Mohon tunggu...
Yashinta D
Yashinta D Mohon Tunggu... -

Jurnalisme Multimedia

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Jajanan di Alkid yang Membuat Rindu Masa Lalu

11 November 2019   22:55 Diperbarui: 12 November 2019   08:45 70 3 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jajanan di Alkid yang Membuat Rindu Masa Lalu
Dok. Pribadi

Kota Yogyakarta sering kali dijadikan destinasi liburan bagi sebagian orang. Tetapi belum lengkap rasanya jika berlibur ke Yogyakarta tidak mampir ke Alun Alun Kidul atau yang sering disebut Alkid. Tempat dimana pohon beringin kembar yang katanya terdapat banyak mitos itu berada.

Di Alkid terdapat banyak jajanan yang bisa dicoba mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Makanan yang jual pun beragam, mulai dari 500 rupiah hingga lebih dari 10 ribu rupiah. Lalu jajanan apa saja sih yang harus kamu coba ketika kamu berkunjung ke Alun-alun Kidul?

1. Bakso Tusuk Kuah Aneka Rasa

Bakso Tusuk Kuah Aneka Rasa yang dijual dari jam 16.00 - 00.00, memiliki rasa yang berbeda dari bakso lainnya. Biasanya bakso hanya ada bakso urat dan bakso halus, tetapi Novi sebagai penjual Bakso Aneka Rasa menciptakan bakso dengan berbagai isian dan rasa. 

"Ada isi telur puyuh, sayur, cabai, urat, sama bakso biasa. Biar beda dari yang lain saya bikin bakso pake isi-isian" ucap Novi. Terlihat bakso yang dijual Novi ramai dikunjungi oleh pembeli. Harga yang dipatok oleh Novi pun cukup murah yakni Rp 500,- hingga Rp 1000,-.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
2. Cilor dan Maklor

Aci telor (cilor) dan makaroni telor (maklor) mulai jarang ditemui di Yogyakarta. Tetapi di Alkid kamu bisa mencoba cilor dan maklor buatan Siti Marifah yang sudah setahun belakangan ini berjualan di Alkid. 

Cilor dan maklor biasa buka dari jam 16.00 sampai habis. "Kebetulan di Jogja emang masih jarang ada cilor dan maklor ini ya, terus suami saya juga jualan crepes dan banyak yang belum jualan cilor jadi saya coba untuk jualan" ucap Siti. Harga cilor dan maklor pun beragam, cup kecil dijual seharga Rp 5000,- dan cup besar seharga Rp 10.000,-.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
3. Wedang Ronde Susu

Wedang ronde merupakan minuman dari jahe hangat yang biasanya disajikan menggunakan mangkok kecil. Minuman khas Yogyakarta ini ternyata masih banyak digemari oleh orang-orang. 

Salah satunya Wedang Ronde Susu milik Siti Holizah. Siti yang sudah berjualan selama 11 tahun di Alkid, biasa buka jam 16.00 - 02.00. "Kalau ini ada susu dan ketannya, tapi bisa enggak pakai susu atau ketan" terang Siti. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN