Mohon tunggu...
Yanto Mulyadi
Yanto Mulyadi Mohon Tunggu... Sales Motivator, Trainer and Coach

Sales Motivator, Trainer and Coach. Berpengalaman lebih dari 15 tahun sebagai Praktisi Penjualan. Masuk jajaran 1 persen TOP Sales Dunia. PIC : 08129720898

Selanjutnya

Tutup

Karir

Emosi dan Perasaan yang Menyabotase Penjualan Anda

2 April 2020   08:00 Diperbarui: 2 April 2020   07:58 2 0 0 Mohon Tunggu...

Sales Coach | Sales. Apakah dengan presentasi penjualan yang memukau, calon klien lantas akan membeli kepada anda? Belum tentu wahai para sales yang tercinta. Ada sesuatu yang berperan sangat vital terhadap keberhasilan penjualan yaitu emosi dan perasaan anda sendiri. Emosi dan perasaan adalah  sesuatu yang tertanam di dalam diri anda. Emosi dan perasaan anda juga yang akan membuat calon klien membeli kepada anda atau tidak. Kelihatannya membingungkan namunlah itulah yang terjadi kepada anda. Emosi dan perasaan menjadi bagian dari diri anda sepenuhnya dan anda jugalah yang punya kendali sepenuhnya atas emosi dan perasaan anda. Yang jelas emosi dan perasaan anda berbanding lurus dengan kesuksesan penjualan anda.

3 Jenis emosi dan perasaan yang mensabotase penjualan anda :

1.Perasaan tidak layak.

Betul sekali, perasaan layak adalah hal yang paling mendasar. Ya betul Perasaan layak untuk mendapatkan penjualan. Kelihatannya tidak ada hubungan dengan urusan calon klien anda membeli kepada anda atau tidak. Tunggu dulu, Anda bayangkan dahulu apa yang terjadi dengan anda saat diri anda dipenuhi dengan emosi dan perasaan tidak layak mendapatkan penjualan? Vibrasi yang anda pancarkan akan ditangkap oleh calon klien anda. Jika anda merasa tidak layak maka calon klien anda juga akan merasa anda tidak layak mendapatkan penjualan dari mereka. Karena itu penuhi diri anda dengan perasaan layak agar penjualan menjadi mudah buat anda.

2. Perasaan minder atau rendah diri.

Anda bisa bayangkan jika team penjualan perusahaan anda terdiri dari orang-orang yang penuh dengan perasaan minder. Khawatir dan perasaan cemas akan terus menghantui anda sebagai pemilik perusahaan karena sales adalah ujung tombak perusahaan. Orang-orang yang minder tidak akan berani melakukan presentasi penjualan kepada orang yang levelnya lebih tinggi dari pada mereka. Mereka memang melakukan presentasi penjualan  namun calon klien tidak akan membeli kepada mereka karena tidak punya cukup uang. Latihlah team sales anda agar memiliki perasaan percaya diri yang tinggi yang merupakan kebalikan dari perasaan minder. Lakukan pelatihan yang berfokus pada pelatihan peningkatan rasa percaya diri. Team sales yang penuh percaya diri akan menghasilkan penjualan yang mengalir deras untuk perusahaan.

3. Perasaan takut

Emosi dan perasaan takut benar-benar akan mensabotase anda untuk mendapatkan penjualan. Perasaan takut akan penolakan membuat setiap langkah anda melakukan presentasi penjualan menjadi ragu-ragu. Sebetulnya penolakan adalah hal yang wajar dalam dunia penjualan. Namun dampak yang ditimbulkan oleh penolakan adalah muncul emosi dan perasaan takut yang jika tidak dihilangkan akan mensabotase langkah anda melakukan presentasi berikutnya. Ini tentu berbahaya bagi anda seorang sales. Para sales, dunia ini tidak akan runtuh kalau anda di tolak. Kenapa harus takut?  Karena itu teruslah melakukan presentasi penjualan sampai berhasil dan teruslah belajar serta mengambil hikmah dari setiap penolakan dan berjanji dalam diri untuk lebih baik lagi pada presentasi penjualan berikutnya.

Bayangkan jika team sales di Perusahaan anda terdiri dari orang-orang positif yang merasa layak mendapatkan penjualan, perasaan bangga yang membumbung tinggi dan mereka berani bertemu dengan siapapun untuk melakukan presentasi penjualan, maka bisa dipastikan keuntungan akan mengalir deras ke kantong perusahaan. Perusahaan profit, sales anda pun bahagia karena komisi juga mengalir deras ke kantong mereka. Bukankah ini yang didambakan oleh setiap Perusahaan dan para sales?

Yanto Mulyadi

Sales Trainer and Coach

PIC : 08129720898

 

VIDEO PILIHAN