sehat. Bukan cuma agar para pengunjungnya senang melihat satwa yang sehat, tapi ini juga karena Taman Safari sebagai lembaga konservasi harus bertanggungjawab kepada dunia Internasional terutama kepada negara-negara yang memberikan satwanya untuk dirawat di Taman Safari ini. Contoh.. bila satwa diberi makan ayam maka jeroan dan kepala ayam nggak boleh diberikan kepada satwa, harus dibuang. Padahal saya paling seneng tuh jeroan dan kepala ayam. Buat saya aja mendingan (ngarep).

[caption caption="Pertunjukan gajah (dok.initempatwisata.com)"]

[/caption]Kesehatan para satwa juga dicek secara berkala, ada dokter hewan yang bertanggungjawab atas kesehatan para satwa. Setelah Anda puas melihat-lihat aneka satwa, jangan pulang dulu, masih ada area permainan yang bisa Anda datangi, dijamin Anda puas di sini apalagi kalau Anda membawa anak-anak, betah deh mereka. Ada puluhan macam permainan yang bisa dicoba antara lain roller coaster, bom bom boat, sepeda layang, safari swinger, puri mister dan lain-lain. Lalu buat kenang-kenangan.. Anda bisa beli cenderamata di Safari Wonder. Lengkap banget kan...

Tiap tahun Taman Safari Prigen selalu mengadakan acara yang menarik punya. Tahun kemarin diadakan Safari Cycling bekerja sama dengan Kompas. Ribuan pesepeda mengelilingi area Taman Safari Prigen, olahraga sambil menikmati suasana hutan hujan di Taman Safari. Menariknya bersepeda di Taman Safari Prigen adalah.. Anda bisa saja berpapasan dengan satwa yang berkeliaran secara bebas. Bisa aja Anda ketemu onta atau kuda. Jangan lupa berhenti dan selfie dulu dengan satwa yang ketemu Anda.. lumayan buat dipajang di instagram atau di share di facebook (anak socmed banget). Ada acara fun run juga. Seru deh...

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika Anda mengunjungi Taman Safari Prigen. Karena para satwa bebas berkeliaran maka faktor keamanan harus menjadi perhatian. Ini penting buat Anda dan buat para satwa demi menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Wajib tutup kaca mobil dan jangan berhenti terlalu lama, juga hindari satwa mendekat terutama di lokasi satwa karnivora. Kalau Anda nggak datang dengan menggunakan mobil pribadi tenang aja.. ada bus safari yang siap membawa Anda berkeliling.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan