Mohon tunggu...
Sosbud

Terus Berkarya, ICMI Gagas Ekonomi Pasar Pancasila

16 Maret 2018   19:26 Diperbarui: 16 Maret 2018   19:41 491 0 0 Mohon Tunggu...

Tau dong ya awal mulanya tercetus gagasan untuk membangun ekonomi pasar pancasla siapa, iya dia adalah Bachuddin Jusuf Habibie atau yang lebih kita kenal BJ Habibie. Tercetusnya gagasan itu pada acara Silaturahmi kerja Nasional yang diadakan oleh ICMI pada 8 Desember 2017.

Habibie bilang "Melalui ekonomi Pancasila yang berorientasi pada pasar, dasar negara itu akan ditempatkan dalam kesadaran baru semangat baru dan paradigma baru dalam dinamika perubahan sosial politik masyarakat Indonesia," saat memberikan sambutan. (sumber: https://pemeriksaanpajak.com/2017/12/11/habibie-cetuskan-konsep-ekonomi-pasar-pancasila/)

Sebagai Ketua Dewan Kehormatan Ikatan Cendikiawan Muslim se-Indonesia (ICMI), Habibie mengharapkan bila konsep ekonomi pasar pancasila dapat diterapkan maka akan membantu rakyat Indonesia dalam menghadapi era globalisasi yang sedang berjalan sekarang ini.

Dan nih ya yang perlu diketahui juga, ekonomi pasar pancasila kata Habibie harus bisa memberikan kesejahteraan buat seluruh masyarakat Indonesia, bukan hanya itu harus juga memberikan rasa adil, kebersamaan, kekeluargaan, dan juga nih mampu memberikan peluang kepada setiap pelaku usaha.

Peran segala pihak sangat pula diperukan untuk mewujudkan ekonomi pasar pancasila di Indonesia. tambahan dari Habibie" pengimplementasian nilai-nilai pancasila harus masuk kedalam sanubari bangsa sehingga Indonesia dapat hidup dan berkembangan di seluruh pelosok nusantara," ucapnya.

(sumber: https://www.merdeka.com/uang/bj-habibie-sebut-ekonomi-pasar-pancasila-bisa-jadi-semangat-baru-ri.html).

Dan gagasan ini tuh juga didukung loh sama Presiden kita saat ini, Jokowi, dirinya bilang "saya menunggu hasil dari ekonomi pasar pancasila tadi yang sudah disampaikan oleh beliau  (BJ Habibie)".

(sumber: https://news.detik.com/berita/3761804/bj-habibie-sampaikan-ekonomi-pasar-pancasila-jokowi-antusias).

Sebagai informasi, ICMI sendiri telah mengeluarkan beberapa gagasan atau pemikiran yang semuanya bertujuan untuk memajukan bangsa dari berbagai bidang, misalnya seperti membuat Bank Wakaf, Desan Emas, Toko Icmi, Dan I Masjid. Dari beberapa gagasan tersebut sudah mulai berjalan loh, yuk kita intip bagaimana perkembangannya http://www.icmi.or.id.

VIDEO PILIHAN