Mohon tunggu...
Yasintus Ariman
Yasintus Ariman Mohon Tunggu... Pendidik

Olah pikir olah rasa, buktikan diri berguna bagi yang lain

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Lebih Sehat dengan KB Alamiah

4 Februari 2020   08:27 Diperbarui: 4 Februari 2020   08:40 91 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lebih Sehat dengan KB Alamiah
Foto: www.alodokter.com

Saya menikah empat tahun yang lalu dan sekarang sudah dikaruniai seorang anak. Setelah lahir anak pertama yang pada bulan Maret nanti akan menginjak usia dua tahun, kami sepakat untuk memilih program Keluarga Berencana (KB) suntik. Hasilnya isteri saya sering sakit dan kami selalu berurusan dengan puskesmas dan rumah sakit. Kami menarik kesimpulan jika KB suntik tidak cocok. 

Selanjutnya kami mencari cara lain yakni memilih Pil KB . Hasilnya juga tidak berbeda dengan KB suntik, kesehatan istri saya selalu terganggu. Keadaan ini membuat kami tidak nyaman, hingga akhirnya kami sepakat untuk memilih KB Alamiah yang menurut catatan dari berbagai sumber yang kami peroleh dan menurut orangtua kami lebih sehat. 

Hasilnya pun sangat memuaskan. Istri saya kelihatan segar dan sehat walafiat bila dibandingkan dengan keadaan sebelumnya. Tidak ada lagi keluhan sakit. Kenyataan ini membuktikan bahwa KB Alamiah lebih baik. 

Hingga saat ini KB Alamiah menjadi komitmen kami. Kami sungguh menyadari bahwa untuk menjalankan KB Alamiah bukanlah perkara mudah. Tantangan yang paling besar adalah pengendalian diri. Di saat mood berada diatas puncak untuk melakukan hubungan badan namun pada saat bersamaan istri sedang masa subur, di sinilah tantangan yang paling berat. 

Dalam keadaan seperti ini, sekali lagi pengendalian dirilah yang menjadi kunci utamanya. Selain itu kami menyibukkan diri dengan aktivitas olah raga bersama yakni berjalan kaki sejauh tiga kilo meter pada setiap hari minggu pagi  dan menghabiskan waktu luang dengan sekedar menikmati keadaan taman kota bersama si buah hati. 

Bagi kami hal yang paling utama adalah tidak melakukan hubungan badan di saat istri sedang masa subur. Ada komunikasi yang terbuka dan jujur serta rasa pengertian dan cinta mendalam yang selalu dibangun. Inilah yang menjadi komitmen kami bersama. 

Pengalaman kami tentu tidak bisa menjadi patokan bahwa KB Alamiah itu lebih baik, menyenangkan dan harus menjadi pilihan bagi banyak orang. Maklum, usia perkawinan kami belum seberapa dan belum banyak badai yang datang menerpa. 

Namun untuk saat ini, sejauh pengalaman pribadi KB Alamiah itu lebih baik. Mengapa? Alasan yang paling mendasar untuk saya adalah KB Alamiah lebih sehat secara jasmani dan rohani. Ini Murni sebagai pengalaman pribadi. 

Tentu saja setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda. Jika alat kontrasepsi atau memilih KB jenis lain itu lebih aman dan sehat dan menunjang kualitas hidup maka tidak ada salahnya juga. Tetapi semuanya tergantung pengalaman masing-masing. Salam sehat!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x