Yanuar I. Pangestu
Yanuar I. Pangestu

Psychology of merdeka university

Selanjutnya

Tutup

Manajemen

Kondisi Kerja dan Psikologi Kerekayasaan

1 Juni 2015   11:45 Diperbarui: 17 Juni 2015   06:24 22 0 1

Kondisi kerja dan psikologi kerekayasaan meliputi :


1.Desain Peralatan


Tampilan yang berupa pengirim informasi yang harus dikontrol oleh manusia untuk mengrimkan informasi ke mesin yang akhirnya menusia dan mesin bekerja sama untuk menyelesaikan satu pekerjaan seperti halnya computer.;


2.Desain Lingkungan


Ruang kerja yang dapat memberi kesan nyaman dan krasan pada pekejanya sangat berpengaruh terhadap psikologisa sang pekerja. Dengan psikis yang baik maka akan memberikan rasa senang dan dapat mengerjakan tugasnya dengan maksimal. Selain itu, update tidaknya suatu perusahaan juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan persaingan yang terjadi antar perusahaan. Optimalisasi dengan penggunaan komputer yang secara otomatis dapat membantu kelangsungan produksi lebih cepat dan efisien, pasti akan membuat provit perusahaan semakin tinggi. Harus dilakukan karena tuntutan jaman dan persaingan yang lebih ketat.


3.Desain Sementara


Memenuhi hak kryawan juga harus diperhatikan, dengan melihat beban kerja dan tanggungjawabnya. Maka haruslah sebuah perusahaan memiliki kebijakan waktu kerja dan jdwal alternatif yang digunakan. Telah diatur dalam perundang-undangan tentang batasan maksimal jam kerja, dengan pemenuhan hak yang harus didapatkan pekerja. Selain itu jadwal kerja alternatif sebagai opsi lain dalam menentukan jam kerja.