Mohon tunggu...
yas niar
yas niar Mohon Tunggu... yasniar

YASNIAR

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Yuk, Cari Tahu tentang Cara Kerja Memori!

19 Februari 2020   18:25 Diperbarui: 19 Februari 2020   18:30 22 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yuk, Cari Tahu tentang Cara Kerja Memori!
Sumber: Shutterstock.com

Manusia memiliki kemampuan dan kapasitas ingatan(memori) yang sangat besar. Namun tidak semua orang dapat menggunakannya secara optimal. Banyak orang-orang menggunakan memori nya hanya sekedar saja,sehingga banyak ruang-ruang memori yang tidak terisi dan tidak diperlakukan dengan baik.

Memori atau ingatan memiliki fungsi yang penting untuk manusia. Jika kita berfikir atau menalar sesuatu, sebagian besar kita menggunakan memori. Pada kejadian  ini kita menggunakan konsep waktu dengan menghubungkan masa lalu dengan masa sekarang serta membuat rencana untuk masa yang akan datang.

 Hal ini bisa saja disebabkan karena adanya fasilitas fungsi memori kita yang kuat yang dapat disesuaikan pada berbagai situasi. Manusia  tidak hanya  ditentukan oleh kejadian masa kini namun juga berkembang dalam sejarah masa lalu yang tersimpan dalam memori,yang sewaktu-waktu dapat diingat kembali.

Berdasarkan cara kerja atau mekanisme memori dapat diterangkan dengan teori sebagai berikut :

  • Teori Aus (Disuse Theory) menurut teoriini ingatan hilang atau memudar karena waktu. Jika ingatan dilatih secara terus menerus otomatis ingatan akan terus melekat,namun sebaliknya jika di abaikan saja maka memori itu akan hilang dengan sendirinya.
  • Teori infrensi. Menurut teori ini memori adalah meja lilin atau kanvas. Maksudnya adalah jika kita mengandaikan kanvas itu adalam pengalaman. Misalnya kita telah melukis pada kanvas pertama dan kita melukis kembali pada lukisan yang pertama,lukisan kedua dapat menghapus lukisan pertama. Dalam teori ini terdapat variable yang mempengaruhinya,yaitu inhibisi retroaktif (hambatan kebelakang) . contohnya jika kita menghapal buku pada lembar pertama,kemudian kita menghapal lagi pada lembar kedua kemungkinan ingatan pada lembar pertama akan berkurang.  Yang kedua yaitu inhibasi proaktif. Teori ini kebalikan dari teori yang pertama.
  • Teori pengolahan informasi (information processing) . menurut teori ini manusia adalah mahluk yang mengolah informasi,teori ii di adaptasi dari konsep ilmu informatika. Memiliki bebeapa komponen yaitu:
  • Masukan adalah fenomena realitas yang Nampak dan menerpa individu. Contoh leat sensori misalna sensori indrawi dan sensori rohani yang terdapat dalam qolbu ( sensor eksternal dan internal)
  • Persepsi adalah memberikan makana kepada objek atau pengalaman tentang objek,peristiwa yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan.
  • Qolbu/control yang bisa membimbing seseorang dalam berfkir dan mengolah informasi dalam konteks tertentu.

Penelitian lain yang sering digunakan pada memori yang sering dijadikan sebagai model dasar dalam cara kerja memori adalah yang dilakukan oleh Atkinson dan Shiffrin's.

VIDEO PILIHAN