Mohon tunggu...
Yanuar Fajar Pamungkas
Yanuar Fajar Pamungkas Mohon Tunggu...

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Jurusan Ilmu Komunikasi '2015. Penulis amatir. Keep It Short and Simple (KISS).

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Ebiet G Ade "Ngamen" di Wonosari

27 September 2015   02:45 Diperbarui: 27 September 2015   09:55 419 6 3 Mohon Tunggu...

Wonosari – SMA Negeri 1 Wonosari atau sering disebut EKAMAS, gelar pentas seni EVOLUTION #7 yang bertajuk “Rekonstruksi Karakter Penerus Bangsa”. Dalam rangka memperingati HUT Ekamas yang ke-5 ini, Organisasi Siswa (OSIS) menyusun beberapa acara tersebut dengan dimeriahkan oleh artis papan atas Ebiet G Ade yang mampu menghipnotis ribuan penonton di Alun-alun Wonosari, Sabtu, (26/9/2015) malam.

Ketua OSIS SMA Negeri 1 Wonosari, Aruna Paksi Pradana mengatakan acara ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan setahun sekali. Dimana malam tadi adalah puncak acaranya HUT SMA Negeri 1 Wonosari. Dengan mendatangkan artis solo legendaris, Ebiet G Ade yang berkolaborasi dengan Arya Yudhistira Chamber. Hal itu sesuai dengan tema acara yang mempunyai makna besar khususnya mengajak masyarakat dan pemuda untuk kembali muwujudkan rekonstruksi karakter.

Sebelum menuju acara puncak yang mengangkat tema menuju generasi nirwana ini, ditampilkan pula talenta-talenta dari SMA N 1 Wonosari (Ekamas) seperti penari tarian kontemporer. Di sisi lain juga dimeriahkan oleh penampilan Lia Magdalena, Hapie Pionery, serta Areta dan Sevanie yang tak kalah mampu menghipnotis ribuan penonton yang memadati Alun-alun wonosari tersebut.Sebanyak ribuan penonton dari anak-anak remaja hingga para orang tua nampak memadati Alun-alun Wonosari untuk menyaksikan sang legenda era 70an. Dengan tatanan acara dimulai dari konsep panggung yang begitu megah, penggunaan lightning yang begitu cerah dan indah menjadikan suasana menjadi meriah. Apalagi acara ini diselenggarakan di Lapangan Alun-alun Wonosari, yang mana GRATIS secara umum tidak dipungut biaya tiket masuk apapun.

Acara dimulai sejak awal jam 19.00 WIB dengan penyambutan kepala sekolah SMA Negeri 1 Wonosari dan pemotongan tumpeng. Lalu acara selanjutnya adalah penampilan oleh talenta penari kontemporer dari SMA Negeri 1 Wonosari, kemudian dilanjutkan dengan pemutaran film pendek oleh Ekamas, lalu penampilan dari Lia Magdalena yang mana salah satu penyanyi solo asli dari wonosari yang sedang duduk di bangku perkuliahan Universitas Negeri Yogyakarta. Penampilan lain dari Hepie Pionery, Areta, dan Sevani juga tak kalah menghibur masyarakat yang memadati alun-alun Wonosari, ketika mereka mulai melatunkan nada lagunya, sontak acara semakin menjadi meriah dan mulai beberapa penonton juga mengiringi penyanyi yang sedang bernyanyi.

 

Jam menunjukkan pukul 21.30, acara yang dimana semakin lama semakin meriah dan dipadati banyak pengunjung hingga tumpah ruah sampai kejalan untuk tidak sabar menunggu kedatangan sang legenda era 70an untuk tampil. Akhirnya pada saat bersamaan sang penyanyi legenda pun datang menaiki panggung lewat dari belakang. Sontak penontonpun histeris melihat kedatangan sosok Ebiet G Ade yang benar-benar nyata tampil dipanggung SMA Negeri 1 Wonosari. Kedatangan Ebiet G Ade di atas panggung Nampak membuat suasana menjadi damai dan tenang, ribuan penonton tersebut dihipnotis oleh alunan lirik-lirik puisi perjalanan hidup yang diiringi dengan petikan gitarnya.

Dari lagu pertama hingga lagu berikutnya tak henti-hentinya para penonton untuk ikut menyanyikan lagu yang dinyanyikan oleh sang legenda era 70an tersebut. Hingga lagu yang terakhir yang dibawakan Ebiet G Ade sontak membuat acara menjadi syahdu dan romantis. Penulis juga mewawancarai salah satu pengunjung yang mana adalah seorang penggemar berat Ebiet G Ade. “ Saya sejak dari tahun 70an sudah suka dengan Ebiet G Ade, lantunan lirik lagunya seperti puisi yang bisa membangunkan jiwa apabila orang mendengarnya” kata Yuli Ibu salah satu warga Wonosari.

Acara pun selesai sampai pada pukul 23.00 WIB, penutupan yang dimeriahkan oleh Ebiet G Ade tersebut membuat para penonton senang dan puas. Harapan dari salah satu Ibu yang saya wawancari tadi, semoga acara meriah ini bisa terus dilakukan sepanjang tahun, untuk mengajak masyarakat Gunungkidul khususnya untuk mensyukuri anugerah sang pencipta.

Penulis juga menilai acara ini cukup sukses menghibur masyarakat dan berharap sama, semoga acara EVOLUTION #7 yang dibuat SMA Negeri 1 Wonosari ini menjadikan kaum muda untuk kembali mewujudkan rekontruksi karakter.

Sumber Gambar: Dok. Pribadi

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x