Mohon tunggu...
Yanti Sriyulianti
Yanti Sriyulianti Mohon Tunggu... Relawan - Berbagilah Maka Kamu Abadi

Ibu dari 3 anak yang sudah beranjak dewasa, aktif menggiatkan kampanye dan advokasi Hak Atas Pendidikan dan Perlindungan Anak bersama Sigap Kerlip Indonesia, Gerakan Indonesia Pintar, Fasilitator Nasional Sekolah Ramah Anak, Kultur Metamorfosa, Sandi KerLiP Institute, Rumah KerLiP, dan Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan di Indonesia sejak 1999. Senang berjejaring di KPB, Planas PRB, Seknas SPAB, Sejajar, dan Semarak Indonesia Maju. Senang mengobrol dan menulis bersama perempuan tangguh di OPEreT.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Menuju Desa Kreatif dalam Program Desa Ekowisata Ramah Anak Peduli Perempuan (Derapp)

28 September 2022   16:08 Diperbarui: 29 September 2022   05:12 315 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri Penganan khas Desa Koto Tuo, Kecamatan XIII Koto Kampar (Selasa, 27/9/2022)

"Kami tak ingin 3 juta rupiah yang kami.keluarkan untuk mengikuti acara peresmian Desa Kreatif di Tanjung Belit sabtu lalu tidak memberi manfaat langsung kepada warga desa. Penuh harap pembukaan Rumah Kerlip Beriman perdana dilaksanakan Pak Bupati di sini, "Syaefudin Wali Desa Koto Tuo menyampaikan harapannya dalam pertemuan dengan Yanti, pembina Sigap Kerlip Indonesia yang membantu menyusun, mengawal, melaksanakan, dan melaporkan beberapa quick wins PJ Bupati Kampar, Dr. H. Kamsol, M.M. 

Hadir dalam pertemuan tersebut kepala bidang (Kabid)  promosi Disparbud Kampar, David Hendra, kepala bidang Perlindungan Anak (Kabid PA), Satiti Rahayu, fasilitator Forum Anak Kampar (Fakar) Angga dan Tim Sigap Kerlip Kampar, Adel. 

Desa Koto Tuo terletak di Kecamatan XIII Koto Kampar.yang memiliki ragam destinasi wisata yang menarik, yakni Danau Rusa, Henperland, Puncak Kompe, dan  Candi Muara Takus. Tidak mengherankan jika perangkat desa tersebut perlu penguatan untuk menyiapkan air terjun sungai Osang sebagai destinasi wisata alam.

Wali Desa Koto Tuo mengundang tim perintis Desa Ekowisata Ramah Anak Peduli Perempuan (Derapp) pada hari pasar untuk menikmati aneka ragam penganan khas yang terbuat dari tepung beras dan gula aren juga singkong, kelapa, dan gula aren dibungkus daun pisang dan dikukus.

Pembinaan Berkelanjutan

Desa Koto Tuo sebenarnya layak untuk masuk dalam barisan Desa Kreatif yang diresmikan oleh PJ Bupati Kampar dan disaksikan Menparekraf Sandiaga Uno secara virtual (Sabtu, 17/9/2022). Gesa peresmian 100 Desa Kreatif setelah Dr. H. Kamsol, M.M  ditunjuk menjadi Ketua Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) provinsi Riau membuat  bidang Ekonomi Kreatif Disparbud Kampar bergegas menyusun SK Bupati tentang 50 Desa Kreatif dan 50 Menuju Desa Kreatif di atas meja. 

Kebutuhan pembinaan berkelanjutan 100 Desa Kreatif dalam quick wins Gerbang Melayu Beriman mendorong percepatan pelembagaan Sekretariat Bersama (Sekber) Derapp oleh Pemkab Kampar. Pertemuan persiapan pembentukan Sekber Derapp yang dipimpin oleh Asda III Kampar dihadiri oleh semua OPD terkait perlu segera ditindaklanjuti dengan Rapat Koordinasi untuk memetakan 3W pembinaan 100 desa yang sudah diresmikan menjadi Desa Kreatif menuju Derapp Gerbang Melayu Beriman.

Desa Kreatif adalah salah satu indikator Derapp yang akan dibina oleh Forum UMKM Kampar untuk menghasilkan sedikitnya 1 dari 17 subsektor ekonomi kreatif yang diatur dalam keputusan Menparekraf berikut:

1. Aplikasi

2. Pengembangan permainan 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan