Mohon tunggu...
Yasni Herti
Yasni Herti Mohon Tunggu... Lainnya - Alumnus Sosiologi Universitas Andalas

Ordinary Person

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Nilai Historis dan Potensi Wisata Kelas Dunia sungai Batang Kuantan

24 November 2022   10:54 Diperbarui: 25 November 2022   10:29 582
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
 Image Source: portalbuana.com

NILAI HISTORIS DAN POTENSI WISATA KELAS DUNIA SUNGAI BATANG KUANTAN

oleh:

Yasni Herti, S. Sos

Alumnus Sosiologi Universitas Andalas

PENDAHULUAN 

            Berbicara mengenai nilai historis dan potensi wisata Indonesia, maka Provinsi Sumatera Barat dapat menjadi salah satu tujuan wisata yang tepat untuk dikunjungi. Karena Provinsi Sumatera Barat menjadi salah satu dari 10 provinsi yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan nusantara atau turis lokal, yaitu sebanyak 9.34 juta perjalanan (BPS. 2021. Statistik Wisatawan Nusantara 2021).  Hal ini terjadi mengingat Provinsi Sumatera Barat memiliki beragam pesona keindahan alam yang mengundang decak kagum, sejarah yang terawat serta keunikan budaya yang menjadi magnet bagi para wisatawan.

            Salah satu daerah di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki potensi wisata yang luar biasa adalah Kabupaten Sijunjung. Kabupaten Sijunjung berjarak 120 km dari Kota Padang sebagai ibukota Provinsi Sumatera Barat. Kabupaten Sijunjung memiliki potensi wisata yang menjanjikan dilihat dari posisinya yang strategis karena berada pada jalur penghubung antara Provinsi Riau dan Provinsi Jambi, serta berbagai objek wisata yang tersebar disetiap kecamatannya baik itu wisata alam, wisata budaya hingga wisata sejarah. Oleh sebab itu, Kabupaten Sijunjung ditetapkan sebagai Daerah Pelayanan Pariwisata (DPP) V destinasi atau tujuan wisata Provinsi Sumatera Barat yang meliputi wisata alam, wisata budaya atau sejarah, dan wisata buatan.

            Kabupaten Sijunjung memiliki wilayah yang tidak terlalu luas  di Provinsi Sumatera Barat. Namun dibalik itu, Kabupaten Sijunjung memiliki beberapa destinasi wisata yang tidak hanya memiliki nilai keindahan alam, namun juga memiliki nilai sejarah, salah satunya Sungai Batang Kuantan. Batang Kuantan merupakan salah satu sungai terpanjang di Pulau Sumatera yang melintasi Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Riau. Hulu dari Sungai Batang Kuantan berada di nagari atau desa Muaro yang merupakan pertemuan dari tiga sungai yakni Batang Ombilin, Batang Sukam dan Batang Palangki yang melewati beberapa desa atau nagari di dua kecamatan, yakni Kecamatan Sijunjung dan Kecamatan Sumpur Kudus. Oleh karena itu, Muaro Sijunjung sebagai ibukota Kabupaten Sijunjung juga dikenal sebagai kota pertemuan.

PEMBAHASAN

             Menilik kembali sejarah lampau, keberadaan Sungai Batang Kuantan sejak dulu tidak hanya menjadi aliran air semata tetapi juga menyimpan beragam sejarah. Batang Kuantan yang bermuara di Selat Malaka dulunya merupakan sarana transportasi antara pedalaman Minangkabau menuju pantai timur Sumatera, yang merupakan jalur pelayaran dan perdagangan mancanegara, yakni perdagangan lada, emas hingga batubara. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan sebuah dermaga atau pelabuhan perahu Tapuih di Sungai Batang Kuantan tepatnya di desa Durian Gadang, Kabupaten Sijunjung. Pelabuhan ini digunakan masyarakat sebagai jalur penghubung pelayaran menuju Kuantan Singingi, Provinsi Riau.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun