Mohon tunggu...
Yasmin Namira Andani
Yasmin Namira Andani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Manusia yang suka baca dan nulis

Always keep writing!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

5 Cara Bangkit dari Kegagalan

13 Agustus 2021   15:05 Diperbarui: 13 Agustus 2021   15:04 236 8 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
5 Cara Bangkit dari Kegagalan
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Halo, Sobat! Selamat datang di artikel keempat aku! Kali ini aku mau membahas tentang 5 Cara Bangkit dari Kegagalan. Kenapa? Karena setiap manusia pasti pernah gagal, bahkan ada yang bilang kalau setiap manusia itu punya jatah gagalnya masing-masing.

Nah, tapi banyak banget orang yang sulit menerima kegagalan itu. Lebih parahnya lagi, mereka nggak berusaha untuk bangkit dari kegagalan. So, artikel ini cocok untuk kamu yang baru saja mengalami yang namanya kegagalan. Yuk, disimak!

1. Pahami Bahwa Gagal itu Biasa

Pahami dan tanamkan di pikiran kamu kalau gagal Itu adalah hal yang biasa terjadi. Tanpa kegagalan, kamu nggak akan bisa belajar memperbaiki kesalahan. Tanpa kegagalan juga, kamu nggak akan bisa bertumbuh untuk menjadi lebih baik.

2. Berhenti Menyalahkan Diri Sendiri dan Orang Lain

Siapa di sini yang suka banget nyalahin diri sendiri dan orang lain atas kegagalan yang terjadi? Itu salah besar, ya, Sobat! Jangan pernah menyalahkan siapapun atas kegagalan yang kamu alami. Ingat, ya, menyalahkan diri atau orang lain ketika gagal tidak akan mengubah apa pun yang terjadi. Bahkan, hal itu bisa menjadi pemicu konflik lainnya yang lebih parah.

Jika kegagalan menimpa kamu, lakukan introspeksi diri agar tidak menyalahkan orang lain, ya!

3. Belajar dari Kegagalan

Percaya nggak, Sobat, kalau kegagalan bisa dijadikan sebuah pelajaran? Percaya dong, ya! Ada banyak hal yang bisa kamu pelajari dari kegagalan itu. Bahkan, kamu bisa ambil pengalaman dari kegagalan. Justru, pelajaran dan pengalaman adalah hal terpenting untuk menjemput kesuksesan. Apabila kamu pernah gagal, kamu memiliki banyak ruang dan waktu untuk mempelajari hal-hal penting agar kegagalan itu tidak terjadi lagi.

4. Membuka Pikiran

Poin ini sangat penting untuk diterapkan, membuka pikiran akan lebih melapangkan hati kamu. Kamu akan sadar bahwa kegagalan itu harus kamu hadapi dengan sepenuh hati. Jangan terus-menerus menutup diri, bersedih, kecewa, dan patah terlalu lama. Percaya bahwa di sekelilingmu masih banyak yang mengalami hal sama denganmu. Kamu tidak sendirian dan kamu harus yakin bahwa kegagalanmu hari ini bukan merupakan akhir dari segalanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan