Mohon tunggu...
Yaqut Elok
Yaqut Elok Mohon Tunggu... mahasiswa

"Life is good" UIN Walisongo Jawa Tengah, Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pengaruh Musik Terhadap Dunia Psikologi Pendidikan

22 Oktober 2019   11:05 Diperbarui: 22 Oktober 2019   11:16 0 0 1 Mohon Tunggu...

ESSAY
PENGARUH MUSIK TERHADAP DUNIA PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Psikologi Pendidikan
Dosen Pengampu : Ibu Naili Rofiqoh S.Psi.,M.Si

Disusun Oleh :
Yaqut Elok Romlah Faiqoh
(1903016060 )

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UIN WALISONGO
SEMARANG
2019

A.Pendahuluan
Dalam kehidupan sehari hari, manusia selalu mendengar musik baik itu sengaja maupun tidak di sengaja. Setiap hari kita tidak akan pernah lepas dengan yang namanya  musik. Entah itu untuk hiburan, pelajaran, atau terpaksa karena mendengar dari orang lain. Perumpamaan musik itu udara yang berkeliaran di sekitar kita. Entah itu kita mendengar dari orang lain, menyanyikan sendiri, dinyanyikan orang lain. Dengan begitu dekatnya manusia dengan musik,sehingga musik tidak bisa di pisahkan dari kehidupan manusia.

Musik, psikologi, dan pendidikan, ketiganya memiliki hubungan yang sangat erat. Psikologi sendiri merupakan ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia yang dilihat dari berbagai sudut, terutama dalam kondisi kejiwaan. Maka psikologi musik dapat diuraikan bahwa penjiwaan pada seni musik berhubungan erat dengan nada, vibrasi, interva, ritme, melodi, akord, kontrapung, harmoni, yang mana memiliki kualitas yang melekat untuk merangsang maupun mendorong pertumbuhan manusia ke dalam kesehatan pribadi. 

Oleh karena itu musik berpengaruh penting pada  kondisi psikologi manusia. Musik dan pskilogi dapat dianggap sebagai cabang psikologi atau cabang musikologi. Pendidikan tidak akan terlepas dengan yang  namanya musik. Dalam konteks psikologi, musik memiliki fungsi dan efek terhadap peningkatan kecerdasan otak, serta berbagai macam musik yang beragam dapat membuat otak bekembang. Denagan musik yang digunakan sebagai media pembelajaran yang sangat sempurna.  

Dari sejak awal seorang anak masuk dunia pendidikan, seorang guru pasti mengajarkan nya  menyanyi terlebih dahulu, seperti pengajaran yang dapat dilihat pada pendidikan usia dini. Karna dengan itu anak - anak dapat melihat kesenangan dan keseruan belajar itu bagaimana. Dengan begitu pandangan awal mereka tentang pendidikan akan berubah.

Namun tidak selalu musik berdampak positif terhadap manusia. Semua tergantung kepada musik apa yang kita dengarkan. Tidak semua musik cocok dengan semua telinga.  Penyesuaian umur juga perlu dalam penyesuain jenis musik. Terhadap anak - anak, orang tua juaga harus memantau, musik apa yang sekiranya cocok untuk tumbuh dan berkambangang anak nya. Dan harus memiliki manfaat ketika mendengarkan nya. Kita juga dapat mengetahui karakter orang dari sebuah lagu. Dan dari sebuah lagu, kita dapat mengetahui perasaan yang di alami seseorang ketika seseorang tersebut sedang mendengarkan lagu.

Dari sekian banyak nya orang yang tak asing dengan yang nama nya musik, maka musik sangat berpengruh dalam prtumbuhan dan perkembangan. Dasarnya, semua musik memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda beda. Tergantung seseorang bisa memilih musik apa yang sekiranya cocok dan menimbulkan dampak positif jikalau di dengarkan, dan tidak berdampak negatif dalam diri sendiri.
Dari masa ke masa perkembangan dunia permusikan juga semakin berkembang. Dulu musik yang awal nya, hanya bisa di dengarkan lewat live langsung di tempat. Hingga sekarang yang mana musik dapat di dengarkan di manapun dan kapan pun kita berada dan di butuhkan. Tidak ada hanya satu jenis musik, dari mulai macam-macam jenis musik semua ada.  

B.Pembahasan
Musik merupakan seni yang melukiskan pemikiran dan perasaan manusia lewat keindahan suara.  Seperti yang dikemukakan dan diakui para psikolog musik dan etnomusikolog (Juslin, P. N, 2000; Sloboda, J.A. 2001; Becker, J. 2004) selain memiliki fungsi yang berbeda, dalam kehidupan manusia, musik juga penting secara sosial. Sebagaimana manusia menggunakan kata-kata untuk mentransfer suatu konsep, musik juga memiliki kompososi suara untuk mengungkapkan suara batin nya. Musik merupakan hasil dari cipta dan rasa manusia atas kehidupan dan dunianya.

Di dalam dunia pendidikan, pendidikan musik untuk anak sangatlah penting. Alasan nya, pendidikan musik untuk anak dinilai dapat membantu anak terhubung dengan orang lain, mengajarkan cara belajar yang konstan, membentuk ekspresi yang terbaik, mengajarkan kedisiplinan, mendorong kreativitas, membantu anak bersosialisasi, meningkatkan kemampuan otak anak, daya ingat, kepercayaan diri, dan kesabaran.  Pembimbingan pendidikan musik bisa di lakuakan di rumah, oleh keluarga, dan di sekolah oleh warga sekolah. Jikalau di rumah, di harapkan seisi rumah dapat membimbing dan bekerja sama untuk mengarahkan pengajaran musik anak. Jika orang tua ingin mendengarkan musik lain, bisa di lain waktu selain waktu yang di luangkan untuk anak. Lebih bermanfaat lagi jiga mengenalkan anak pada musik yang berbau sholawatan, murotal, atau yang berbau islami, tidak hanya bernmanfaat di dunia melainkan juga akhirat, hal ini juga dapat melatih anak untuk mengembangkan jiwa religius nya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3