Mohon tunggu...
Yatmi Rejeki
Yatmi Rejeki Mohon Tunggu... Suka becanda,, biar awet muda.

Wanita biasa dari Jogja

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Jajanan Pasar Ini Kadang Bikin Rindu

7 Maret 2018   08:29 Diperbarui: 7 Maret 2018   09:00 1243 3 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jajanan Pasar Ini Kadang Bikin Rindu
Cemplon. foto:masakandapurku.com

Ada banyak cemilan atau jajanan pasar  yang ada di masyarakat. Bahkan ada beberapa makanan  yang bisa menembus hotel  meskipun itu adalah jajanan pasar tradisional. Contohnya saja  klepon, wajik, dan lemper. Makanan yang sudah ada sejak zaman olditu masih populer sebagai suguhan atau jajanan pasar yang  berkelas. Emang sekolah. Hehe..

Mengapa saya menyebut berkelas?  Karena saya sering mendapatinya berada didalam penyajian tampahan (aneka makanan yang disediakan dalam satu wadah tampah) yang disediakan hotel untuk coffe break atau dalam acara pesta pernikahan atau hajatan. Jajanan pasar tersebut juga masih umum menjadi isian dalan sebuah snack box.    

Namun tidak semua jajanan pasar tradisional populer menjadi suguhan untuk acara resmi. Makanan berbahan dasar singkong seperti cemplon, lenthok, dan cothot, tetap saja hanya sebagai cemilan dirumah. Sebagai isian snack box saja, akan terasa aneh. Masih kalah dengan tahu bakso atau  arem-arem ya.. hehe...

Entah, dari pemilik acara yang tidak menginginkannya, atau pihak penjual dalam hal ini katering atau hotel yang tidak pernah menawarkannya. Bisa juga karena makanan tersebut dianggap tidak pantas disuguhkan, karena terkesan terlalu tradisional alias ndeso.

Kalau menurut saya, barangkali hanya faktor belum terbiasa atau tidak disajikan dengan kemasan yang menarik, sehingga terkesan murah dan kuno. Padahal jajanan pasar ini, kadang juga bikin rindu lho. Hehe...  Apalagi jika lama tak merasakannya. Hemm...  Sebenarnya membuat sendiri juga mudah sih...

Cemplon

Cemplon. Foto: masakandapurku.com
Cemplon. Foto: masakandapurku.com

Cemplon adalah makanan tradisional Jawa yang berasal dari Singkong, kelapa parut, dan gula jawa (gula merah). Makanan ini berrasa gurih diluar dan manis di dalam. Bentuknya bulat-bulat kecil seperti tahu bulat.  Meskipun hanya beberapa, terkadang masih ada, yang menjualnya, tentunya di pasar tradisional. Dinikmati selagi hangat sebagai cemilan, rasanya tak kalah lho dengan  snack modern. 

Masih ingatkah, kapan terakhir Anda makan cemplon? Atau jangan-jangan malah tidak pernah memakannya? Cemplon sangat mudah dibuat.

Bahan-bahan untuk membuat cemplon adalah:

Singkong 250 gram

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN