Yasir Husain
Yasir Husain Guru/Penulis

Teacher; Penulis Buku Nasihat Cinta dari Alam, Surga Menantimu, SETIA (Selagi Engkau Taat & Ingat Allah)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Hujan dan Kebaikan-kebaikan Tentangnya

5 Januari 2019   12:13 Diperbarui: 5 Januari 2019   12:20 74 0 0
Hujan dan Kebaikan-kebaikan Tentangnya
Sumber: hipwee.com

Hujan, banyak yang menunggunya ketika kemarau telah berlangsung dengan lama. Banyak yang menantikan kesegarannya setelah sekian lama merasakan kekeringan yang berkepanjangan. Dan pada saat hujan pun datang, semuanya menyambut dengan gembira. Sebab hujan sendiri adalah kegembiraan. Hujan adalah rahmat.

Ada banyak orang yang punya rencana keluar rumah kemudian tidak jadi karena terhalang oleh hujan. Akhirnya memilih tinggal di rumah, tidur, hingga bangun dalam keadaan segar bugar penuh enrgi. Hujan memulihkan tenaganya.

Tidak sedikit orang yang sibuk beraktifitas mobile di luar rumah tiba-tiba terhenti untuk berteduh karena hujan turun. Dan dengan berteduhnya maka beristirahatlah tubuhnya. Hingga saat kembali ke rumah, kembalinya penuh dengan keceriaan tanpa kelelahan. Memberikan senyum hangat untuk keluarganya. Hujan telah menghilangkan lelahnya.

Tidak sedikit orang yang berkumpul dengan semua anggota keluarganya di rumah karena hujan membuat mereka malas keluar rumah. Maka terjadilah kehangatan dalam interaksi semua anggota keluarga. Hujan telah menumbuhkan kedamaian dalam rumah tangga.

Ada sekolompok petani yang sibuk menyirami tanamannya yg kering, tiba-tiba berhenti karena seketika hujan turun membasahi bumi dan tanaman. Maka terselesaikanlah pekerjaan petani tersebut dengan cepat. Hujan telah menghemat tenaganya.

Banyak rumah-rumah yang atapnya kelihatan berdebu penuh kotoran karena begitu sulit membersihkannya. Akhirnya kelihatan bersih kembali setelah hujan membasahinya. Ya, Hujan telah memberikan kebersihan pada banyak atap bangunan.

Lihat pula semua tanaman yang tampak segar setelah hujan menyiraminya. Membersihkan semua debu yang menempel di daun dan bunganya. Hingga tampak begitu indah dan menyegarkan bagi yang memandangnya. Hujan menghadirkan keindahan pada tumbuhan untuk manusia.

Hujan, rahmat dan karunia Allah Ta'ala yang tak ternilai harganya. Turun membasahi bumi, memberi kekuatan, menghadirkan kedamaian, dan menampakkan kesejukan berbalut kesegaran alami, untuk disyukuri oleh seluruh umat manusia.

"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?" (QS. Ar-Rahman: 13)

"Hujan, masih banyak nikmat Allah yang terdapat padanya."

Wallahu A'lam

Yasir Husain, Penulis Buku SETIA (Selagi Engkau Taat & Ingat Allah)