Mohon tunggu...
yasinta
yasinta Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Jember

Mahasiswa KKN Back to Village III Universitas Jember

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN UNEJ Ajak Siswa Belajar dengan Metode Pembelajaran yang Efektif dan Menyenangkan

9 September 2021   00:10 Diperbarui: 9 September 2021   00:52 171 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kantor Kepala Desa Ketapang (Dokpri)

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah suatu bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa. Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) tidak hanya ditujukan untuk mahasiswa saja, tetapi juga kepada masyarakat dan perguruan tinggi. 

Kali ini program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dilaksanakan secara individu dikarenakan adanya pandemi covid-19. Universitas Jember (http://unej.ac.id) mengusung konsep Kuliah Kerja Nyata (KKN) Back to Village menugaskan mahasiswanya untuk mengabdi di desanya masing-masing sesuai dengan pilihan mahasiswanya. 

Pada KKN Back to Village kali ini Yasinta memilih Program Literasi di Masa Pandemi Covid-19. Ketapang adalah sebuah desa di Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi. 

Adanya pandemi covid-19 seperti saat ini cukup berdampak bagi aspek kehidupan masyarakat, salah satunya pada bidang pendidikan. Karena adanya pandemi covid-19 pemerintah memberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat. Oleh karena itu, kegiatan belajar mengajar dan kegiatan-kegiatan sekolah lainnya kini dilaksanakan secara daring atau jarak jauh. 

Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi penyebaran virus covid-19 yang semakin luas. Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara daring dirasa kurang efektif karena siswa merasa jenuh dan membosankan sehingga siswa merasa kesulitan dalam memahami materi dan kurangnya minat belajar bagi siswa. 

Kurangnya pendampingan dari orang tua yang sibuk bekerja juga menjadi salah satu faktor dalam kesulitan belajar siswa. Penggunaan gadget yang tanpa didampIngi orang tua sering disalah gunakan oleh siswa untuk bermain game dan sosial media. Selain itu, masalah lainnya dalah tidak semua siswa memiliki gadget sehingga perlu meminjam atau bergabung dengan temannya.

Dokpri
Dokpri
 

Melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata Back to Village (KKN BTV) oleh Universitas Jember (http://unej.ac.id), penulis berupaya untuk membantu siswa dan orang tua dalam kegiatan belajar siswa secara daring menjadi lebih efektif. 

Hal yang diharapkan setelah melakukan program KKN ini adalah siswa dapat mengetahui dan menggunakan aplikasi atau media pendukung pembelajaran secara daring, meningkatkan minat belajar siswa dengan metode pembelajaran yang menyenangkan dan menarik. 

Terdapat beberapa program kerja yang direncanakan untuk membantu kegiatan belajar secara daring seperti belajar bersama, buku siswa SD dan youtube. 

Selain itu, solusi untuk menghilangkan rasa bosan siswa dalam belajar adalah belajar sambil melakukan permainan serta mengajak siswa untuk membuat karya guna meningkatkan produktivitas siswa di masa pandemi. Karya-karya siswa yang terkumpul nantinya akan dibukukan sebagai bentuk reward bagi siswa agar lebih termotivasi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan