Mohon tunggu...
Yasinta Fitriani
Yasinta Fitriani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UPI Cibiru

saya menyukai menyanyi, menari, dan membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Edukasi Santri Diniyah Mengenai Nama Anggota Tubuh dalam Bahasa Arab dengan Menggunakan Metode Menyanyi

9 Agustus 2022   23:49 Diperbarui: 9 Agustus 2022   23:57 137 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
Beberapa mahasiswa UPI Kampus daerah Cibiru melakukan KKN Tematik yang berlokasi di Kp. Cilalareun, Desa Cipanjalu. Kegiatan ini berfokus pada pelaksanaan pendidikan non formal. Mahasiswa tersebut mengadakan edukasi kepada santri diniyah Madrasah Al-Ihsan untuk mengenal nama-nama anggota tubuh dalam bahasa arab. Kegiatan edukasi tersebut dilakukan selama ± 1 bulan lamanya. Sasaran materi tersebut adalah semua kalangan. Dilihat dari pelaksanaannya, anak berusia SD kelas rendah lebih antusias dibanding anak yang berusia SD kelas tinggi dalam menanggapi materi yang disampaikan oleh salah satu mahasiswi, yaitu Yasinta Fitriani dalam mengedukasi materi pengenalan anggota tubuh dalam bahasa arab.

Kegiatan edukasi ini diharapkan dapat membantu anak dalam mengenal bahasa arab, karena selain bahasa itu sangat dibutuhkan agar tidak adanya kesalahan dalam memahami makna, tapi juga untuk menambah keterampilan dalam berbahasa asing, meskipun pembelajaran tersebut masih jauh dalam kesempurnaan. Namun sedikitnya mampu mengenal dasar maupun kosa kata. Karena dilihat dari keadaan desa tersebut kurang adanya sumber daya manusia yang dapat mengedukasi perihal materi tersebut maupun materi lainnya.

Edukasi yang dilakukan dalam mengenal nama anggota tubuh dengan menggunakan bahasa arab ini menggunakan papan tulis yang sudah diberi gambar dan keterangan, serta menggunakan metode bernyanyi dalam menghapalkannya. Diharapkan dengan menggunakan media sederhana dan metode bernyanyi dapat memudahkan anak dalam menghapal lebih banyak lagi kosa kata dalam bahasa arab.

dokpri
dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan