Mohon tunggu...
Aulia Yasmin Erwanti
Aulia Yasmin Erwanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Tips Belajar Daring yang Efektif Selama Pandemi Covid-19

18 Juli 2021   13:20 Diperbarui: 18 Juli 2021   13:52 86 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Belajar Daring yang Efektif Selama Pandemi Covid-19
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Dengan suasana pandemi Covid- 19, sekolah ataupun perguruan tinggi saat ini mengadakan pendidikan secara daring. Tetapi, kegiatan belajar dari rumah tidak seluruhnya mudah. Diperlukan tekad yang kokoh serta pola pikir positif buat membentuk kerutinan belajar yang sangat efisien.

Belajar di rumah kadang membosankan, nah ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan dirumah agar suasana belajar Daring tidak terasa membosankan. Ini dapat dilakukan dari semua tingkatan pendidikan.

  • Tempat Belajar yang Nyaman

Pilih tempat belajar yang nyaman, kamu bisa mencari tempat nyaman dan mengganti suasana belajar kamu di rumah untuk bisa mengatasi rasa bosan kamu selama belajar daring / online. Kamu bisa memanfaatkan area teras dan balkon rumah kamu untuk belajar. Kalau kamu lebih nyaman belajar di dalam kamarmu, kamu bisa mendekor meja belajarmu agar kamu bisa lebih bersemangat untuk belajar.

  • Belajar Sambil Bermain

Kegiatan ini bisa dilakukan dengan bermain kuis, tebak-tebakan mengenai pelajaran, menggambar dan kegiatan-kegiatan menyenangkan lainnya. Melalui kegiatan seperti itu, anak pasti berfikiran kalau belajar bukan merupakan suatu hal yang membosankan.

  • Sediakan Kebutuhan Belajar

Pastikan semua kelengkapan kebutuhan belajar untuk menunjang proses belajar sudah tersedia. Seperti alat tulis hingga jaringan internet yang memadai. Hal ini sangat penting supaya lebih fokus pada saat melakukan pembelajaran, apabila internet atau alat belajar tidak memadai, itu akan membuat anak kurang fokus saat belajar.

  • Siapkan Camilan

Sediakan cemilan untuk anak, hal ini bertujuan untuk menghilangkan bosan dan lapar. Rasa lapar akan menyebabkan anak menjadi kurang fokus. Maka sediakanlah cemilan yang bergizi dan sehat untuk membantu otak bekerja secara optimal.

  • Beri Waktu Istirahat

Berikan waktu jeda stengah hingga satu jam sebelum anak mempelajari materi selanjutnya untuk menghindari stres karena belajar terus menerus.

  • Memberi hadiah

Memberi hadiah pada anak apabila sudah selesai belajar. Hal ini berguna supaya anak tidak kapok untuk belajar dan membuat anak menjadi lebih semangat untuk belajar di rumah.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x