Mohon tunggu...
Yasindy Risma Hani
Yasindy Risma Hani Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi

Yuk kita saling sharing informasi agar semakin luas wawasan kita. Ambil Positifnya, Buang Negatifnya.

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Hi-Tech Pilihan

9 Tools Cyber Security Paling Kuat di Tahun 2022, Part 1

5 Agustus 2022   15:24 Diperbarui: 5 Agustus 2022   15:50 444 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Saya mencantumkan dan menjelaskan alat keamanan siber (tools cyber security) teratas yang perlu dipahami oleh setiap profesional keamanan siber. Banyak perusahaan menganggap keamanan siber sebagai salah satu prioritas utama. 

Meningkatnya ketergantungan pada teknologi untuk mendorong operasi bisnis penting telah menyebabkan proliferasi kejahatan dunia maya. 

Serangan yang berhasil mengakibatkan konsekuensi yang menghancurkan bagi korban, termasuk reputasi yang rusak, kerugian finansial, dan data bisnis dan pelanggan yang disusupi, antara lain. 

Selain itu, serangan dunia maya menyebabkan litigasi yang mahal di mana peraturan seperti GDPR dapat mengenakan denda yang besar dan kuat sebesar jutaan dolar. Dengan demikian, setiap organisasi perlu menerapkan kontrol terbaik untuk mencapai keamanan yang optimal.

Namun, mewujudkan sistem yang 100% aman hampir tidak mungkin karena cakupan keamanan siber yang luas. Keamanan siber memerlukan pengamanan jaringan dari akses dan serangan yang tidak sah, melindungi sistem dari serangan yang dilakukan melalui titik akhir, mengenkripsi komunikasi jaringan, dll. 

Oleh karena itu, memantau lingkungan TI untuk mengungkap kerentanan dan mengatasinya sebelum aktor dunia maya mengeksploitasinya adalah salah satu cara terbaik untuk mencapai keamanan yang optimal. Untuk tujuan ini, organisasi harus fasih dengan alat keamanan siber yang berbeda dan kategorinya masing-masing. Berikut penjelasan tools cyber security:

Alat pengujian penetrasi (Penetration testing tools)

1. Kali Linux

Kali Linux adalah salah satu alat keamanan siber yang paling umum. Ini adalah sistem operasi yang berisi setidaknya 300 alat berbeda untuk audit keamanan. Kali Linux menyediakan berbagai alat yang digunakan organisasi untuk memindai jaringan dan sistem TI mereka untuk mencari kerentanan. 

Manfaat utama Kali Linux adalah dapat digunakan oleh pengguna dengan berbagai tingkat pengetahuan keamanan siber. Dengan demikian, tidak diperlukan spesialis keamanan siber tingkat lanjut untuk menjadi kompeten. Sebagian besar alat yang tersedia di sistem operasi dapat dieksekusi, artinya pengguna dapat memantau dan mengelola keamanan sistem jaringan mereka dengan satu klik. Kali Linux sudah tersedia untuk digunakan.

2. Metasploit

Metasploit terdiri dari koleksi yang sangat baik yang berisi berbagai alat untuk melakukan latihan pengujian penetrasi. Pakar TI dan profesional keamanan siber menggunakan Metasploit untuk mencapai berbagai tujuan keamanan. Ini termasuk mengidentifikasi kerentanan dalam jaringan atau sistem, merumuskan strategi untuk memperkuat pertahanan keamanan siber, dan mengelola evaluasi keamanan yang telah selesai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Hi-Tech Selengkapnya
Lihat Indonesia Hi-Tech Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan