Mohon tunggu...
Aksi Cepat Tanggap
Aksi Cepat Tanggap Mohon Tunggu... Organisasi Kemanusiaan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Menjadi organisasi kemanusiaan global profesional berbasis kedermawanan dan kerelawanan masyarakat global untuk mewujudkan peradaban dunia yang lebih baik http://act.id Aksi Cepat Tanggap (ACT) Foundation is a professional global humanitarian organization based on philanthropy and volunteerism to achieve better world civilization

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Ramadan yang Harus Kamu Ketahui

20 April 2021   16:03 Diperbarui: 20 April 2021   16:08 292 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Ramadan yang Harus Kamu Ketahui
Photo by Amy Shamblen on Unsplash

 

JAKARTA - Di bulan Ramadan, setiap Muslim berlomba-lomba untuk memperbanyak amalan kebaikan. Bulan Ramadan merupakan bulan yang berlipat kebaikan serta bulan yang penuh rahmat dan ampunan. Namun, di 10 hari pertama bulan Ramadan ternyata memiliki keutamaan yang sangat mulia. Pada 10 hari pertama di bulan Ramadan mulia jika umat Islam mampu beribadah dengan sebaik-baiknya. Tentu saja bukan hanya untuk mendapatkan pahala, namun juga mengharap ridha dan keberkahan dari Allah SWT.

Lalu, apa saja keutamaan 10 hari pertama bulan Ramadan tersebut? Berikut keutamaan 10 hari pertama bulan Ramadan, dirangkum dari berbagai sumber.

  • Penuh Petunjuk dari Allah
  • Selain ampunan dan rahmat, siapa pun yang mengerjakan amal salih di bulan Ramadan akan mendapatkan petunjuk dari Allah SWT. Dalam 10 hari pertama bulan Ramadan, ada banyak ibadah dan amalan yang dapat dikerjakan. Keberuntungan dan kebaikan pun senantiasa akan didapat oleh orang yang menjalankan puasa di hari 10 pertama.
  • Terbukanya Pintu Rahmat
  • Pada 10 hari pertama di bulan Ramadan, Allah SWT membuka seluruh pintu rahmat-Nya bagi hamba yang berpuasa dan melakukan ibadah-ibadah. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda: "Awal bulan Ramadan adalah Rahmat, pertengahannya Maghfirah, dan akhirnya 'Itqun Minan Nar (pembebasan dari api neraka)."
  • Terbukanya Pahala saat Bertadarus
  • Bulan Ramadan merupakan momen saat kitab suci Alquran diturunkan kepada Rasulullah dan menjadi pedoman hidup bagi seluruh umat Islam. Alangkah baiknya jika saat berpuasa, amalan membaca Alquran juga senantiasa terus dikerjakan.
  • Selain mendapatkan pahala, bertadarus juga dapat menjadi ajang mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sebagaimana dalam QS. Al Baqarah berikut,
  • "Di antara amal kebajikan yang sangat dianjurkan dilakukan di bulan Ramadan adalah tadarus Al-Quran. Tadarus Al-Quran berarti membaca, merenungkan, menelaah, dan memahami wahyu-wahyu Allah SWT yang turun pertama kali pada malam bulan Ramadan." (QS. Al Baqarah ayat 185).
  • Penuh Berkah
  • Keberuntungan akan didapat oleh orang yang menjalankan puasa di 10 hari pertama Ramadan. Ia akan selalu dalam lindungan Allah selama bulan Ramadan serta selalu berada dalam petunjukNya.

 

 

VIDEO PILIHAN